Tuesday, December 9, 2008

Donut With Thick Dough

Dapat resep donat lagi. Kali ini yang bikin aku ngebet pengen nyoba adalah karena adonan donat ini cair atau kental. Jadi gak perlu diuleni. Liat resepnya di Tabloid KoKi terbaru. Kalo soal ide, menurut aku, KoKi selalu top deh *nah lo kok pake bawa bawa nama brand, iklan kali...*

Jadi minggu pagi, saat yang tepat, untuk membuat donat sebagai sarapan. Actually, I didn't make it that day. Aku bikin adonannya hari sabtu malam, sekitar jam delapan-an. Trus adonan aku simpan di kulkas ( bukan freezer ) semaleman. Keesokan paginya, adonan siap digoreng. Sreng.. sreng.. donat hangat siap disantap bersama secangkir kopi susu. Aih nikmatnya tiada tara.... *lebayy mode on*

Let's see how I made it.

Donut with thick dough

Donut With Thick Dough
( Resep Asli : Donat Cair )
Sumber : Tabloid KoKi edisi 00137 / Desember 2008

Recipe* :

300 gr tepung terigu

1 sdm susu bubuk
2 butir telur ayam
100 gr gula
7 gr ( 1 sdm ) ragi instan
50 gr mentega, lelehkan
325 ml air hangat ( aku pake air suhu biasa,.. mae )

Direction :

Ayak terigu dan susu bubuk, sisihkan. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang. Tuang air hangat, tambahkan ragi instan. Lalu masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit. Aduk perlahan hingga rata.

Diamkan adonan selama kurleb 45 menit ( aku masukkan kulkas semalaman,.. mae ). Masukkan mentega cair, aduk kembali hingga rata. Masukkan kedalam plastik segitiga.

adonan donat setelah didiamkan

Panaskan minyak, celupkan cetakan donat, angkat lalu semprotkan adonan donat dalam cetakan. Goreng hingga matang. Angkat, tiriskan dan dinginkan.
Hias sesuai selera. Sajikan.


Aku beli cetakan donat ini mungkin sekitar dua tahun lalu waktu ada bazar produk Jepang di Plasa Araya Malang. Tanpa pikir panjang, langsung beli, padahal belum tau mo dipake apa. Ternyata memang tidak terpakai sama sekali. Karena tiap kali aku bikin donat ( dengan adonan biasa ) setelah dicetak dan didiamkan, adonan langsung dicemplungin aja kedalam minyak. Sempet mikir, ini ngapain dulu beli ginian. Dan akhirnya cetakan ini aku simpan dirak paling bawah lemariku, hampir tidak tersentuh sejak pertama kali aku beli.


Dan kemarin, akhirnya tuh cetakan ku perawanin juga, hihihi. Kalo gak punya bisa pake loyang tulban kecil yang dipasangin gagang. Baik textur maupun rasa, semua hampir sama seperti donat pada umumnya. Adonannya mirip sekali dengan adonan pisang goreng atau pukis. Saat baru matang, hasilnya agak kering, tapi bila sudah dingin, lumayan empuk kok. Satu satunya kelemahan adonan ini adalah, saat adonan mulai over proofing. Hasil gorengannya tidak bisa mulus dan bulat, melainkan berongga besar dan pipih.


Secara keseluruhan, donat ini tidak lebih istimewa dari pada donat biasa. Tapi lumayan lah kalo lagi pengen donat en males nguli. So, wanna try ?

*) separuh dari resep asli. Separuh ini aja sudah cukup banyak hasilnya.

11 comments:

Mira Assjarif said...

wadaaaw.. monster Donaaat beraksi lagiiiii!!

Eh beda banget yah resepnya. Nyeleneh juga nih. Belum mau nyoba ah. Masih jatuh cintrong sama resep mama gaby. hehehe..

Btw gapapa tuh didiemin di kulkas semaleman?

Kedai Rachmah said...

huaaa, laperrr...kok nggak nyampe rumahnya, padahal kalo masih anget2 gitu kan enyak banget dimaemnya !

Elsye said...

kekekekek samaaan kita bikin donat, tar gue coba yang ini mae..:P

Indonesia-Eats said...

Nice compo, Mae!

mae said...

to Mira : xixixi kangen bikin donat Mir, dah lama gak bikin :) Gapapa kok didiemin kulkas.

to Rachma : telat mbak, gak kumanan !

to Elsye : iyah mbak, toss ! ayo ayo dicoba :)

to Indonesia-Eats : thank you !

Pipit said...

Menarik sekali resepnya. Pas bgt buat aku yang suka donat tapi males bgt nguleninya. Klo cuma pake sendok sayur biasa bisa gak ya?, aku belum punya cetakannya, atau ada alternatif yang lain? TFS ya Mae

mae said...

bisa kok, ayo dicobaaa...

Amina Zamhuri said...

Mbak Mae.. lam kenal nih, duh blognya cakeb bangett..., di Gresik mana nih? Bagi2 ilmu dong....

Amina Zamhuri said...

Mbak Mae.. lam kenal nih, duh blognya cakeb bangett..., di Gresik mana nih? Bagi2 ilmu dong....

Retno Prihadana said...

jadi kepengen donaaatt :)

Ike Hermawan said...

mau cetakannyaaaaa....:(

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers