Sunday, November 30, 2008

KBB #8 : Bitter Chocolate Peppermint Biscuits

Lama sekali tidak merasakan suasana petang seperti ini. Berada dirumah seusai Maghrib, menikmati tayangan televisi, santai bersama Tasya, ditemani suara rintik hujan dari balik jendela. Tidak lain karena hampir setiap malam, aku harus menemani suami menjaga warnet. Tapi malam ini suamiku 'berbaik hati' membebaskan aku dari tugas dinas malam. Benar benar nikmat rasanya, meski tetap terasa kurang lengkap tanpa kehadiran suamiku. Tapi tak apalah, dinikmati aja...


Ah iya, daripada bengong dirumah, nulis laporan aja. Laporan peer KBB #8 putaran ini, Bitter Chocolate Peppermint Biscuits. Panjang bener judulnya...

Sebelumnya sempat ramai di milis mendiskusikan resep ini. Beberapa kawan masing masing mengalami bermacam macam penyesuaian dan kendala dalam pembuatannya. Kebanyakan mengurangi komposisi gula, menambahkan komposisi tepung, beberapa ada yang adonannya melebar saat dipanggang, biskuit yang melempem setelah dicoating, dan coating yang retak setelah dimasukkan kulkas. Mendengar pengalaman teman teman, aku sempet ciut waktu mau praktekin resep ini. Tapi berhubung bikinnya agak agak telat menjelang akhir bulan, jadi aku mencatat semua penyesuaian yang dilakukan oleh teman teman. Untuk meminimalisir kegagalan. Maklum masih suka gagal urusan uji resep.

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
*ralat : Bitter Chocolate Peppermint Biscuit, kebalik naruh tulisannya ;D

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits
Source: Donna Hay for Canvas, NZ Herald.

Recipe :
185g butter, softened / 185g mentega, lunakkan ( di suhu ruang ), *aku pake butter dingin + margarin suhu ruang,...mae.
1 cup caster sugar / 1 cup gula kaster, * cuma pake 3/4 cup,.. mae.
1 egg / 1 btr telur
2 cups plain flour / 2 cups tepung terigu
½ tsp baking powder / ½ sdt baking powder
1 cup icing sugar / 1 cup gula tepung / gula halus
1 tsp peppermint flavouring / 1 sdt peppermint flavouring
2 Tbs water / 2 Tbs air
200g dark chocolate (70 % cocoa) / 200g dark chocolate (70 % cocoa), *pake coklat cooking biasa,.. mae
1 cup cream / 1 cup krim, *pake susu cair biasa,.. mae

Photobucket

Direction :

Preheat the oven to 180C. Place the butter and sugar in the bowl of an electric mixer and beat until light and creamy, add the egg and beat well. Sift the flour and baking powder over the egg mixture and fold through.

Panaskan oven, suhu 180C. Letakkan mentega dan gula di dalam mangkuk mixer dan kocok hingga ringan dan creamy, tambahkan telur dan kocok rata. Ayak tepung dan baking powder di atas adonan telur dan aduk hingga tercampur rata.

Gula dan mentega aku kocok dengan mixer kecepatan paling rendah selama kurang lebih 5 menit aja. Adonan cukup lembek tapi masih kuat untuk digiling. Asal pelan pelan, adonan tidak akan hancur saat digiling,.. mae

Photobucket

Gently knead the dough to bring together. Roll the dough between two sheets of baking paper to 2mm thick. Refrigerate for 30 minutes. Cut out 36 x 7 x 5cm rectangles. Place on baking trays lined with baking paper and bake for 56 minutes or until golden. Allow to cool on trays.

Uleni adonan dengan lembut supaya adonan tercampur rata. Gilas adonan di antara dua baking paper hingga tebalnya berukuran 2mm. Diamkan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong persegi panjang dengan ukuran 36 x 7 x 5cm. Letakkan ke atas loyang biskuit yang dialasi baking paper dan panggang selama 56 menit atau hingga kecoklatan. Biarkan dingin di atas loyang tersebut.

Adonan aku gilas di antara dua lapis plastik. Setelah di dinginkan, adonan aku cetak 5 x 2 cm, gak ngitung jadi berapa, pokoknya jadi 2 loyang ukuran 30x20.
Setelah cukup mengeras, adonan aku potong menggunakan pasta cutter. Tapi karena adonan keras, potongannya jadi tidak rapih, jadi aku menggunakan pisau zig zag untuk menyelesaikan adonan terakhir. Hasilnya lebih rapi. Setelah dipotong potong, bagian tengah ku tusuk tusuk dengan garpu. Aku membayangkan biskuit bourbon saat membuat biskuit ini. Aku pake alu foil buat ngalasin loyangnya, ga pake dioles mentega. Ngovennya cuma 25 menit ( 180degC pada 15 menit pertama, dan 160degC pada menit berikutnya ) dan hasilnya tidak melebar,.. mae

Photobucket

Combine icing sugar, peppermint flavouring and water, and mix until smooth. Set aside. Combine the chocolate and cream in a saucepan over low heat and stir until chocolate is melted and smooth. Set aside.

Campur gula tepung, peppermint flavouring dan air, aduk hingga licin. Sisihkan. Campur coklat dan krim di atas panci dengan api kecil dan aduk hingga coklat leleh dan licin tercampur rata. Sisihkan.

Karena aroma dan rasa mint yang cukup kuat, maka aku menambahkan esens mint dengan cara mencelupkan sumpit kedalam esens lalu mengadukkannya kedalam campuran gula. Rasa mintnya pas, dan tidak terlalu strong. Untuk coklat coating, aku tambahkan satu sdm margarin.

Sandwich three biscuits biscuits together with peppermint icing. Repeat with the remaining ingredients. Lightly grease a wire rack and place over a baking tray. Place the layered biscuits on a fork, dip each one into the chocolate mixture, place on the rack and refrigerate for 2 hours or until set.

Rapatkan tiga lembar biskuit dengan peppermint icing. Ulangi dengan sisa bahan. Olesi rak tipis2 dengan margarin/mentega dan letakkan di atas loyang. Letakkan biskuit di atas garpu, celupkan ke dalam adonan coklat, letakkan ke atas rak dan dinginkan di kulkas selama 2 jam atau hingga mengeras.

Photobucket

Biskuit hanya kubuat dua tumpuk agar tidak terlalu tebal. Setelah selesai diisi, semua biskuit aku letakkan dalam wadah kedap udara dan ku masukkan kedalam kulkas. Dalam keadaan dingin, biskuit segera kucelupkan kedalam coating, dan tiriskan diatas rak kawat. Sebagian langsung kuletakkan diatas plastik, ternyata dasar biskuitnya lebih halus dari pada di rak kawat, yang pastinya akan meninggalkan bekas kawat. Tunggu hingga coklat coating sedikit membeku, letakkan kembali dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas,..mae


*****
Bitter Chocolate Peppermint Biscuits

Tekstur biskuitnya sebelum diisi, renyah sekali. Tanpa isi dan coating, rasanya sudah sangat enak. Mirip biskuit Monde. Mirip bukan berarti sama persis ya, hahaha... Setelah di filling dan di coating, punyaku masih renyah meskipun tidak serenyah saat baru matang, tapi tidak sampai melempem. Coating juga cukup kokoh tidak sampai retak. Awalnya. Ternyata beberapa hari disimpan, coatingnya retak juga.

Bitter Chocolate Biscuits feat Elmo
Elmo instead Cookie Monster

Buat pecinta coklat dan biskuit seperti aku, biskuit ini cukup muasin selera banget. Apalagi coatingnya aku tebelin. Tapi sedari tadi ada mahluk kecil yang mengawasi biskuit ini. Dia sudah menjelma menjadi seorang Cookie Monster kecil yang siap melahap biskuit biskuit ku, hihi... Sebaiknya kuamankan dulu biskuit coklat ini. Buat dia, cukup yang polosan ajah. Iiiiih.... mama pelit !!!

Hmm...

14 comments:

MiNDY said...

ya ampyun Mae, rajin bener biskuit-nya dikasih gerigi gitu. selamat ya sukses biskuit-nya

Mira Assjarif said...

Toss! Biscuitnya ditusuk-tusuk pake garpu. Tapi itu doang yang sama. Yang lainnya punya gue acak-acakaaan. Hehehe..

Fotone mantep Mae! Gimana caranya tuh foto diri sendiri? Want to knooow.. Want to knoooow... (uh dasar baweel)

Dita said...

yg makan Tasya ato kamu Mae? ;) hehehe.....congrats ya udah menyelesaikan tugas.

Sofie said...

rajin bangettt.. bergerigi biskuitnya :D

eliza said...

udah abis biskuitnya Mae? :)

Andrie Anne said...

Waaa foto2nya makin cantek..sukses biskuitnya..nyem nyem..

Bee Brownies said...

photonya kerennn bgt mbak..:)

Ine Sena said...

putuna bikin pengen nyolek coklatnya...

niftiventin said...

aseliiiii terpesona dg laporannya jeng...enak bener diikuti

foto2nya dahsyaaatt bikin ngiri

dan yg pasti biskuitnya rapiii booo

mae said...

Mindy : buat variasi aja mbak, makasih ya !

Mira : Toss Mir, hahahaha jangan ditiru atuh Mir, itu kan foto iseng bin numpang mejeng, wekekeke... :D

Dita : Tasya yang makan, tapi banyakan aku, kikikiki, suka deh pokoknya... thanks ya mbaaak :)

Sofie : makasih ya mbak Sofie :)

Eliza : Udaaaah....

Andrieanne : tararengkyu ya mbak Anne... :)

Bee brownies : Makasih :)

Ine sena : terlambat ! udah abis, hihihi...

Nifti Ventin : muakasih mbak Ventin, aduuh mananya yang rapi, aslinya belepotan semua :)

~Atiek~ said...

Fotonya keren Mae..
Makin canggih aja nih..

tie said...

Mae... Photonya keren abiiissss hebat ih banyak banget kemajuannya ;)

Ike Hermawan said...

Maeeee....mau donkkk...ga bagi2..hikss...

amalia said...

hiks...kapan bisa bikin foto kayak mae...keren abis..

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers