Thursday, June 19, 2008

Suguhan Arisan #2 : Puding Sutera Almond

Puding almon adalah salah satu materi yang pernah diajarkan waktu aku kursus catering 2 tahun lalu. Entah kenapa, puding yang begitu sederhana ini berkesan mewah kata guruku. Sempet googling untuk mencari resep alternatif. Kebanyakan resep yang aku temukan mirip mirip dengan resep yang aku dapet waktu kursus. Bikinnya gampaaaaang banget. Tapi dijamin semua suka. Seger sih ! Dan, memang, keliatan mewah.



Ini foto puding almon waktu aku kursus 2 tahun lalu. Disajikan dalam cup berkaki dengan topping leci kalengan yang dicoret dengan jeli tulis. Cantik kan ?



Puding Sutra Almond

Puding :
1000 ml susu cair ( plain ),
bisa diganti 1/2 kaleng SKM yang dilarutkan dengan air sampai 1000ml..., mae.

150 gr - 200 gr gula pasir, sesuai tingkat kemanisan yang dikehendaki.
Bila menggunakan SKM, komposisi gula dihilangkan atau tambahkan sedikit saja..., mae.

1 bungkus agar agar putih / bening.

1 sdt esens almon

Kuah :

1 kaleng buah koktail, bisa ditambahkan leci kaleng bila suka. Aku pake ceri..., mae.

Cara membuat :

Campur susu cair, gula, dan agar agar didalam panci, lalu panaskan. Aduk terus sampai mendidih, segera matikan api. Aduk terus adonan agar agar sampai uapnya berkurang. Kurang lebih 5 menitan lah. Tambahkan esens almon. Tuang kedalam cetakan atau cup cup kecil ( berkaki ) untuk ukuran personal. Pake gelas juga bisa. Aku sendiri pake loyang tulban biar nanti gak ribet bawanya. Dinginkan. Sesaat sebelum dihidangkan, guyur puding dengan kuah koktail. Tata buahnya diatasnya. Siap dihidangkan.

Toppingnya ini sebenarnya sesuai selera. Standarnya ya cuma buah kaleng aja. Tapi dibeberapa resep yang aku dapet, banyak juga yang divariasikan dengan stroberi, leci, nanas, mangga dan berbagai macam buah tropis lainnya. Untuk kuah juga ada beberapa variasi. Ada yang diberi kuah jahe dan sirup gula merah. Silahkan berkreasi untuk ini...

Waktu puding ini pertama aku hidangkan di meja arisan , banyak yang udah gak sabar pengen nyomot padahal belum waktunya makan. Sabar dulu yaaa.... Tapi begitu acara makan selesai pudingnya lariiis, habis tak bersisa. Alhamdulillah....

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers