Sunday, September 7, 2008

( BiBar ) Qroquette Stroganoff

Sabtu kemarin, aku kembali diajak oleh Mbak Rahma untuk ketemuan sembari menunggu waktu berbuka. Kali itu kami memutuskan untuk membuat Kroket Stroganoff bareng, lalu dilanjutkan dengan belajar motret lagi. Namun tidak seperti bibar sebelumnya, kami tidak hanya berdua. Kali ini ada mbak Monica dan mbak Ipoet yang turut serta menyegarkan siang hari yang panas itu. Senang sekali bisa bertemu dengan mereka. Karena sudah sejak lama aku selalu mengagumi karya karya mereka dalam dekorasi cake. They are so talented. Beruntung bisa bertemu mereka.

Acara BiBar ( bikin bareng ) kroket dimulai sekitar pukul 10 pagi itu. Bikin kroket memang harus sedikit sabar dan telaten, karena pembuatannya bertahap. Mulai dari mengupas kentang, menggoreng, menghaluskan dan masih banyak rangkaiannya hingga akhirnya kroket tersebut siap dihidangkan dimeja. Tapi siang itu, semua proses tersebut berjalan sangat santai. Ya karena dikerjakan bertiga ( mbak Poet belum hadir saat pembuatan kroket ). Mana sambil keasyikan ngobrol sampai sering kali kita lupa mengawasi kentang yang sedang digoreng.

bibar1
Goreng sambil ngobrol....

bibar2
Latian motret sesi pertama...

Tidak terasa, pukul 11.30 kroket sudah siap digoreng. Meski tidah langsung digoreng karena keburu dijadikan objek foto. Setelah merasa cukup dipotret, kroket akhirnya baru digoreng sekitar pukul 12.30. Setelah itu, latian motret masih terus berlanjut. Tidak kalah hot dengan panasnya cuaca hari itu. Selengkapnya tentang latian motret ini silahkan liat disini aja ya :)

kroket3
Siap digoreng...

kroket2

kroket1
Baru digoreng...

Rangkaian bibar dan latian motret bareng akhirnya usai sekitar pukul 14.30. Well, tidak peduli betapa pahit tenggorokanku saat itu, tapi hari itu aku sangaaat senang. Tidak lain dan tidak bukan karena aku sudah menambah lagi pengalaman dalam hidupku, bertemu dan berbagi dengan orang orang yang tidak pernah kuduga bisa kutemui. Sampai ketemu lagi ya, semoga ini bukan yang pertama dan terakhir ya.. It's so nice to meet you all. Buat mbak Rahma, makasih banyak atas waktu yang sudah kau sisihkan meski malamnya cuma tidur 1/2 jam. Juga makasih banyak buat rumah yang sudah kau sediakan untuk diacak acak en di muntahin Tasya ( ups ! soriy ya ). Aku selalu hepi berada didekatmu :)

French Qroquette Stroganoff

Qroquette Stroganoff
Resep asli : Al-Via Kursus Kue & Cake. Disalin dari Mbak Rahma.

Ingredients:

Bahan Kulit :
20 gr Margarin
3 siung besar bw. merah
2 siung bawang putih
sedikit merica
45 cc air
35 gr tepung terigu
250 gr Kentang Goreng, kemudian segera haluskan (jgn terlalu kering)
1 btr telur antero, kocok lepas

Bahan Isian :
2 sdm margarin
1 bh bawang bombay, ukuran bulat kecil, cincang kotak kecil2
1 siung bw merah, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
150 gr Daging Sapi, cincang
1/4 sdt Oregano kering cincang
1/4 sdt Basil kering cincang
1/2 sdt garam
1/8 sdt gula pasir
Sedikit merica
1 blok kecil, maggie penyedap rasa (optional)
1/8 sdt cabe merah bubuk
50 cc susu cair UHT PLAIN

Penyelesaian : 250 cc putih telur
1/2 bungkus mie instan, hancurkan / tepung roti / tepung panko

French Qroquette Stroganoff

Directions:

Bahan Kulit :
1. Tumis, bw merah & bw putih dgn margarin smp harum.
2. Tuangi air, masak smp air mendidih, bubuhi garam & merica.
3. Masukkan tepung terigu, aduk rata, kecilkan api.
4. Masukkan kentang halus, aduk rata, matikan api.
5. Cicipi rasanya, jika sudah pas, biarkan uap hilang, masukkan kocokan lepas telur antero, aduk rata. Sisihkan, siap dipulun.

Bahan isian :
1. Tumis bw. bombay & bw merah & bw. putih dgn margarin hingga harum.
2. Masukkan daging cincang, masak dgn api besar hingga daging berubah warna, bubuhi dgn maggie penyedap rasa, garam, merica, gula, aduk rata.
3. Kecilkan api, masukkan cabe bubuk & oregano serta basil. Aduk rata.
4. Tuangi dgn susu cair, masak hingga daging asat & matang, matikan api, sisihkan.

Penyelesaian :
1. Ambil sekitar 1sdm penuh adonan kulit, letakkan dialas plastik, ratakan, isi dgn adonan isi, rapatkan, pulun sesuai bentuk yg diinginkan.
2. Celupkan ke dalam putih telur.
3. Balur dgn cincangan halus mie instan / tepung panir

Selamat mencoba ! Makasih mbak Rahma buat resepnya :)

6 comments:

sefa firdaus said...

ngiler liat kroketnya *buka masih 3 jam 3,5 jam lagi aja gitu*

Elsye said...

waahh seruuu, aku liat di Mp Mae...o iya yang gambarnya monica lagi motret..mae coba deh disebelah kiri itu dikasih reflektor biar ga gelap :D...aku biasanya pake aluminium foil :P

mae said...

hehehe, klo ngiler ditanggung sendiri ya... :D :D :D *dosa ih*

Haha, yg didlm ruangan tu sebenernya dah disediain reflektor, cm males make soalnya didlm ruangan, klo yg diteras sm yg disamping jendela, dipakein semua kok, cm ada yg ga keliatan reflektornya ( ato ga dipake, hihihi byk yg males meganging )

Sheila said...

Maeee..! Aku ngiri sama kamu yg bisa kumpul2 bareng sama temen2 laennya yg satu hobi. Lah aku?? Sepiiii...huhuhu. Pasti seru ya bikin barengnya.

Retno Prihadana said...

Kapan-kapan klo mampir ke Sby..ikutan dunk..lat-bar, jadi pengiiinnnn(kapan ya???)

mae said...

mbak Sheila, jangan sedih dooong... kapan2 klo jodoh kita bikin bareng ya :)

mbak retno, hayuuuuk.... kapan? kapan mo kesby ? aku tunggu loh :)

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers