Thursday, July 10, 2008

Bakwan / Dadar Jagung

Dulu gak suka banget sama penganan yang satu ini. Aneh aja, ada jagung kok digoreng. Sekarang, jangan ditanya. Dimanapun, kalo liat ini gak bakal nolak deh. Doyaaaaan banget. Orang serumah juga doyan. Tapi males aja klo sering sering bikin. Rada ribet. Nurut aku...

Tapi kalo virus males lagi pergi, sempet sempetin bikin ini. Gak bakal bersisa, yang ada malah rebutan sama orang rumah. Resepnya dapet dari nenekku. Udah top brand deh dikeluargaku :)

Bakwan / Dadar Jagung
( untuk resep aku gak pernah pake takaran, kira kira aja. Jadi resep yang aku kasih disini juga kira kira ya... )


4 bh jagung jawa, bisa diparut, disisir trus diulek, ato pake cara modern, abis disisir masukin food processor. Kalo aku sukanya diparut. Ini nih yang bikin males...

10 udang kecil / 5 udang sedang-besar. Kupas bersih. Haluskan.

Daun bawang, ambil daunnya aja. Iris iris.

I butir telur, kocok lepas. Mo enak lagi, pake kuningnya aja.

Haluskan :

3 siung bawang putih
kira kira 1 ruas temu kunci. Atau sesuai selera. Aku sukanya agak banyakan.
1 buah cabe merah atau cabe keriting juga boleh
3 bonggol daun bawang ( bonggolnya ajah )
garam, gula secukupnya

Campur jagung yang sudah dilumatkan ( kasar ) dengan udang, irisan daun bawang, telur dan bumbu halus. Aduk rata. Goreng dengan minyak panas secukupnya. Tingkat kekeringan sesuai selera. Lha ini, biar satu rumah selera beda beda. Ada yg suka digoreng sampe kering ada yang suka masih lembek lembek gitu. Aku mah dua duanya masuk, hehe... ( doyan pa laper ? )

Bakwan Jagung

Oya parutannya bukan parutan kelapa itu loh, tapi parutan buah. Kalo gak ada pake parutan keju aja juga bisa.


parutan yang aku pake

Dihidangkan bersama sayur bayam bening, dan sambal tomat, klop deh ! Bisa sampe nambah nambah...

Semoga berguna ya, en selamat marut... *esspecially for KBBers*

4 comments:

MiNDY said...

bakwan jagung emang TOB BGT. kedoyanankuw bangets. kapan² nyoba bikin pake resep ini ah. sounds yummy

Vin said...

kelihatan enak banget mae:)

mae said...

to Mindy, toss mbak !!! sama2 suka, ayo dicobain mbak :)

to Vin, makasih mbak Viiin, yang baeeeek bgt :)

Vanessa said...

mbak udah kucobain resep dadar jagungnya, enaaakk sesuai ama seleraku ^_^ makasih banyak yaa udah share resepnya, sangat berguna buat yg tinggal di luar negeri,g bisa masak tapi lidah jawa masih melekat hehehe...

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers