Tuesday, January 5, 2010

Kue Lontar ( Egg Tart / Rhum Tart )

Pernah denger Kue Lontar ? Mungkin yang tinggal di Indonesia bagian timur sudah familiar dengan kue ini. Bagi yang belum pernah denger, Kue Lontar tidak lain tidak bukan adalah Egg tart atau Pie Susu ( nama aslinya sih Rhum Tart )

Aku sendiri belum menemukan sejarah mengapa Pie yang satu ini disebut Kue Lontar. Satu satunya yang aku tahu hanyalah, kue ini dibuat beralaskan piring Lontar ( Piring cekung dengan lukisan ikan didasarnya ). Konon sih piring ini cuma ada di Papua, tapi tidak menutup kemungkinan, piring ini ada juga didaerah lain, hanya mungkin tidak semudah mencarinya di Papua. Aku sendiri mendapatkan piring ini dari nenekku, yang merupakan warisan turun temurun dari buyut buyutnya. Karena kebetulan beliau punya selusin, jadi aku meminta satu untuk kusimpan ( waktu masih di Papua, aku tidak terpikir untuk membeli piring ini ).

Membuat kue ini tidak lah sulit. Sama seperti membuat pie pada umumnya. Hanya jangan kaget dengan rasanya, karena kue ini mempunyai ciri khas rasa yang amat sangat manis, yang berasal dari 1 kaleng susu kental manis. Jadi bagi penyuka kue bercita rasa manis, kue ini cocok untuk memenuhi selera kita. Sedang yang tidak terlalu suka kue manis, bisa mengurangi komposisi susu kental manisnya.

Kue Lontar ( Egg Tart / Rhum Tart )

Kue Lontar ( Egg Tart )

Kulit :
100 gr margarin ( 1/2 sachet )
150 gr tepung terigu

Isi :
1 kaleng susu kental manis ( paling enak pake cap Carnation, manisnya ga eneg, ..mae )
1 kaleng air panas ( gunakan kaleng bekas susu kental manis, ..mae )
8 butir kuning telur, kocok lepas
1 sdt vanilla extract ( aslinya pake rhum essence, tapi kuganti vanilla ajah, ..mae )

Cara membuat :

Panaskan oven hingga mencapai suhu 180 derajat. Sisihkan.

Kulit :

Campur semua bahan hingga menyatu, bila terlalu lunak tambahkan tepung sedikit saja. Giling tipis, lalu pindahkan ke piring lontar yang sudah diolesi margarin. Sisihkan.

Isi :

Campur semua bahan, aduk rata. Saring langsung kedalam kulit/ piring. Oven dalam suhu 180 derajat C selama kurang 15 menit, lalu turunkan/ kecilkan apinya hingga 160 degC selama kurang lebih 45 menit. Lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

Kue Lontar ( Egg Tart )

Kue ini aku buat untuk adikku, yang seorang penggemar berat kue lontar.

10 comments:

Ardna said...

mba mae, waduuuh tambah canggih aja nih both photograhpy and cooking skillnya. aku jd semangat masak lagi stelah baca blog mba :)
semangat terus yaaa!! :D

My Claytopia said...

mba, boleh tau nggak piring lontar itu bisa dibeli di mana?

trus untuk pembuatan bisa pake microwave aja?

mae said...

sejauh ini hanya pernah saya temukan didaerah Papua, mungkin ada juga ditoko2 perangkat makan, tapi saya jg gak tau pasti sih...]

Klo pake microwave, blm pernah nyoba :D

My Claytopia said...

Mba, selama ini pake oven apa? oven sembarang aja bisa? bahannya gampang tapi ovennya susah, gosong-gosong deh

Vthree Jutheck said...

wah .. akhirny ad yg tau juga kue lontar :)
jadi kagen makan kue ini ...
syg di bandung gg ad :(

saninten said...

Ijin nyontek resep ya. my partner love this cake and I want to suprise him by baking this pie. Unfortunately i do not know Piring Lontar but i guess we can use other kind of plate. Anyway, thanks.

Tetty said...

Hi mbak.
Waduuh senengnya, akhirnya ketemu juga resep kue lontar dii blognya mbak :D.
Kebetulan dii papua kue ini popular banged, especially dii kota Fakfak (salah satu kabupaten ϑί papua barat).
Dii sana kue lontar merupakan kue wajib saat Natal maupun Idul Fitri, setiap door to door mesti ketemu ma kue ini.
Kebetulan aq gedenya dii Fakfak so aq tahu kek gimana apresiasinya masyarakat Fak2 buat kue Lontar.
Neeh aq ge membakar kue lontar nyambi posting komen dii blognya mbak.
Suksees yaah mbaak maee.

ataru_mrq said...

pele kue lontar e...

sa pu kangen saja.. lama tra makan nie kue sampe ...


klu di mroke tiap hari tinggal buka kulkas klu mo makan nie kue :p

ataru_mrq said...

eh tpi recipe nya kita kok dikit beda ya ??

ada tambahan dari syaa nie kak's mae :p
klu ngga salah ingat biasanya sa klu pake kuning telur 1 gelas loh..

trus klu kulit lontar biasanya, setelah di campur bahan untuk kulit.. lalu cetak di piring lontar pake tangan. tapi sebelum di cetak di oles mentega sama ditaburi tepung sdkt dulu di piring lontar biar tidak lengket nanti waktu potong kuenya :p

semua keluarga ku punya oven listrik untuk buat kue lontar :o

bentuk nya bulat ada kaca di tengah.. klu masak kue lontar ngga pke waktu tapi biasanya di liat aja uda masak apa belum :p

Riran said...

setau sy sih #lahir+besar di papua ;) ,
sejarah kue ini awalnya dr zaman belanda, dlm bhs Belanda kue ini disebut Rondtart(kue bundar) dibakar di piring khusus keramik zaman dlu *bukan sprt piring keramik yg sekarang loh :)
dan maaf, nama pring tsb bukan lontar ;) piring tsb lah yg menyesuaikan nama dr kue ini ;)
Namun krn masalah lafal pngucapan akhirnya kue tsb menjadi "Lontar" di lidah orang papua

Kue ini pun diwariskan turun temurun di papua sejak zaman Belanda dan selalu ada di tiap Hari Besar khususnya hari lebaran, *point penting* kue ini awalnya dr kota fak-fak, papua, yg mayoritas penduduknya muslim) dan berkembang ke seluruh papua pd akhirnya, hingga keluar papua, dan dimodifikasi dgn nama yg lain :)

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My Photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers