Monday, June 16, 2008

Suguhan Arisan #1 : Makaroni Schotel

Baru balik dari Gresik, en ketiban utang posting bejibun....

*****

Seminggu ini rasanya tegang banget buat aku. Diawali dengan datangnya ibuku dari Papua di hari selasa. Sementara aku sendiri belum bisa nengokin beliau karena tidak mungkin meninggalkan rumah yang sedang dalam perbaikan. Padahal kangeeen banget. Tukangnya sendiri baru bisa diprediksikan akan selesai hari sabtu. Minggu ada arisan di dua tempat. Pagi arisan keluarga dirumah tante. Dan sorenya arisan PKK dirumah.

Untuk arisan keluarga sendiri aku hanya nimbrung tempat karena kebetulan ada acara dan keluarga ngumpul semua disana. Konsumsi ( tambahan ) tetep dari aku karena bulan kemaren suami yang dapet arisan. Sebagai syarat aja kalau aku tetep nyediain suguhan.

Sedangkan untuk arisan PKK diadakan dirumah. Aku harus ngejar waktu menyelesaikan perbaikan rumah sebelum hari minggu. Selambat lambatnya hari Sabtu sudah harus selesai biar bisa sekalian ngatur ruang tamu untuk dipake arisan. Karena kalo ngatur hari minggunya takut gak keburu karena pagi pagi sudah harus kerumah tante.

Yang paling musingin ya mikir suguhannya. Maklumlah, belum banyak pengalaman baik tentang menjadi tuan rumah arisan maupun penyedia suguhan arisan.

Jadi untuk arisan PKK aku pesen ajah snack boxnya. Satu kotak isi 4 macem, 2 asin dan 2 manis. Pastel, kroket, sus buah dan kue ku. Yang paling aku pikirin ya suguhan buat arisan keluarga. Meski kata tanteku ga usah yang mewah mewah atau banyak ( karena tanteku sendiri udah nyediain masakan ) tapi aku ingin sekali bawa sesuatu yang aku buat sendiri yang tentu saja juga special. Setelah nanya sana sini ( makasih temen temen dimilis ) aku dapet ide bikin makaroni skutel dan puding almond. Idenya sendiri baru muncul hari jumat malem. Berarti tinggal 1 hari buat persiapan.

Sehari sebelumnya aku sempet googling buat nyari resep makaroni skutel yang enak. Trus aku nemukan satu resep yang aku anggap istimewa. Karena resep ini menggunakan puree wortel tomat dicampuran makaroninya.



Puree wortel tomat


Ini memang bukan pertama kali aku bikin makaroni skutel, sebelumnya pernah beberapa kali karena suami yang minta. Suami doyan banget tapi aku gak begitu suka.... Dan dibeberapa resep yang aku coba, belum ada yang bener bener special menurut aku ( yang gak suka makaroni ).

Jadilah aku pake resep yang ini :



Makaroni Schotel
Sumber : ik-recipes
Original Recipe by Fatmah Bahalwan


Bahan :
30 gr mentega/margarin
2 siung bawang putih, cincang
100 gr bawang bombay , iris tipis.
200 gr wortel, iris halus spt korek api
350 ml kaldu ayam
1 sdm pasta tomat , bisa pake puree tomat 2 sdm
1 sdm minyak goreng
110 gr makaroni (merek Honig)
4 btr telur
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
200 ml susu cair /Whipped cream/evaporated milk
½ klg daging kornet (kaleng kecil 150 gr-lah) *aku pake 100gr daging cincang tumis,..mae*
75 gr jamur merang, belah empat. * yang ini aku skip,..mae *
75 gr smoked beef, iris tipis spt korek api *aku ganti beef rolado iris tipis,..mae*
100 gr keju cheddar parut
25 gr keju parut lagi buat taburan.

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan bw putih sampai harum, masukkan wortel, tuangi kaldu, masak hingga wortel setengah empuk dan mengental, angkat dinginkan sebentar, blender hingga halus (kira-kira menjadi 350ml). Tuang lagi kepanci, beri pasta tomat, aduk.
Didihkan air dalam panci, beri 2 sdm minyak goreng, masukkan makaroni, masak hingga empuk, tiriskan.
Kocok telur sampai tercampur, beri garam, merica dan pala, aduk, masukkan susu/krim, kornet, jamur dan smoked beef, aduk rata, masukkan makaroni, adonan wortel dan keju parut, aduk yg rata banget. Kalau suka boleh diberi penyedap Royco atau maggi blok, aduk rata.
Tuang dalam loyang tahan panas atau alumunium foil cup, ratakan, taburi keju.
Panggang dalam oven, kira-kira satu jam hingga kecoklatan, angkat.
Dinginkan sebentar, siap disajikan.

Versiku : karena aku mo bikin agak banyakan tapi tidak sebanyak 2 resep diatas, jadi komposisi makaroni aku tambahkan menjadi 150gr dengan jumlah telur menjadi 5 butir. Sedangkan kompisisi yang lain mengikuti alias kira kira aja. Jadinya dapet 1 pinggan kaca bulat ukuran 20 dan 1 loyang kotak ukuran 18. Lumayaaan.... buat nambahin suguhan meja untuk arisan dirumah.

Rasanya ? Sama kyak kata mbak Ika, sebanding sama repotnya. Kata yang makan sih enak... eh bukan, tapi HUENAK ( smoga bukan basa basi, hehehe ) kalo kataku lumayan.... wong aku gak doyan :p

Kalo ada yang pernah nyoba resep ini dan kebetulan makaroni addicted, tell me gimana rasanya menurut kamu ?

4 comments:

amalia said...

kayaknya harus di coba nih mae..soalnya aku pengen dapet resep makaroni schotel yang suiiip..siapa tau ini resep bisa lebih OK.

Ayin said...

wah enak ini.... smua pasti suka :).. andai kita deket ya Jeng mesti aku ikut arisan :D

ViTa said...

danke danke... terima kasyih.. pernah coba wortelnya diganti brokoli? kira2 gmn y rasanya? mestinya enak juga tuh

azmi said...

ijin ngelink blognya yaa. sekalian nyobain resepnya hehe

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers