Saturday, April 26, 2008

Kue Talam Klasik

kueh talam
Orang bilang kesan pertama menentukan segalanya. Bisa jadi benar. Sama halnya waktu aku pertama kali nyicipin kue ini sekitar 9 atau 10 tahun yang lalu. Ibu dari salah seorang sahabat baikku membuatnya saat kami - temen segenk waktu sma - diundang untuk buka bersama. Saat itu memang sedang bulan puasa. Dan mama Tya sering sekali ngundang kami - dipaksa Tya untuk ngundang - berbuka bersama saat Ramadhan.

Mama Tya yang orang minang masakannya dahsyat. Enak - enak banget ( makasih ya Te ! ). Salah satunya ya si kue talam ini. Padahal dulu ga begitu suka sama kue tradisional ( gaya ! ). Tapi waktu ngicipin ini, aduh, langsung jatuh cinta. Tapi itu Ramadhan terakhir yang kami lewati bersama, karena taon berikutnya, kami udah berpencar untuk menimba ilmu diluar pulau. Ya, kami semua teman sejak masih di Sorong, Papua. Sejak Smp lanjut Sma, sampe detik ini.

Sudah menjadi tradisi disana, kalo sudah lulus sma untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi ya harus keluar pulau. Alhasil niat berguru kue talam ke mama Tya tertunda hingga 10 tahun ! Gara - gara ulah si Tya yang aku suruh mintain resep ke mamanya tapi gak dikirim - kirim tuh resep. Dasar lu Ya' ! Aku sampe ikut kursus kue talam 4 macem tapi satu pun ga ada yang rasanya mirip sama talam buatan mama Tya. Akhirnya setelah penantian yang panjang, 3 minggu yang lalu Tya dahling ngirimin daku resep talam. Aaaah serasa nrima surat cinta ! Thanx ya say, miss you so much ! Mmuach ! Mmuach ! ( Paan sih !? ) 
Hehe si Tya ini dulunya banget ga pernah masuk dapur, megang wajan, apalagi bikin kueh. Sekarang dah mulai tertarik, hehe... deuh yang mo dilamar, kursus masak dulu jeng :D

Tapiiiii berhubung virus BB ( Baking Blues ) lagi menyerang, tuh resep tergeletak sampe 2 mingguan. Padahal udah belanja bahan dari 2 minggu yang lalu. Hari ini bener bener diniatin mo bikin, ga boleh nunda lagi. Tapiiiii ( lagi ) karena itu resep pake teknik jadul jadi tu resep aku baca sampe berulang - ulang kali. Masih pake takaran gelas kecil terus entah resepnya ato bahasanya yang kurang ngerti. Dan stelah tanya tanya ke Tya, akhirnya ngerti dan resepnya aku sederhanakan. So, here it is !
kueh talam

Kue Talam Klasik
Resep : Mamanya Tya

Bahan Lapisan I ( cokelat ) :
1 3/4 cup tepung beras
250 ml santan encer dari 1 / 4 btr kelapa
( klo pake santan instan, pake 100ml + air sampe 250ml, mae )

300 ml ( 1 1/2 cup ) air
25 gr ( 1/2 cup ) gula pasir
150 gr gula merah
garam, vanili secukupnya
daun pandan, kayu manis secukupnya

Bahan Lapisan II ( putih ) :
1/2 cup Tepung Beras ( Rose Brand )
350 ml santan kental dari 1/2 butir kelapa, panaskan tapi tidak sampai mendidih
( klo pake santan instan, pake 250ml + air sampe 350ml, mae )
1/2 sdt garam


Cara membuat :

- Panaskan lebih dahulu santan kental untuk lapisan II, sambil terus diaduk. Begitu akan mendidih ( shimmering ) segera matikan api. Ini agar santan terasa lebih legit. Sisihkan dan biarkan hangat.

- Sementara itu siapkan cetakan talam yang sudah diolesi minyak goreng. Lalu siapkan panci pengukus.

Lapisan Bawah ( I )
- Campur semua bahan kecuali tepung beras dan santan, lalu didihkan hingga semua gula larut. Diamkan hingga suhu agak turun ( hangat kuku ). Saring, masukkan 1 3/4 cup tepung beras, aduk rata, diamkan sebentar. Kemudian masukkan santan encer/sisa bagian aduk hingga tidak lengket dan licin. Jika kurang yakin, saring kembali adonan ini, tepung yang belum larut akan tertahan disaringan. Haluskan dan masukkan lagi kedalam adonan.

- Panaskan panci pengukus.

Lapisan Atas ( II )
- Campur santan kental yang sudah hangat dengan tepung beras dan garam ,aduk hingga rata. Jika masih ada tepung yang belum larut, saring sambil dihaluskan.

- Masukkan cetakan kosong kedalam panci, panaskan selama kurleb 5 menit. Tuang adonan I ( cokelat )sebanyak 3/4 cetakan. Kukus selama kurleb 5 menit. Tuang adonan II ( putih ) hingga memenuhi sisa cetakan. Kukus kembali selama 10 menit. Ulangi proses diatas hingga adonan habis. Setelah matang, dinginkan dahulu sebelum dikeluarkan dari cetakan.

Untuk 30 buah cetakan kecil.

Untuk takaran 'cup' aku pake ukuran 200ml cup. Klo bingung pake gelas air mineral yang nettonya 200ml. Ato klo punya gelas jadul yang bentuknya kayak belimbing juga boleh. Oya, si tepung lupa aku timbang. Pokoknya total tepungnya 250 gr klo pake cup jadi 2 1/4 cup. Tinggal dibagi sesuai yang diminta resep.

Rasanya, pasti enaklah. Lumayan buat obat kangen. Meskipun bagiku lebih enak punya mama Tya. Ya iyalah... Eniwe, makasih sebanyak banyaknya buat Mama Tya, ( kangen sama rendang padang nih Te ! ) en makasih juga buat Tya sayang. Miss you all guys ( Dinie, Fanny, et Tya ) with the whole of my heart * hugs *

7 comments:

Sheila said...

Mae, cetakannya mauuuuuuu. Imut2 banget. Boleh tau nggak, beli di mana? Bulan depan pulkam pengen borong aahhh...

mae said...

Cuma cetakan plastik biasa kok mbak. Belinya diTBK deket rumah, tp cetakan ini umum kok, byk ditemukan diTBK2 disini. Murah lagi ! Mau ? Boleh kok klo mo dikirim :) Pulkam kekota mana ?

Mindy said...

duh rajin dweh dirimu Mae.. itu talam menggiurkan bener. dah lama ga makan talam

dita said...

bener Mae, menggiurkan bgt. menul menul gitu kuenya.

mae said...

mindy en dita : menul menul ? inul kali ? hihihi... makasih banyak ya mbak mbakku sayang :)

rita bellnad said...

aku pengen nyoba ini mae... enak sekali keliatannya

anyway mae mampir kesini ya... blog baruku nih
http://makansiang.blogspot.com/

mae said...

Coba aja mbak, enak kok. Mang diaussie ada gula aren mbak. Enak pake gula aren mbak, lebih pekat. Kemaren pake gula merah ( kelapa ) biasa jd pucet gitu. Mungkin bisa diganti gula palm kali ya....

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers