Friday, May 30, 2008

KBB #5 : Banoffee Pies


Tantangan KBB untuk bulan ini adalah Banoffee Pies ! Host untuk putaran kali ini adalah Mbak Vin en mbak Syantie. ( Semoga ke100 anggota ngumpulin peernya semua ya mbak, selamat bertugas ! )


Kebetulan si Banopi - chan ini masih tergolong baru untuk sebagian member termasuk aku. Padahal dessert ini begitu populer dinegara negara barat. Dari beberapa blog ( yang aku search di google ) yang pernah aku kunjungi demi mencari inpoh tentang banopi ini, semua menyebutkan klo pie yang satu ini huenaaaak tenaaaan.... Dan katanya lagi letak kenikmatan terletak pada kulit yang super crispy en filling beraroma karamel yang legit membelai lidah. Bagi yang pernah mencoba selalu ketagihan untuk membuatnya ( dan memakannya ) lagi, lagi dan lagi....

Benarkah ??? Let,s proof it !

Tantangan KBB #5 : Banoffe Pies



Untuk tantangan keduaku ini, emang niat banget untuk ngerjain peer skalian laporan jauh jauh hari sebelum due date. Akhirnya baru sempet pertengahan bulan. Tapi karena harus bagi waktu dengan kerjaan ( jadi kuli en nge babu ) jadi ngerjain peernya dicicil. Bikin kulit dulu, disimpen dikulkas, besok harinya baru bikin fillingnya. Kebetulan resepnya ngebolehin gitu.

Oke ibu ibu host, bu admin, bu mods, ini laporanku...




Making of Pie Pastry ( Pie Crust ) :

Aku mencoba untuk ngerjain peer sesuai dengan ketentuan dan permintaan diresep. Jadi aku terpaksa ngeluarin lagi food processor reyotku yang udah lama pensiun gara gara disuruh kerja rodi tiap hari buat nggiling maemnya Tasya waktu masih bayi. Hehe udah tua, sekarang masih disuruh kerja rodi lagi...

Ternyata oh ternyata FP ku ga muat. Padahal aku cuma bikin setengah resep tapi tu containernya udah penuh sesak ( en masih dipaksa njejelin biar muat juga ). Bener deh tu FP dah gak mampu. Sampe nge-pulse hampir 5 menit tapi ga nyampur nyampur karena kurang udara. Karena takut over processing yang bisa bikin kulit alot, terpaksa deh adonannya dikeluarin en diproses secara manual. Pake tangan dengan scrapper. Waktu masukkin air es cuma diaduk bentar karena takut kelamaan en butternya cair. Aku ikut saran diresep untuk nyatuin adonannya dengan cara mengumpulkan didalam plastik dan kemudian disatuin tepi tepian plastik. Dibunderin trus istirahat dikulkas 30 menit.



Textur adonan waktu baru jadi, tidak halus karena emang ga boleh sampe kalis, sedikit crumby tapi bisa dibentuk/ dipadatkan. Tapi punyaku gulanya ga mo ancur, mungkin gara gara FPnya kelebihan beban. Jadi masih keliatan butiran butiran gulanya.

Setelah 30 menit, adonan ditipiskan / digilas. Aku selalu pake lapisan plastik setiap bikin kue yang perlu digiling. Lebih halus dan ga mudah nempel dirolling pinnya. Setelah ditipiskan, buka salah satu plastiknya ( sisi atas ). Sampirkan /rebahkan lembaran adonan dipergelangan lengan ( dengan plastik pada sisi bawah masih tetap melekat ). Pelan pelan rebahkan lembaran adonan diatas loyang pie yang udah beroles margarin. Dimulai dari tepi.



Setelah lembaran adonan terpindah keloyang, dengan gerakan menggosok, gosok lembarannya agar melekat dengan dasar dan tepi loyang, agar nantinya tidak ada rongga angin yang terperangkap. Kupas plastik ( yang sekarang ) ada dipermukaan atas. Trim dan rapikan tepinya. Sisa trimmingannya bisa dimanfaatkan untuk mempermanis tepian pie. Atau bila tersisa banyak bisa juga dibuat pie mini. Bisa juga dicetak pake cookie cutter, ditabur gula trus dipanggang, jadi kukis deh ! Yang pasti, sisa adonan pastry TIDAK DAPAT DIPROSES KEMBALI setelah digilas. Gunakan kreatifitas untuk memanfaatkan sisa adonan ini. Untung aja adonan crust ku gak bersisa.

Setelah adonan rapih, tusuk tusuk tepian dan dasar pie dengan garpu. Sisihkan selama ( sekurang kurangnya ) 30 menit, boleh disimpan dikulkas / difreezer. Bahkan kulit pre-bake ini bisa disimpan berhari hari dalam kondisi terbungkus rapat dan beku sampai saat akan digunakan. Dan bisa dipanggang langsung pada kondisi beku ( tanpa proses defrost ) dalam oven bersuhu panas. Nurut artikel tentang pie yang aku baca, justru proses ini yang bikin pie jadi krispi. Mo nyoba ?

Baking Blind :



Aku pake kacang ijo untuk pemberatnya. Sedang pelapisnya aku pake alumunium foil. Dipanggang kurang lebih 15 menit ( sesuai resep ) dengan pemberat, ditambah 5 menit pemanggangan setelah pemberat diangkat. Fungsi pemberat ini agar kulit pie tidak menggelembung saat dipanggang. Setelah kulit matang, didinginkan, dibungkus ketat baru kusimpan dikulkas, abis tu nguli lagi >_<

Cooking The Toffe :



Step nya aku ikutin resepnya. Gulanya aku ganti gula palem karena sulit nyari brown sugar. Butter dan gula dilelehkan, masukkan susu cair lalu susu kental manis. Masaknya selama lima menit ( alarm set ) soalnya aku pengen toffenya nanti agak runny tapi tidak juga terlalu cair. Diaduk terus biar gak gosong. Rasanya maniiis banget... aromanya rada milky tapi ada aroma karamel juga.

Pouring the Toffe :
Selese nuang toffe-nya, pienya aku simpen dikulkas lagi. Besok baru finishing. Hehehe bener bener dicicil deh bikiinnya :)



Pisangnya, aku pake pisang raja. Sempet takut agak sepet karena waktu beli pisangnya baru mateng tapi masih padet. Ternyata setelah jadi gak sepet kok pisangnya. Mungkin karena kerendem toffe yang super manis itu. Ohya, ternyata toffenya cuma menuhin setengah dari kulit pienya. Mungkin loyang pienya terlalu dalam.

Finishing and Decorating :

Untuk krimnya, aku pake Fresh Cream ( Anchor ). Gak ditambahin apa apa, langsung dikocok. Sebelumnya semua baskom, dan whisker aku masukkin kulkas dulu sampe dingin. Trus ngocoknya juga diatas baskom berisi air es berisi balok es ( bribet ah ngomongnya ). Abis surabaya lagi panas klontang...



Whipped Cream kaku sempurna. Langsung diolesin keatas pie. Padahal aku udah pake 250ml fresh cream ( untuk setengah resep ) tapi belum juga memenuhi kulit pie-ku. Mungkin emang bener loyangnya kedalaman. Bingung ndekornya, soalnya lagi mati gaya. Kebetulan masih punya stok DCC, ya udah dicoret coret aja. Sama bikin coklat tulis buat pemanisnya. Sekelilingnya aku semprotin whipkrim dikit, dipasangin coklat tulis, en pisang cetak sebagai sentuhan akhir.

Tau gak, selama proses finishing ini, pienya harus bolak balik keluar masuk kulkas. Soalnya takut wipkrimnya leleh. Sayang kaaaan....

Dan buat Ibu Admin, ibu host, para modses dan temen temen seperjuangan di KBB, Banoffee Pies ini kupersembahkan....


Again, you may see the recipe here.

Taram, taram, saatnya incip incip. Setelah 4 hari nyicil bikin peer ini, tibalah saat yang ditunggu tunggu. Makannya diteras depan, sambil duduk dikursi teras menikmati tamanku, suasana sore dan lalu lalang orang orang disekitar rumah.

Sendokan pertama, hmmmm... *yang pertama terasa adalah wipkrimnya yang tawar,ugh*
Sendokan kedua, hmmmm... *kena deh toffenya, maniiiiissss buanget*
Sendokan ketiga, hmmmm... *kena pisangnya, lumayan manis*
Sendokan keempat, HMMMMM... *yang ini kena semua, kulit pienya, pisangnya, toffenya, wipkrimnya, enaaaaaaak.......*
Sendokan kelima, *HABIS*

Bener bener enaaaaaaak.... aku sampe klenger, klepek klepek en termehek mehek rasanya.

Legaaaa dan puas rasanya karena udah berhasil naklukin peer kali ini. Senengnya lagi karena bisa nyelesain ini sebelum deadline.


Dan hadiahnya adalah stempel kelulusan !!!

30 comments:

Elsye said...

mae...keliatan enakk itu banopi..:D...atasnya ditopping aapa tuh Mae, coklat kah ?...

cantikkk penampakannyaa..suksess ya buu...:D

Unknown said...

waahhh enak banyak coklatnya :D bentuk pastry-nya bagus Mae. emang enakan klo dimakan bareng² walaupun tetep manis

Vin Wong said...

mae, cantik banoffeenya, itu pisangnya (bentuk bunga) yang bikin keren lho!

mae said...

to Elsye, makasih mbak Els, iyah coklat tulis ituh... padahal lagi mati ide

to Mindy, thanks mbak Mind, iyah klo inget jadi pengen makan lg... bener bener membekas

Wait for meee, I'm comiiing... mo sidak dulu...

mae said...

to Vin, makasih banyak mbak Vin !

Anonymous said...

Mae....kok nggak diposting di rumah yang satu lagi?hehhee..

cantik banget banopi-mu..pengen nyomot coklatnya deh...

Yuli P. Digdo said...

sempet2nya pisang dicetakin bunga ... hehehehe, cantik mae hasilnya :)

mae said...

to Ienas, iya mbak biar rumah yang ini rame, hehehe...
Makasih ya udah mampir, seneng loh diampirin dari Boston.

to Bundanadine, hahaha idenya ya gara gara liat gambar bento diinternet, jadi terinspirasi.
Makasih ya udah ninggalin komen :)

Anonymous said...

Cantik sekali Mae your banoffee....secantik orangnya....sering2 buat yoo, biar bermanfaat buat badan..hihihihi
(;just kidding;)

Anonymous said...

mae, cantik pie mu...coklatnya coreng2 seru deh. eh, makasih ya atas ucapan selamatmu di blogku heheh, telat gak papa koq.

mae said...

to Rachma, makasih ya mbak *blushing cheeks*, iya pengen banget gemuk...

to Eliza, makasih banyak mbak udah dolan ksini, senangnya....

Dita said...

doyan ya Mae? hihihihi....buat penggemar manis kek kita emang pasti doyan sih :P. Tapi ya itu emang harus pake krim tawar supaya netral.

Good job! :)

mae said...

Doyan banget mbak Dit, cuma sekali makan satu biar gak eneg. Lagian biar nikmatnya terasa...

makasih dah mampir dari Kuwait :)

Anonymous said...

jeng mae, pisangku jg kucetak bunga loo.. sehati qt yaks..
fotonya baguss..ajarin tips n triknya dong ;)
seep daah!!

mae said...

makasih vi, aku tadi dah dolan ksana...

Trips en triknya itu trial en error, hehe kudu banyak latian say...fotoku masih belum ada apa apanya kok, masih blajaran n perlu banyak belajar :)

Inev said...

maeee...... cantik banget banopinya... congrats yak!

Syanti Dewi said...

wahhh..wahhh kreatif si pisang meni cantik gitu.. sukses yahhhh :)

mae said...

to Ine Sena, makasih mbak Ine udah mampir dari papua... ah punya mbak ine juga cantik kaaan...

to Tie, walah disidak sama ibu host... Makasih ya mbak Tie...

Anonymous said...

Aiiih aiihh, Maeee.. pisangnya cantiq banged dibentuk bunga, gitu.. :)) Punya saya, tak tabur keju cheddar parut biar ga terlampau manis, hihihiy.. ;P

Unknown said...

syedeeeeeeeeebbb!! like i said on flickr, nuansa ungunya mantav!

Anonymous said...

hwaduuuh cuantiiiik bgt banopinya mae

syuka deh ama photonya...keren

makasih dah mampir jd makin semangat ngerjain tantangan berikutnya

lam KBB

mae said...

to Ayu, duuuh jd pengen ngerasain banopi kejunya :) Pasti enyak... Makasih dah mampir mbak...

to Arfi Binsted, thanx for stopping by and dropped some words, seneng deh !

to ventin, sama sama ventin... ya harus semangat terus yah, salam KBB!

A. Ann said...

Komen ku kok ga ada yaa? Hoaaa...canteekkk Mae pie na..pengen lagi..

Raphaelle Bakes said...

banofee pie-nya cantik loch..canggih juga yach..btw kamu bikin pie tanpa loyang pie yach?... memang creative...

blessings

Ellen Antheunis said...

rajin bener nyetak pisangnya satu2...cantik deh

mae said...

to Andrie Anne, iyah mbak tau nih bloggernya. Kemaren jg mo posting komen, udah nulis panjang lebar eh gak kepublish... Makasih ya mbak...

to raphaelle bakes, pake loyang kok mbak, loyangnya kaca abis loyang pieku yg metal besar2 ukurannya. Makasih ya mbak :)

to mrs.Baasje, halo mbak Ellen, makasih dah mampir sini. Demi KBB rela deh nyetakin satu2 :)

Retno Prihadana said...

Waaa..pisangnya berbunga, cantiiik banget terus latar belakang yang ungu mendukung si banopi tambah keren fotonya.

Anonymous said...

Fotonya impresive, banopinya apa lagi :)

mae said...

to Mbak Retno en mbak Zita, makasih ya semua komennya :) I do apreciated it !

arta said...

mae..dikau kreatif banget deh...ada pisang berbunga, ada warna ungu, sampe cawan daun ada juga...hahaha..smuanya cantik2..sukses yo mae...

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers