Thursday, February 7, 2008

Acar Burger ( Relish )


Ini bukan acar timun yang biasa kita makan bersama nasi goreng ato mi goreng, meskipun sama sama dari timun tapi ini sama sekali tidak sama. Aku nyebutnya acar burger, yang biasa diisi bersama burger. Resepnya dapet waktu aku ikut kursus sus pastry, waktu bikin sus burger diajari juga bikin saus ( acar ) ini, karena kesenengan aku sering bikin buat isian burger, hotdog ato sandwich. Aku belum pernah cerita ya, aku pernah jualan burger n hotdog dan ini acar yang aku pake. Tapi jualan nya udah tutup cos kurang promosi kale ya... ^_^ yah niatnya aja iseng iseng buat nambah pengalaman..

Biasanya buat burger ( american style ) juga digunakan acar timun slices ato pickle. Bedanya kalo relish, timunnya diproses ( dichop, dimasak dsb ) dan tastenya manis, kalo pickles cuma timun dislice trus direndam didalam larutan vinegar kali ( gak gitu ngerti ). Waktu googling how to make relish, methods nya beda, ribetlah... aku rasa ini aja udah cukup buat obat kalo lg pengen burger Mc.D dengan acarnya yang uenak itu, aku paling suka acar burgernya Mc.D... hmmm... feel it...

Acar Burger ( Relish )

1 buah timun besar, buang isinya, boleh dikupas bila tidak suka kulitnya, cincang halus
1 buah bawang bombay besar, cincang halus
2 sdm penuh mayones putih
1 sdt mustard ( french )
1/4 sdt garam, ato sesuai selera
2 sdm gula, ato sesuai selera karena aku suka manis
merica bubuk secukupnya, bila tidak suka boleh tidak dipake

Panaskan minyak secukupnya, masukkan bawang bombay cincang, aduk sampai layu dan harum ( parfum kali ). Masukkan timun cincang, aduk sampai nyampur, tambahkan air secukupnya ( gak sampe tenggelam ya, cukup sampe menggenang aja ) biarkan mendidih dan masak sampe air agak berkurang tp ga sampe kering. Masukkan garam, gula, merica, mayones dan mustard aduk sampe semua tercampur rata, bila ingin tekstur yang agak kental boleh tambahkan larutan maizena dikit aja, kalo aku biasanya masak sampe airnya berkurang sekali, setelah dimasukin mayones dll nnt akan ngental sendiri. Kalo udah dingin bisa lebih ngental lagi. Masukkan ke dalam botol steril, dinginkan dengan tutup botol masih terbuka. Setelah dingin tutup botol, simpan dikulkas .

CATATAN UNTUK PENGAWETAN :
Bukan dengan bahan pengawet, maksudnya awet disini adalah memperpanjang 'umur' acar biar bisa tahan lama, karena acar ini tidak akan langsung habis karena penggunaannya hanya sedikit dan habis dalam waktu yang lama. Tapi bila hanya membuat sedikit dan bisa dipastikan akan segera habis dalam waktu cepat, aku rasa ga perlu lah di'awet'kan. Ribet!

- Pilih wadah / botol sebaiknya dari kaca dan kedap udara. Sterilkan dengan cara direbus / dikukus, bila dikukus mulut botol menghadap kebawah agar uap masuk kedalam botol.
- Sterilkan wadah / botol dan tutupnya, pastikan wadah yang akan dipakai sudah disterilkan, dikeringkan ( biar kering sendiri, jangan dilap ) dan sudah dingin.
- Jangan tutup wadah / botol bila relish masih panas, pastikan sudah dingin benar sebelum ditutup dan pastikan juga sudah tertutup rapat sebelum disimpan.
- Bila membuat dalam jumlah banyak dan untuk disimpan lama, rebus / kukus lagi setelah relish dimasukkan kedalam botol, bila direbus air rebusan hanya stengah dari tinggi botol untuk mencegah air merembes masuk. Oya tahap ini dilakukan setelah tahap mendinginkan dan menutup rapat botol, jadi direbus/ dikukus dalam keadaan tertutup rapat.
- Dinginkan lagi sebelum disimpan dikulkas.
- Setelah dibuka / dipakai, pastikan selalu gunakan sendok yang kering dan bersih, agar bakteri dari luar ga ikut masuk. Tutup rapat kembali dan selalu simpan dikulkas.

Aku nemu sebuah web yg relate sama topik ini : how to make pickle relish easy and illustrated !

Semoga Bermanfaat !

2 comments:

Angga Derajat said...
This comment has been removed by the author.
Angga Derajat said...

maknyos hasilnya, thanks mbak Mae..
but, saya sedikit improv, waktu numis bombaynya pake sesame oil, tambah wangi..

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My Photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers