Monday, April 27, 2009

Wiskul Food Monster Part. 1

Alhamdulillah, Minggu 26 April kemarin, saya dapat ikut serta dalam event Wisata Kuliner bersama milis FoodMonster Surabaya, salam rangka merayakan ulang tahun ke dua milis pecinta makan tersebut.

Senang dan bersemangat. Demikian yang saya rasakan sejak awal event ini diumumkan dimilis. Meski sempat berada dalam ketidak pastian antara ikut atau tidak, akhirnya saya bisa berdiri diantara monster monster lain hari itu.

Adapun tempat tempat 'wisata' yang akan kami kunjungi antara lain : Sate Kelapa Ondomohen ( Bu Asih ) Surabaya, Pabrik PT. Kelola Mina Laut ( Gresik ), Otak otak Bu Muzanah ( Gresik ), Pudak Sari Kelapa ( Gresik ) Nasi Krawu Buk Tiban ( Gresik ), RM Pak Elan ( Gresik ), dan Warung Jumbo khas Timur Tengah di kawasan Ampel Surabaya.

1. Sate Kelapa Ondomohen / Sate Bu Asih

Berangkat sekitar pukul 07.30 dari meeting point di Mc.D Basuki Rachmat pagi itu, kami segera meluncur dalam tiga kendaraan, menuju kawasan Walikota Mustajab atau juga dikenal sebagai Jalan Ondomohen. Tidak lain untuk menikmati Sate Kelapa sebagai 'hidangan pembuka' kami hari itu.

Kawasan Walikota Mustajab Surabaya, atau dikenal dengan Jalan Ondomohen. Kalau saya biasa menyebutnya dengan Jalan Iyup ( iyup = teduh ).

Gang yang ditempati sebagai warung itu sudah penuh oleh antrian pengunjung. Asap tebal mengebul dari pembakaran sate, persis didepan warung utama. Semua meja yang disediakan sudah penuh. Kami terpaksa bergabung dengan pengantri lainnya, untuk menunggu giliran kami mendapat jatah sarapan.

Kurang lebih 30 menit, waktu yang cukup bagi kami untuk menunggu, sampai pesanan kami diantar. Beruntung kami mendapat meja, hasil 'nyanggong' pegunjung sebelum kami. 70 tusuk sate kelapa, 8 porsi nasi dan beberapa botol minuman memenuhi dua meja kecil yang kami tempati.

" Cepat dihabiskan, sebelum gajihnya keras lagi " Begitu kata pembuka dari ketua rombongan, mbak Lia.

Segera kami menyantap habis nasi sate yang sudah terhidang, dan sesaat kemudian perut ini sudah penuh, siap untuk melanjutkan perjalanan kami selanjutnya menuju kota Pudak, Gresik.

2. PT. Kelola Mina Laut, Gresik

Hampir 45 menit waktu yang kami tempuh untuk sampai ke kota Gresik. Tepat pukul 09.30, sejam lebih lambat dari jadwal seharusnya, kami sudah berada di pelataran parkir Wisma Ahmad Yani di lingkungan gedung Semen Gresik. Tidak berapa lama, pasukan kami digenapi oleh mbak Ani sekeluarga yang sekaligus akan menjadi guider kami selama menyusuri kota Gresik.

Tujuan pertama kami di kota kecil ini adalah PT. Kelola Mina Laut. Sebuah pabrik pengemasan dan pengolahan pangan hasil laut yang terletak disekitar kawasan industri Petro. Sayang pada hari Minggu, pabrik sedang tidak beroperasi jadi kami tidak dapat berkunjung dan melihat secara langsung proses pengolahan ikan. Jadi kami beralih ke sebuah kedai kecil atau yang biasa disebut showroom, sebuah toko mungil yang menjual aneka produk olahan maupun produk prepackage dari pabrik ini. Seingat saya, terdapat tujuh buah freezer case yang berisi aneka produk olahan dan beku seperti nugget, sosis, bakso, fillet ikan, udang matang, ikan utuh, maupun ikan potong yang semua sudah dikemas dan dalam kondisi beku. Selain produk olahan beku, pada bagian tengah toko juga terdapat beberapa rak yang memajang aneka krupuk mentah, krupuk matang dan snack snack ringan lainnya.

Segera saja, ibu ibu peserta rombongan sibuk berbelanja, memilih milih dan memenuhi keranjang belanja dengan barang belanjaan. Kegiatan ini tentu menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi semua yang datang hari itu.

Bu Ketu yang paling sibuk belanja...

Puas melampiaskan hasrat berbelanja bahan makanan laut, kami segera meneruskan petualangan kuliner kami menuju kawasan Sindujoyo yang terkenal sebagai pusat oleh oleh dan jajanan khas Kota Gresik.

Ada apa saja disana ? Nantikan laporan berikutnya....

( bersambung... )

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers