Wednesday, February 18, 2009

Tempe Sambal Kencur

Salah satu kewajiban seorang istri adalah menyiapkan hidangan untuk semua anggota keluarga dirumah. Jujur, saya masih belum termasuk istri teladan dalam mengerjakan kewajiban yang satu itu. Apalagi kalau disuruh masak tiga kali sehari, alamak, bisa seharian didapur. Tapi, biar cuma masak seadanya, tiap hari tetep harus masak. Meski cuma sekali, juga tetep harus dikerjakan.

Kalau ditanya sih, sebenernya paling males disuruh masak. Apalagi kalo lagi mati ide mo masak apa. Keluar deh jurus pamungkas, beli aja deeeeh...

Sama seperti hari ini, bingung mo masak apa. Terus ngintip ngintip dapur tetangga *kedip kedip*, pengen tau masak apa hari ini. Ting. Langsung dapat ide. Idenya juga gak jauh jauh dari yang dimasak tetangga. Catet : ngintip tetangga adalah jurus ampuh buat nyari ide.

Indonesian : Tempe Sambal Kencur

Tempe Sambal Kencur

Sumber : Tabloid Nova jaman gak enak...

Bahan :
1 bungkus Tempe, potong potong, goreng hingga kering
1 ikat Daun kemangi, siangi ( ambil daunnya ajah,.. mae )

Bumbu :
5 bh cabe merah / keriting
3 bh cabe rawit ( atau lebih, sesuai selera,.. mae )
1/2 sdt terasi matang
1 sdm gula merah yang sudah diremukkan/ dihaluskan
( +/- ) 5 cm kencur ( bisa diganti jahe klo ga ada,.. mae )
Garam secukupnya

Direction :
Tumbuh tempe yang sudah digoreng hingga hancur dan menjadi remah remah. Sisihkan

Tumbuk semua bumbu sedikit kasar. Tumis bumbu diatas wajan dengan sedikit minyak panas, aduk hingga harum. Masukkan gula merah dan aduk hingga menjadi karamel ( tambahkan sesendok air bila diinginkan ). Masukkan tempe lalu aduk segera hingga rata. Masukkan daun kemangi, lalu aduk cepat hingga daun layu. Matikan api. Hidangkan. Bila menyukai daun yang masih sedikit segar, matikan api sesaat setelah daun kemangi dimasukkan, lalu aduk hingga rata ( dengan posisi api telah padam ).

Sebenernya udah sering bikin ini. Tapi karena sering bikin jadi terlupakan. Eh, sekarang inget lagi *kemaren kemaren kena amnesia*. Bikinnya sih, super duper gampang. Rasanya juga, Indonesah banget deh. Paling enak dimakan sama nasi anget kepul kepul sebakul.

Sayur Asem Omahan

Ohya, ada sayur asem juga yang menemani hari ini. Meski gak nyambung sama sambel tempenya, tapi disambung sambungin aja deh. Ada satu pelengkap lagi, yaitu ikan asin bulu ayam yang gak sempet kejepret. Kalo dah gini, cepet cepet deh masak nasi lagi.

5 comments:

Ike Hermawan said...

bikinin donk...mauuuu...mauuuu....tempe mahal disini...sekotak tempe sama sekilo daging ayam sama harganya...:((

Elsye said...

aku contekkk ya mae...ngilerrr...

MiNDY said...

duh.. masak 3x/hari? mendingan dibilang bukan istri yg baik dweh daripada direfotin gitu.. hihihii

kangen makan tempe jadinya. klo sut punya tempe, pastinya resep ini akan ta' contek.

Mira Assjarif said...

iya.. 3kali sehari? waduh kalo gue mah gempoor dan udah lari ke warung nasi di belakang kompleks. :D :D

maedapur said...

@ Ike, aaah teteeeeh, klo bisa dikirim pasti kukirim deeh...

@ Elsye, catet mbak dicatet :)

@ Mindy, jadi pada kangen tempe ya... hihihi...

@ Mira, gw ikutan Mir klo lu kewarung sebelah *kedip2*

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers