Friday, September 14, 2007

Blackforrest,again?

Mungkin gak ada yang menyangkal bahwa black forrest adalah kue sepanjang masa, hampir di berbagai kesempatan, cake ini selalu hadir. Bahkan hampir disemua bakery, pasti ada BFnya.



Well ini BF pertamaku setelah aku ikut kursus di deket rumah. Tapi ya masih belepotan gitu, belom biasa pegang palet. Tapi untuk aku saat itu sudah cukup memuaskan, hehe mencari pujian..padahal belum apa2nya ya?


Lubang plastik segitiganya kebesaran motongnya, jd lelehan DCCnya bleber gak keruan, tp tetep kliatan yummy... bandingin sama buatan guruku


Resep ? Ok.. Ok.. kyaknya resepnya mirip ato sama kali ya sama cake dasar buatan Yongki, padahal aku sendiri belum pernah ikut kelasnya Yongki, tapi aku pernah nonton program 'Dapur Yongki' diTVRI, dulu bgt, trus sempet nyatet resep dasar coklat cakenya.. Emang sih guruku yang ngajar BF ini dulu alumninya kelas nya Yongki. Waktu ikut kelas BF ini aku dikasi dua alternatif resep, dengan 20 telur ato 10 telur (loyang bundar 24"), ini yang aku post disini yang resep pake 10 telur, ntar yang pake 20 telur di next posting aja coz aku gak bawa contekannya.



Black Forrest Special


Resep dasar coklat cake :
Bahan :
10 bt kuning telur
5 bt putih telur
200 gr gula pasir
125 gr tepung terigu ( bromo/ roda )
25 gr coklat bubuk ( bensdrop /tulip )
175 gr mentega campur ( 85 gr margarin + 85 gr butter )*
1 sdm tepung maizena
1 sdm susu bubuk full cream
1 sdm SP ( ryoto )
1 sdm coklat pasta ( toffieco / diva )
1 sdm rhum bakar ( toffieco / diva )
1 sdm vanilli essence ( toffieco / diva )
1 sdm / 1 sachet cake softener aroma vanilla ( diva / cap kokie ) **
Selai untuk olesan ( rasa sesuai selera )
Butter Cream :
500 gr mentega putih ( snow white )
200 gr sirup gula ( 150 gr gula + 50 gr air )
½ kaleng susu kental manis
150 – 200 fresh cream ( vivo/ anchor/ elle et vire )
1 sdm rhum buttercream



Cara membuat :
Siapkan 3 loyang bundar ukuran 24 x 3 atau 2 loyang bundar ukuran 24 x 5, olesi margarin, sisihkan. Bila ingin menggunakan 1 loyang, gunakan loyang ukuran 24 x 7.
Siapkan oven, panaskan.
Kocok telur, gula, sp, dan cake softener sampai setengah mengembang, masukkan terigu, susu, dan maizena perlahan2 sambl terus dikocok sampai mengembang maximal ( adonan putih, kaku dan jatuhnya berat )
Masukkan coklat bubuk, pasta coklat, esens vanilla dan rhum bakar, aduk rata.
Masukkan mentega cair, aduk hingga benar2 rata.
Tuang kedalam loyang, lalu panggang ± 15 – 20 menit.
Setelah matang, keluarkan dari loyang, dinginkan lalu hias dengan butter cream.
Butter Cream:
Terlebih dahulu buat sirup gula : panaskan air dan gula, masak sampai mendidih, dinginkan.
Kocok mentega putih, gula sirup dan susu kental manis sampai lembut dan kaku, masukkan fresh cream dan rhum butter cream lalu kocok lagi sampai benar2 kental dan kaku.
Fresh cream bisa diganti dengan whipped cream bubuk ( Haan/ DP ) yang dicampur air es. Jika menggunakan whipped cream, kocok terpisah sampai kaku baru dimasukkan kedalam kocokan mentega putih.
Jika ingin lebih praktis, gunakan butter cream siap pakai yang dijual kiloan.
*) komposisi mentega bisa menggunakan margarin saja atau mentega ( butter ) saja, atau mencampurkan keduanya dengan perbandingan 1 : 1. Penggunaan butter pada kue dapat menambah cita rasa kue, jauh jika menggunakan margarin saja. Namun karena harga butter yang cukup mahal maka penggunaan butter bisa dicampur margarin agar lebih ekonomis, rasa pun tetap enak. Contoh butter yang enak Wysman, Golden Fern, Orchid, Anchor, dll. Ada juga Butter oil subtitute ( RBS ) yang harganya lebih murah.
** ) tidak harus bila tidak ada

1 comment:

  1. Mae, salam kenal :)
    Makasih ya udah sharing resepnya, terutama frostingnya. Aku pengen coba aaahhh.

    ReplyDelete