Wednesday, September 3, 2008

Roti ( Goreng ) Isi Ayam Jagung

Beberapa bulan lalu saat aku mengadakan 'reuni' dengan tiga sahabat sahabatku, salah seorang diantara mereka, Tya, membawa sekotak suguhan untuk dimakan bersama sama. Suguhan itu adalah roti ayam jagung sebagaimana ia biasa menyebutnya. Pertama mencoba aku dah langsung doyan. Tapi meski didesak begitu rupa, dia tetap menolak membocorkan resepnya ( dasar lu Ya' seneng bikin orang penasaran ! )

Tapi, perjuanganku mencari resepnya tidak cukup sampai disitu. Usut punya usut, resep roti tersebut diperoleh dari ( calon ) kakak ipar Tya, mbak Amalia ( atau kak Uli biasa beliau dipanggil ). Dengan murah hati, beliau membagi resep kue tersebut diblognya. Kheu kheu kheu.... akhirnya... ( sekarang gue dah bisa tertawa puas didepan lu Ya', hahahaha )

Setelah tertunda tiga hari ( karena rencana semula mo bikin buat camilan buka puasa hari pertama ), akhirnya hari ini uji resep tersebut terlaksana sudah.

Roti Goreng Isi Ayam Jagung
Resep asli milik mbak Amalia

Bahan isi:

Roti tawar tanpa kulit 1 bungkus (1 roti di potong jadi 4 atau sesuai selera)
150 g jagung pipil (bisa frozen/kalengan), aku pake jagung manis segar...,mae
200 g dada ayam dicacah halus
100 g daun bawang+ seledri, iris halus
2 butir kuning telur
250 ml susu cair
2 siung bawang putih, dicincang halus
50g tepung terigu
merica, gula, garam secukupnya
Tepung panir kasar ( panko )

Cara membuat ( aku modifikasi dikit ) :

Ragout Ayam Jagung

Ragout :
Oles wajan dengan minyak secukupnya ( bandel nih, padahal diresep asli ga usah pake minyak, hehe ), panaskan lalu masukkan bawang putih dan daun bawang, aduk sebentar lalu masukkan ayam dan aduk hingga berubah warna. Campur jadi satu, kuning telur, susu cair dan tepung terigu, aduk rata. Masukkan kedalam tumisan ayam, aduk cepat. Sambil terus diaduk, masukkan jagung dan bumbu lainnya, aduk terus hingga mengental. Bila sudah meletup letup dan licin ( tidak menempel pada wajan ), matikan api. Ragout siap digunakan.

Chicken & Corn Sandwich

Penyelesaian:
Ambil selembar roti, oles dengan bahan isi ( ragout ) kurang lebih satu sendok makan setelah itu celupkan ke putih telur dan gulingkan di tepung panir kasar. Siap di goreng. Apinya kecil aja ya, kecuali emang pengen digosongin kyak punyaku >_<

Roti Isi Ayam Jagung

Kak Uli, makasih ya resepnya !

6 comments:

Arfi Binsted said...

kelihatannya gampil dan enak ya, mae hehehe... sayang kami bukan pemakan roti. tapi barangkali nanti bisa beli deh buat acara roti isi seperti ini.

amalia said...

wah mae...alhamdulillah...cocok kan rasanya...sip deh..udah jadi jualan takjil blum??sukses terus yooo...

mae said...

to Arfi, iyah gampang mbak. Loh kenapa ga makan roti ? Thanks for stopping by :)

to Amalia, iya mbak, makasih byk ya resepnya. Taon ini ga jualan, lg refots ajah :) amiieen...

Zita said...

Mmmm... renyah, krenyes2 kayaknya, ya mae?... pake ketchup pasti mantep... puasa yg dipikir makanan terus... kacau deh aku... ;)

Gita Sonya Margareta Soedjito said...

waahhh,, sepertinya mudah dan lezat... ^_^ saya penggemar berat roti, dan kebetulan sekali menyukai yang jenis ini.. ^_^ kali pertama googling langsung masuk kesini dan sepertinya cocok n layak dicoba...

suwun share-nya ya mbak.. ^_^

;-) said...

hmmmmm, lumayan, mw cb ah....

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers