Tuesday, January 15, 2008

Martabak Manis

martabak manis mini, pake teflon kecil
agak ketebelan...

teman minum teh, angeet...

Ini resep Bara yang kedua yang aku posting disini, sebelumnya ada pizza. Aku suka banget sama acara Gula - Gula yang dibawain Bara, kalo gak salah diJakarta dia juga buka kursus baking ato bakery gitu ya ( not sure ) yang juga dinamain Gula - Gula. Sebenarnya resep2 yang udah aku praktekin bukan cuma ini sih, ada beberapa tapi hasilnya ga pernah aku foto, jadi rada nyesel gitu deh! Kapan2 mo ngulang lagi. Menurutku cara dia memasak sangat simpel dan bikin orang jadi pengen nyoba, ditangan dia semua keliatan begitu mudah dipraktekin, meski belum tentu sama mudah nya kalo dipraktekin sendiri, palagi sama amatiran kya aku ini... Masih ada setumpuk resep Bara yang pengen aku coba, serasa punya pe er yang entah kapan bisa selese... *sigh*

Martabak Manis Praktis
Resep : Bara Pattiradjawane ( Gula - gula )

250 gr tepung terigu, diayak
1 1/4 sdt baking power double acting ( hercules )
75 gr gula pasir
300 - 325 ml air
1 sdt vanilla extract
1 butir telur, kocok lepas
( 15 gr / 2 sdm coklat bubuk bila ingin membuat martabak manis coklat )



- Campur semua bahan kering, aduk rata
- Campur semua bahan cair, aduk rata
- Masukkan bahan cair kedalam bahan kering, aduk sampe rata dan aduk dengan kuat agar adonan tercampur dengan baik, juga agar dapat menyaring udara lebih banyak.
- Panaskan cetakan, bisa juga pake wajan anti lengket - Bara sendiri pake wajan crepe anti lengket waktu bikin resep ini -
- Tuang 1 sendok sayur adonan, sebaiknya jangan tebel2, ratain keseluruh permukaan cetakan / pan.
- Dengan api kecil, putar2 wajan ( ini tips langsung dari Bara ) kalo pake pan anti lengket. Tunggu sampe tepi dan permukaan adonan mulai berlubang..
- Kalo seluruh adonan sudah berlubang dan permukaan udah kering boleh dioles mentega ditabur gula dan diberi topping sesuai selera. Lipat atau tumpuk.
- Oles lagi permukaan luarnya dengan mentega. Martabak manis siap disajikan hangat.

Udah 2 kali bikin ini dan hasilnya lumayan kok ( lumayan ludes tak bersisa ). Sukanya pake topping coklat keju trus dikasi susu kental manis kayak yang dijual2 ntu, tapi digambarnya kejunya ga keliatan, abis cuma dikit, he..he.. lumayan buat penghangat suasana saat ujan2 begini... Aduh pa, perutmu kok semakin g****t gitu sih ! Olahraga dong !

3 comments:

dee ^o^ said...

nyam nyam nyam kyknya enak ya mbak..hehehehehe..jd pengen nyoba!dah dapet resepnya dl dari mbak azrita lwt milis..tapi koq yah gak dibuat2!skrg liat potonya terang bulannya mbak, jd pengen!hehehehehe..

Livia said...

Mbak mae ijin tulis resep ya mbak, thanks.

Yeni Mulyani on Oriflame Lovers said...

Hmnn yummy bangeddd
Mau coba buat ach.. tuk buka puasa sore ini,
trims postingan resep'nya mba.

Bisnis Bunda Darin

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers