Wednesday, July 9, 2008

HFP #3 : Studio


Dikasih peer lagi sama mbak Dita, suruh bikin laporan studio odong odong, hihi. Maksudnya tema yang dikasi belio untuk HFP #3 ini adalah Studio. Studio yang dimaksud adalah studio ala home food potography atawa potograpi rumahan. Jadi jangan bayangkan ada kamar remang remang yang dilengkapi lampu segede gaban, blitz, payung payung perak, reflector, en diffusser pro. Namanya juga rumahan, gagdet yang dipake ya juga rumahan. Mau liat studioku ? Yuk, aku ajak kedalam. Monggo....

Setidaknya ada satu area dirumahku yang aku jadiin pojok pemotretan. Bolehlah disebut studio odong odong, kalo aku biasa nyebutnya studio dadakan. Area itu terletak diteras belakang rumah. Outdoor, beratapkan langit. Alasan memilih area ini adalah karena berlimpahnya akses sinar matahari disini. Juga karena ini area terdekat dari dapur dan ruang makan, yang artinya aku gak harus gotong gotong atribut pemotretan jauh jauh. Ya ya, maklumlah, dapurnya masih semi permanen gitu alias open air.


suasana 'studio' ku saat pemotretan...

dan ini hasil poto studio odong odongnya...

Tumis Kangkung 1

Maap modelnya cuma tumis kangkung, lagi gak punya objek...

Paliiiiing sering pake kursi buat table top-nya. Tapi gak jarang juga aku nge-lantai ( lantai teras loh, semenan gitu ! ). Motretnya sambil duduk, ndeprok atao pekangkangan ( ndak sopan ! ). Motret gaya gini lebih rileks tapi persiapannya lebih ribet, karena aku harus nggelar karpet. Kalo motret pake kursi, space nya sempit jadi kadang kadang banyak background mengganggu yang masuk keframe. Meskipun menghindari paparan sinar matahari langsung, sesi pemotretan cukup menguras keringat. Apalagi motret tengah hari bolong, ndeprok or nungging, serasa sauna... pfiuh...

Sedang untuk foto step by step, langsung aku potret disekitaran kompor. Tripod sangat membantu untuk acara ini... abis gak punya asisten yang bisa disuruh moto. One man show lah....

my camera3

Someday, gak muluk muluk, pengen punya kamera prosumer. Sukur sukur bisa punya DSLR, yang standar juga Alhamdulillah. Saat ini, biar kate kamera jadul, studio odong odong punya, jepret tetep maju terus.

Dengan segala keterbatasan baik ketrampilan maupun teknis, aku cuma berharap semua foto yang aku abadikan secara 'odong-odong' dan 'rumahan' masih bisa dinikmati... ^_^ Semoga segala keterbatasan tidak menjadi halangan.

Makasih buat teman teman yang sudah mengenalkan dunia ini sama aku, jangan bosen ya aku tanyain :) Duh, peer-nya apa lagi ya bis gini ? Temanya selalu unpredictable.... Ah, mak Dita mah ada aja idenya :)

9 comments:

Dita said...

amin! mudah2an kesampean cita2nya punya DSLR. Makasih ya Mae entry-nya *aku nulis digerecokin Leia, yang nanya2 ini tante sapa? Trus kubilang tante Mae. Dia tanya lagi Mae apa? Kujawab tante Mae mamanya kakak Tasha. Trus dia nanya lagi Mae kakak Tasha apa? glonndanggggg...terus aja ya, Mae! Aku sih udah prepare dengan nama2 panggilanmu yang waktu itu diceritain...hwakakakakkkk!!*

mae said...

hwakakaka XD... tiep kli inget leia yg terbayang cd dikepala itu. Lucu banget sih tu bebi, this is the reason why I dreaming to have one more baby beside Tasya ;)

hahaha, ga bs bayangin bingungnya leia membayangkan ada tante maemunah, maesaroh, kumaerah, padahal yg dimaksud cm satu XD

Unknown said...

ikut dibantuin doa biar dapet DSLRnya, Mae.

Anonymous said...

maeee...sama tuh studionya ama gue :P...pake kursi qiqiqiiqiqi..aminnn moga dapet DLSR :D

mae said...

Amiiin... amiiin... Yaa robbal alamin...

Makasih teman teman, pgn bgt nyusul kalian terampil bgt motret en DSLR user :) *big hug*

A.G said...

tak dongake Jeng.. amin ya robal alamin semoga dpt rejeki :)
tp biar kameramu begitu hasil jepretannya bagus kok.. yg penting ada jiwa seninya n pinter cari sudut yg bagus ;)

mae said...

amin mbaaak.... makasih ya... :)pengen belajar byk dr mbak Ayin :)

Anonymous said...

mae, tanpa DSLR pun udah bagus kok.. yang penting bisa ;memperbudak' yang ada:) sama ama yang laen, disoain DSLRnya biar makin oke..

mae said...

thanks mbak Ik, haha kosakata baru nih, aku sih selalu memperbudak yg ada sebelum beli budak lagi, hahaha :D

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers