Tuesday, December 9, 2008

Basic Buttercream Cake Decorating Course

I've been longing so long for this day, when I, finally, got my very first cake decorating course.

Kemarin, bersamaan dengan Hari Raya Idul Adha, disaat umat muslim sedang bersukacita membagi bagikan kurban, aku mendapat kesempatan mewujudkan salah satu dari daftar wish list ku selama ini. Kursus Dekorasi Cake Tingkat Dasar. Akhirnya, aku coret juga dari daftar.

Kelas privat yang bertempat di dapur rumahku, diajarkan oleh Mbak Monica yang baik dan sabar. Kelas diawali dengan pengenalan bentuk bentuk dekorasi butter cream, setelah dicontohkan satu demi satu, aku kemudian mempraktekannya. Meski awalnya tampak mudah, ternyata menyemprotkan butter cream dengan berbagai variasinya ternyata tidaklah mudah. Selain belum terbiasa memegang kantong spuit, aku juga belum terbiasa membuat bentuk bentuk dari semprotan tersebut. Mbak Monica dengan sabar menuntun dan membimbing tiap kali aku melakukan kesalahan. Yang paling berkesan, adalah saat dimana aku belajar membuat mawar dari buttercream. Ini adalah bagian paling sulit. Tapi paling menyenangkan.

Setelah selesai mempraktekan beberapa teori dasar dekorasi, aku pun mulai beralih ke bidang latihan berupa kerucut tumpul dari gabus yang tidak lain adalah dummy cake berbentuk gaun boneka. Dalam bayanganku, dummy tersebut akan kuhias dengan penuh renda. Nyatanya, membuat renda bertumpuk amat sangat sulit. Terutama menstabilkan lekukan dan lipatan renda. Karena belum stabil, renda yang kubentuk tidak bisa lurus, sebagian masih bolong bolong, dan beberapa masih tebal tipis lekukannya. Jadi dipertengahan, aku memutuskan untuk menyelesaikan bidang yang tersisa dengan semprotan bintang kecil. Yang ini aja, sudah cukup membuat tanganku tegang dan pegal.


mae-barbie2

Barbie cake sudah selesai. Makan siang juga sudah selesai kami nikmati bersama. Akhirnya sampai kepuncak pertemuan kami kali ini, dimana aku harus mendekor sebuah cake sungguhan dengan buttercream sungguhan pula. Sebuah lapis surabaya bundar berukuran 20 cm yang dibawa mbak Mon, menjadi bidang latihanku kali ini. Tiba tiba aku disergap perasaan gugup dan panik. Gimana kalo salah ? Gimana kalo jelek ? Gimana kalo gak rapi ? Trus modelnya gimana ?

Karena bingung menentukan model, aku mencari ide model dari buku cake yang kumiliki. Aku memutuskan untuk membuat cake yang simpel, dengan warna warna yang simpel, dan dekorasi yang simpel pula. Hampir sejam berlalu ( mungkin lebih ) dan aku berhasil menyelesaikan cake tersebut, meski melalui beberapa kecelakaan. Aku menghembuskan nafas panjang, seakan akan beberapa menit sebelumnya aku tak bernafas karena tegang. Meski baru pertama, dan meski belum sempurna, tapi aku merasakan semangat dan kesenangan luar biasa melakukan aktivitas ini.


mae-cake3

Masih banyak latihan yang harus kutempuh untuk mencapai kesempurnaan. Setelah mahir menguasai buttercream, kursus dekorasi cake dengan fondant sudah aku tambahkan dalam daftar keinginanku. Menanti untuk segera diwujudkan.

Other photos, click here.

9 comments:

Ike Hermawan said...

rapiiiiiiiii banget...dekornya...keahlian tgn menentukan pisan...ck ck ck...
ntar kita bikin bakery aja yuuukss..:))

Mira Assjarif said...

huwaaa.. baru bisa lihat gambarnya dengan jelas sekarang. rapih banget atuh ini maah. dasar lu emang udah bakat jadi tukang kue. buka toko sonooooh!

Foni said...

wah baru kursus hasilnya rapi itu mawarnya.
mbak, kasih info ttg masukin spuit ke piping dong gue bingung deh...
posisi spuit diluar apa didalem bag sih?

mae said...

Ike : ah teh Ike bisa aja, makasih ya teh,...:)

to Mira : hihihi, klo lu jd pengunjungnya, gw kasi diskon deh Mir :)

to Foni : makasih ya, ini masih belajar kok...

penggunakan piping bag utk BC, diperlukan 2 lapis bag. Bag pertama untuk BCnya, bag kedua untuk spuitnya ( posisi spuit didalam bag ). Masukkan bag pertama ( berisi BC ) yg sudah dipotong ujungnya, kedalam bag kedua berisi spuit. Tutup rapat ujung yang terbuka, dan BC siap digunakan :) semoga jelas ya...

Anastasia said...

decor yg beauty banget di barbienya hehee.. :)
kursus di mana nih? aku jg pengen kursus gitu biar lebih sabar hehe..
-Na-

samira said...

haloo mbak mae.... aq fansmu mbak....aqmo nanya nich,,mbak mae jago banget bikin kue tuh kursus ya? salam kenal.... nb

Mario said...

Mbak, salam kenal.
Mau tanya, kalau mau kursus sama Mbak Monica gimana caranya ya? Makasih.

sarny sarapil said...

mba, ada ngak alat2 dekor cake yang dijual set/

sarny sarapil said...

k lo ada berapa mba+ongkir?

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers