Thursday, April 30, 2009

MasBar : ( Bukan Bubur ) Gempol


( Haduh maksa pulak judulnya ! )

Senengnya, akhirnya kesampean juga ikutan Masak Bareng yang di prakarsai oleh Ayin, Deetha dan Shinta. Secara dah dari duluuuuu banget pengen ikut, tapi apa daya suka telat karena lupa.

Bulan ini hampirrr aja lupa, untung diniatin bener bener jangan sampe lupa, meski akhirnya last minute juga :D

Trus, bikin apa neh ? Hehe, denger kata jajan dari beras langsung inget sama jajanan jaman kecil dulu. Jajanan ini juga belum pernah aku temukan didaerah lain. Namanya Gempol. Bulatan sebesar bola bekel yang dibuat dari tepung beras dan disajikan dengan kuah santan encer mirip kuah dawet. Sampai sebesar ini, jajanan ini hanya aku temukan di Gresik, kota kelahiranku.

Waktu searching di Google, ternyata ada juga bubur yang bernama sama. Sekilas tampak sama, tapi setelah dicermati, perbedaan terletak pada 'kuah'. Bubur gempol disajikan secara bubur. Tepung beras yang diolah dan dibentuk sebesar kelereng itu, disajikan dengan bubur gula merah kental dengan saus santan, atau sebaliknya, disajikan dengan bubur santan kental dengan saus gula merah.

Sejenak ingin bernostalgia, aku tiba tiba pengen banget bikin gempol ini. Sayaaaang, waktu tanya ke nenekku yang udah seperti gudang resep buat aku, ternyata nenek juga gak tahu resepnya. Huwaaaa... piyeee ??? Tak mau patah semangat, aku coba lagi searching tentang si Gempol ini, dan balik lagi resultnya ya mengarah ke bubur gempol. Ya udah, gak ada salahnya dicoba...

Dan, taraaaa ini Gempolku.

Gempol

Resepnya disadur dari sini, dengan sedikit modifikasi terutama di kuah dan saus. Aku tidak menggunakan keduanya, melainkan kuganti dengan kuah santan encer.

Gempol

Bahan A :

125 gr tepung beras , perciki dengan air hingga lembab, kukus 15 menit
100 gr kelapa parut, setengah tua
20 gr tepung kanji ( hati hati jangan sampe kelebihan )
100 ml air pandan suji yang diblender, aku pake air biasa + esens pandan
1 sdt garam halus

Kuah :

500 ml air
2 bungkus santan instan kemasan kecil ( segitiga )
50 gr gula merah, bisa dikurangi kalo dirasa kemanisan
25 gr gula pasir
1/4 sdt garam
2 lembar daun pandan, simpulkan

Cara membuat :

Campur bahan A hingga tercampur rata, lalu bulatkan sebesar kelereng ( punyaku sebesar bola bekel ). Panaskan air hingga mendidih, lalu rebus hingga bola bola mengapung, angat, tiriskan dan sisihkan.

Kuah :

Panaskan air , daun pandan dan gula, lalu didihkan hingga gula larut. Masukkan santan, dan aduk cepat lalu matikan api.

Sajikan gempol dengan kuahnya.

Hasilnya, jauuuuuuuuh dari yang kupikirkan. Sama sekali tidak mirip dengan gempol yang biasa aku makan di Gresik. Beda, tapi tetep enak. Cuma kayaknya aku masukin tepung kanjinya kebanyakan, jadi kenyal banget. Satu lagi, warnanya kecoklatan, gempol yang biasa aku makan warnanya putih bersih. Mungkin emang lebih bagus ikut resep asli, dengan menambahkan daun suji.

7 comments:

Masak Bareng said...

Makasih ya Mae udah ikutan Masak bareng...
Btw itu gempolnya beda sama es gempol semarangan ya... kalo gempol semarang dari beras menir bulet-2 gitu ama plered.... langka banget sekarang hiks... susah nyarinya

Udah ikutan vote blom untuk bulan depan

Salam
Team masak Barreng
Ayin

deeTha said...

sendokmu lucu, rek...
wkwkwkwk

trims yo wes melok masbar :)

Ike Hermawan said...

baru tau ada makanan bernama gempol, di bdg ada jalan nama nya gempol sari. hehe...
enak ya Maeeee....

Sofie said...

mirip candil gitu ya Mae?
wah bener tuh kata mba Ike, sy sih malah ingetnya ada tukang kupat tahu di jl.gempol jadi disebut Kupat tahu gempol.. hehehe.. *komen yang ga penting..:P*

Esti said...

Ini makanan nostalgia...aku jadi pengen membuatnya. Makasih ya Mae

J said...

salam kenal mbak, bagus banget foto2nya! bikin ngiler beneran :)

ngesti_cherub said...

mbak... aku juga inget sama ini jajanan gempol waktu aku masih kecil, terakhir makan kira kira dah 25 tahun yang lalu dech kayaknya....

gempol yang aku makan itu putih bersih sama santan, dan bulatan2 nya kalau dimakan rada kasar terus rasanya gurih banget... kira kira dimana lagi ya kita bisa nemuin makanan ini, 2 tahun yang lalu sich aku sempat lihat orang jualan gempol didepan pasar atum surabaya, tapi orangnya cuman lewat sich, andai waktu itu ada tempat parkir mobil,....

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers