Wednesday, April 16, 2008

Hobi Baru Kesibukan Baru

Seperti anak - anak yang baru dapat mainan baru, pasti senang sekali memainkannya. Sama halnya dengan mainan baru, bertanam bagiku merupakan hal yang baru. Kesenangan baru. Dan kesibukan baru. Seperti yang udah aku sebutin sebelumnya, hobi bertanam ini baru aku tekuni belum genap setahun ini. Sebelumnya ? Jangan ditanya soal tanaman. Gak suka. Gak minat. Gak tertarik. Ngelirik aja emoh. Trus kok bisa suka ? Ada ceritanya...

Setahun yang lalu aku dikasih euphorbia penuh bunga sama tanteku (yang waktu itu aku kira kaktus ) habis itu ya udah aku gletakin aja didepan rumah, gak diapa2in. Paling cuma disiram aja, itupun seminggu sekali ( kalo inget... ) Trus gak tau kenapa euphorbiaku tak kunjung berbunga lagi ( mulai care nih critanya ) so sad... Dan berawal dari rasa penasaran, aku mulai cari tau penyebab kenapa euphorbiaku mogok berbunga. Sejak itu mulai dirawat, disiram, dipupuk, tapiiii... sampe detik ini nih, tuh bunga masih belum mau menunjukkan klopaknya, yang ada cuma daunnya aja yang gondrong. Nah, sampe sini dah mulai nglirik - nglirik taneman hias. Beberapa bulan kemudian, mamaku mbawain 1 pot aglaonema Pride of Sumatera, 5 pot Adenium aneka jenis, en 1 pot Zamia Cucas. Diliat - liat, dipandang - pandang, dipegang - pegang, terakhir disayang - sayang. Syukaaaa....
Belakangan nih lagi minat sama mawar, pengen ngoleksi abis jenisnya banyaaak... someday aku ingin tamanku penuh dengan bunga mawar yang bermekaran... hmmm.. so sweeet...

( Pindah ke kebun belakang rumah )

Nah, disini aku nanem beberapa tanaman buah dalam pot. Maklum semua permukaan disini udah dikeraskan alias disemen. Beberapa diantaranya ada 3 pot jambu Darsono ( jambu merah yang aromanya seperti mawar ), pohon pepaya, pohon sirsat, beberapa adenium, lavender, dan banyaaaak euphorbia ( without flower ). Jangan bayangkan ada beberapa pohon buah. Yang aku maksud pohon disini adalah bibit tanaman buah yang hanya setinggi setengah meter ( ealaaaah... )
Proyekku selanjutnya adalah mengubah sudut ini menjadi sudut sayuran dan tanaman herbal. Jadi rencananya mo nanem macem - macem rempah dan bumbu dapur, juga macem - macem tanaman herbal. Kemaren udah mulai nyemai bibit tomat, cabe, jeruk limau, en cabe rawit. Ku ceritain deh nanti:) 
Dan yang akan nyusul, mo nanem seledri, sereh, jehe, kunyit, kencur en bawang - bawangan. Tapi dengan aktivitasku yang seabrek - abrek ini, ah... entah kapan bisa selesai... 

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers