Friday, October 31, 2008

Kukis Hias Step by Step ( Versi ku )

Buat yang nanya kemaren gimana caranya bikin bentuk kukis yang cupcake itu, aku coba jelasin dikit ya. Semoga penjelasanku ini berguna dan mudah dipahami.

Bukan nya mau menggurui karena aku cuma mo sharing step by step waktu bikin kukis ini kemaren. Sebenarnya di Cookie Mind mbak Peni, sudah dijelaskan dengan contoh kukis Flunder ( ikan ), tapi berhubung bentuknya beda dan banyak yang belum paham, ya aku coba uraikan.



1 . Siapkan gambar / pola yang ingin dibuat. Bisa dari mana aja. Kebetulan kemaren ini dapat ide ( burger n cupcake ) dari buku Felt Craft ( Boneka Kain Flanel ) dirumah. Kalo yang gambar wajah, aku buat sendiri. Oya, pilih gambar yang tidak terlalu banyak detailnya.

2. Siapkan karton ( aku pake karton bekas susunya Tasya ). Untuk menghasilkan kukis yang ukurannya sama meski dengan motif berbeda, maka aku menyiapkan skala. Bukan skala perbandingan tap skala ukuran. Misalnya nih kukisku ini aku buat semua tidak lebih dari 5x5 cm. Maka kartonnya aku ukur dan kupotong sebesar 5x5 cm persegi. Dengan begitu semua kukis akan berukuran sama meski beda pola.

3. Salin gambar keatas karton persegi yang sudah dipotong potong tadi. Bila sulit, jiplak ajah, tapi itu berarti ukuran kukis nantinya sesuai ukuran gambar asli. Bila gambarnya cukup besar mungkin mudah, tapi bila terlalu kecil mungkin agak sulit.

4. Bila sudah, potong karton yang sudah digambar sesuai dengan garis luarnya ( outline ). 'Cetakan'nya sudah siap dipakai.

5. Bila adonan telah siap, gilas kurleb 1/2 cm, jangan terlalu tipis juga nanti mrothol ( apa sih bahasa indonya mrothol ). Tempelkan pola cetakan, lalu menggunakan ujung pisau kecil ( kalau punya pisau carving buah, bisa dipake tuh ) potong adonan mengikuti bentuk pola. Pindahkan ke loyang. Lakukan hingga adonan habis.

6. Setelah kue matang, dinginkan dulu sebentar. Siapkan glasur/ icing dan pewarna sesuai yang dibutuhkan. Misalnya untuk cupcake ini, aku pake 4 warna, yaitu, pink ( topping cupcake ) merah ( ceri dan highlight topping ), putih/polos ( paper cup ) dan biru ( untuk efek highlight papercupnya ). Bubuhkan pewarna dengan menggunakan tusuk gigi, tambahkan sedikit demi sedikit hingga ketajaman warna yang diinginkan. masukkan dalam piping bag, ikat kencang.


7. Oleskan mulai dari warna dominan dulu ( daerah yang memakai warna paling luas ). Mulai dari garis terluar, teruskan sampai garis terdalam, ratakan hingga menutupi semua bagian. Lanjutkan dengan warna untuk garis garis yang lebih sempit, misalnya garis batas, highlight atau detail yang kecil kecil.

8. Oven kembali dengan suhu rendah selama beberapa menit atau sampai icing mengeras. Dinginkan dan simpan diwadah kedap udara.

Kyaaa... Burger
Gimana apa cukup jelas ? Atau penjelasanku yang kurang jelas ? He he, semoga berguna yaaa... Kalau ada yang punya versi lain, monggo dong dibagi.

3 comments:

sefa firdaus said...

tfs Mae..
tau deh aku kapan bisa menghias :)
dulu sih suka gambar juga, tp semakin tua kok ya semakin gak kreatif sih :D

mae said...

aku jg dah lama gak gambar, rasanya jg dah gak kreatif lagi... makasih ya :)

Manyaro said...

Hi Mae, sori udah lama engga kunjungan ke blogspot kamu. Kukisnya cute buangett....apalagi yang gambar kepala anak perempuan....adorable buangett...
saya sich engga berbakat bikin kukis...paling makannya aza..:)

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers