Wednesday, October 17, 2007

Es Buah



Yang ini juga telat banget, tapi juga sayang banget kalo gak diposting. Meski Ramadhan baru usai tapi hawa panas masih menyerta ( surabaya puanas buanget bo ! ) yah lumayan buat menyejukkan kerongkongan yang kering, mak gelender...
Ini salah satu produk andalanku waktu jualan takjil kemaren, es buah isinya pepaya, nanas n kolang kaling. Aku lebih suka pake pepaya mengkal, karena nanti kuahnya bisa bening, kalo pake pepaya mateng, pepayanya jadi berserabut dan bikin kuahnya jadi keruh dan lagi kalo mengkal begitu digigit bisa ceprus ceprus... eh tapi tunggu dulu, prosesnya panjang lo, pertama pilih pepaya mengkal yang teksturnya masih keras. Kupas, buang biji lalu potong potong, bisa dikeruk bulat ato dipotong pake piso gerigi sesuai selera, rendam dalam air kapur min 1 jam, cuci bersih, dikukus dulu 10 menit baru dimasak dengan air gula ( buat yang ribet tahap ini bisa ditiadakan ). Panaskan air tambahkan gula sesuai dengan kadar manis yang diinginkan, setelah mendidih masukkan kayu manis sebatang, 2 kuntum cengkeh ( bila suka ), nanas kupas yang sudah dipotong potong, nanas ini aku jadiin 'kaldu'nya es buah, jadi 'tulangnya' nanas juga aku masukkin, tapi pastinya bukan untuk dimakan hanya untuk memperkuat aroma nanas, setelah 5 menit baru aku masukkin pepayanya, didihkan bentar, matikan api tambahkan sedikit citrun. Dinginkan, hidangkan dingin... sueger... Kolang kaling nya aku proses terpisah, yang pasti direbus dulu ( aku sampe 2x ) dibuang airnya. Masukkinnya menjelang dihidangkan. Ini resep turunan dari mamiku, yang sampe sekarang masih menyediakan es buah di menu depotnya. Cuma versi mamiku pake susu n nangka yang dipotong kecil2, 2 taon lalu pernah nyoba jual yang versi aslinya dengan susu, tapi ternyata orang sini lebih suka yang bening tanpa susu.

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers