Saturday, November 1, 2008

Gagal Total : Tart Tomat Jadi Sosis

Maksud hati mau mengamalkan resep dari buku kiriman mbak Ike, apa daya ilmu gak nyampe. Ck.. ck.. ck... masih nekat juga. He he namanya juga usaha.

Ceritanya ada salah satu tart didalam buku itu yang namanya Triple Tomatoes Tart. Pertama kali buka halaman tersebut, langsung terngiler ngiler en mutusin harus nyoba yang ini dulu. Hmm.. pie yang luar biasa. Tapi ternyata kulitnya juga tidak biasa, karena pake kulit jenis puff pastry.

Berbekal pengalaman kursus danish pastry tiga tahun lalu, aku nekat aja nyobain resep ini. Toh diresep yang tertulis, baik bahan maupun pembuatannya tidak terlalu sulit ( katanyaaa... ). Tapi tidak dengan prakteknya.

Tiga tahun adalah waktu yang cukup untuk membuat memori diotakku agak agak 'hang'. Sengaja komposisi butter aku ganti dengan margarin. Kok nekat ? Soalnya dulu waktu kursus, chefnya juga pake margarin biasa. Tapi ternyata satu hal penting terlewat olehku. Si margarin tidak kumasukkan kulkas dulu. Sedang apapun jenis lemak untuk dipakai di puff pastry harus dingin ( suhu kulkas ). Disinilah letak koslet dikepalaku. He he

Trus dengan pedenya, pagi pagi sebelum berangkat piknik, aku nyempetin bikin ini. Mo buat bekal piknik maksudnya, en niatnya mo pamer ke temen piknikku nanti ( niate elek iki... ). Wakaka... Musibah pun terjadi. Waktu margarin yang udah kutipiskan, kuselipkan disela sela adonan yang sudah digiles, trus dilipet dan digiles lagi... Preeett ! Margarinnya nyepret kemana mana. Hiks. Merasa telah melakukan kesalahan, udah deh dilanjut ajah. Udah terlanjur ancur...

Picnik in Red

Parahnya lagi, hampir semua bahan yang sesuai dengan resep tidak tersedia dirumah. ( lha niat bikin ga sih ? ) Adanya cuma cuma pasta tomat, tomat segar, sosis, en bawang bombay. Semua dimasukkin, jadi kayak pizza. Tapi gagal. Dan tidak seperti pizza. Dan sama sekali tidak enak. Hiks...

Tapi tetep nekat dibawa juga. Meski mama Putri cuma senyum senyum waktu ngicipin. Aku sih nyengir ajah. Wakakaka... ga tau maluuuu....

Setelah ini, aku masih bertekat untuk bikin lagi. Dan harus bisa ! Tinggal nyari waktu senggang ajah. Mbak Ike, makasih ya bukunya. Semoga bisa kumanfaatkan semaksimal mungkin :)

Tolong, jangan terkecoh dengan penampilan dan fotonya, karena sungguh, rasanya tidak enak sama sekali. Orang kue gatot gini... Kulitnya keras, hu hu hu hu... Tidak berlapis, hu hu hu hu... Oh pastry, tunggu sampai kau kutaklukan !

Puff Pastry Tart ( Totally Failed )

4 comments:

sefa firdaus said...

memang sama sekali gak enak?

Andrie Anne said...

Wiiii foto paling atas keren Mae...

Zita said...

Itu yg item kecil difoto, merek bandana atau apa? qiqiq...biar gagal yg penting niatnya ok en fotonya bagus (tapi koq rada pecah ya?):)

mae said...

to Sefa, iya mbak, hehe..

to Andrie Anne, makasih ya mbak :)

to Zita, he he tauk ajah. Iyah itu merk kainnya. Kyaknya aku sharpeningnya ketajeman jd keliatan pecah, hiks :(

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers