Wednesday, January 30, 2008

Bread Crumbs ( Tepung Roti )

remah roti yang baru digrind, sebelum disangrai

Remah roti yang sudah jadi, baru disangrai, Jumlahnya menyusut, warna berubah kecoklatan

Punya banyak sisa pinggiran roti tawar sama sisa roti yang cetak, dari pada dibuang diolah aja ! Ini salah satu caraku memanfaatkan sisa roti yang sudah tidak terpakai, bikin tepung roti sendiri.

Ini stepnya :
- keringkan sisa roti, bisa dijemur ato dioven ( aku lebih nyaranin dioven, cepet en ga sampe kena debu )
- haluskan, bisa diparut ato diblender pake grinder / dry mill
- pada tahap ini, teksturnya masih kasar, gak papa
- sangrai sampai kering, pastikan benar2 kering agar tidah mudah apek dan jamuran, remah roti sudah kering bila tidak mudah menempel pada dinding wajan, bila ditabur jatuhnya halus dan tidak melekat ditangan.
- setelah kering, dinginkan dan simpan diwadah tertutup ato plastik bening, boleh juga disimpan dikulkas ( pastikan benar2 dingin saat disimpan )
- bila ingin tepung roti yang halus ( untuk kroket / risoles ) setelah disangrai dan didinginkan, blender lagi sampai halus lalu saring dengan saringan kawat. Untuk tepung pangko, setelah disangrai ga perlu diblender karena tekturnya masih kasar.
- kalo pengen tepung roti yang putih berarti makenya bagian dalam roti tawar, tapi aku ga jamin soalnya setelah proses pengeringan dengan panas, warna akan berubah kecoklatan, tapi mungkin tidak secoklat kalo pake kulit roti tawar.
Selamat mencoba dan semoga berguna !

1 comment:

Regina said...

Hi Mae, aku nemu blogmu dari KBB, salam kenal ya... Aku kemarinnya bikin tepung roti dari roti tawar bagian dalamnya saja. Jadinya bisa putih kekuningan koq, asalkan ovennya gak panas2 banget dan dlm waktu yg lama. Kali kalo roti tawarnya cenderung yg manis, bisa lebih mudah gosong :D

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers