Friday, April 18, 2008

Menanam Sayuran #1 : Menyemai Benih

Beberapa waktu lalu waktu Mama baru pulang ke Surabaya dari Pekanbaru - Jakarta, aku dioleh - olehin beberapa bibit sayuran. Seneng bangeeeetss.... Ada tomat, cabe rawit, cabe keriting, seledri, pokcoy, jagung, en cengek ( ? ). Salah satunya ada benih tomat 'plum' yang dari kemasannya keliatan kyak bibit impor. Merknya Mr.Fothergill. Isinya dikiiiit banget. Ya udah aku semai 8 biji ajah.

Rencana mo nyemai bibit ini dah lamaaa banget. Dari sejak mama baru datang awal maret kemaren, eh baru terlaksana seminggu kemaren. Yang baru aku semai ada tomat 'plum', cabe rawit, cabe keriting, en jeruk limau ( jeruk kunci ). Benih jeruk limaunya aku bikin sendiri, diambil dari biji jeruk yang udah tua. Dijemur dulu sampe kering, baru disemai. Benih - benih yang aku semai jumlahnya 8 tiap jenis. Hari ini aku tambain nyemai bibit kemangi. Bibitnya diambil dari bunga kemangi yang udah kering. Ngambil dipo'on kemangi punya tetangga.

Persiapannya sih sederhana. Aku pake kotak styrofoam bekas bungkus makanan buat kotak semainya. Dipotong dulu tutupnya, trus dasarnya ditusuk - tusuk pake garpu buat drainase. Media semai aku pake media tanam olahan / pupuk organik. Dilengkapi sprayer/ gembor halus, sekop kecil dan bibit - bibit yang mo ditanam.
Media semainya aku letakkan ditiap - tiap wadah semai yang udah disiapkan. Buat lubang dimedia semainya dengan menggunakan jari ato pensil/ pena. Gak usah terlalu dalam n beri jarak ya... Masukkan bibit - bibitnya satu biji ditiap lubang. Taburkan kembali media semai ato cukup diratain pake tangan permukaan medianya sampe bibitnya ketutup. Semprot dengan air pake sprayer, ato gembor berlubang halus. Klo gak punya keduanya bisa juga pake botol bekas air mineral yang tutupnya dicoblos - coblos pake jarum/ paku kecil (coblos ? pilkada kalee... ). Kalo udah selesai semuanya, letakkan kotak - kotak bibit ditempat yang terlindung dari sinar matahari, bersuhu sedang, dan jauh dari gangguan binatang atau serangga. Klo ada anak - anak kecil dirumah pastikan peletakkannya juga jauh dari tangan - tangan mereka.... semprot tiap hari apalagi bila suhu dan udara terasa panas, Jaga agar media tetap lembab tapi tidak basah. Bisa dengan cara selalu ditutup plastik sampe tunas - tunas kecil muncul dari balik media semainya. Oya jangan lupa tiap kotak ditandai dengan nama bibit dan tanggal, biar gampang liat perkembangannya.

Sekarang lagi ga sabar nunggu kecambahnya keluar. Padahal baru 4 hari aku semai. Udah gitu tiap hari dintipin aja.... Sabar dooong :)

Next aku mo nanem taneman herbal dan bumbu dapur. Waaah udah ga sabar pulak.... ;)

3 comments:

chili_pretz899 said...

saya ingin menanam cabe rawit nih..
dapetin bibitnya gmn yah?
dr biji cabe rawit ya?
dan perlu dijemur dlu nga?
hrs pupuk organik ya?
susah ga ya? kira2 brp hr tumbuhnya?
mohon sarannya ya.. thanx..

mae said...

Udah aku japri lwt email tuh, nyampe ga ?

Jeanny said...

Hi Mae, Mau dong kasih tips nanam cabe ke aku juga thanks ya... Salam Jeanny

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers