Saturday, February 4, 2012

Trial : Cake Pops

Ini sebenernya udah saya buat Oktober tahun lalu. Tapi baru sempet posting laporannya sekarang *kebangeten yah*

Cakepops!

Cake pops ini saya buat untuk memenuhi rasa penasaran saya, karena sebelumnya saya sudah pernah diajari membuat cake balls oleh seorang kawan. Dan kali ini pengen nyoba dalam bentuk pops.

Bahannya cukup mudah diperoleh atau dibuat sendiri. Untuk cake dasar, bisa pake cake jenis apa aja ya. Bisa buttercake, mudcake, brownies, brownies kukus, rvc, apa aja deh. Tapi untuk jenis cake yang spongy mungkin kurang cocok ya.

Kebetulan saat itu punya sisa Red Velvet Cake, jadi langsung diolah aja. Bikinnya cukup mudah, cake kita hancurkan, campurkan dengan frosting apa saja ( butter-based, jangan yang mengandung whipped cream ), bisa juga dicampur selai, buttercream, atau ganache. Saya tidak menggunakan perbandingan atau takaran tertentu. Asal cake sudah bisa dipulung dan tidak remah, maka sudah cukup.



Bulatkan 'adonan' cake tersebut menjadi bola bola kecil, lalu diamkan dalam kulkas kurang lebih 1 jam atau hingga cake balls mengeras.

Sementara itu lelehkan cooking chocolate ( saya pake dark compound ). Keluarkan cake balls dari dalam kulkas. Siapkan stik loli, celupkan ujungnya, lalu tusukkan pada salah satu cake ball. Ulangi hingga semua cake balls habis. Sisihkan.

Untuk coating, bisa pake coklat apa aja ya. Boleh yang putih, pink, milk, dark, coating, etc. Mau coklat yang sudah diwarnain sendiri pun oke. Sebaiknya coklat di-temper dulu ya. Maksudnya setelah leleh dibiarkan sebentar sambil diaduk sesekali hingga mencapai suhu ruang ( tidak panas tapi masih bisa mengalir ). Ini agar lapisan cake ballsnya nnt mulus dan tidak terlalu tipis. Untuk mengecek suhu yang pas, celupkan jari kelingking ke dalam coklat. Bila sudah tidak terasa panas, maka coklat sudah pas untuk coating.

Ambil salah satu cake balls yang sudah diberi stik, celupkan perlahan dalam coklat, angkat, putar hingga lelehannya berhenti menetes. Tusukkan pada gabus dalam posisi berdiri. Biarkan hingga coating mengeras. Hias sesuai selera.

Cakepops too!

Berhubung ini pertama kalinya membuat cake pops, hiasannya sederhana banget. Cuma sprinkle dan drizzle disana sini. Tapi sudah cukup untuk memuaskan rasa penasaran saya.

Jadi, buat yang penasaran, coba yuuuuuk :)

5 comments:

Shirley said...

Tutorialnya juelas las las. Thanks for sharing ya Mae.

Bu Guru cantik, ini aku kirimin Liebster Blog Award. Badge bisa dicollect di sini:
http://dapursolia.blogspot.com/2012/02/liebster-blog-award.html

Ditunggu tutorial bikin figurine jilbab ya *nyengir

Bundanya Dykta said...

mbak, saya kan awam banget nih hehehe frosting apaan ya? bentuk nya gimanah? thank you

mae said...

Makasih mbak Shierlyyyyy, i'll surely grab the badge !

@Bundanya Dykta, frosting itu sebutan untuk krim yang biasa disemprot diatas kue mbak.

deandraayu said...

cantik banget mbaaaaaa :) always love your post!

Ramadhani Koes said...

Kak tanya dong..
Gimana sih caranya ngelelehin coklat yg bener yg hasilnya tuh bisa bener2 encer gituu..
Aku sdh pernah coba tapi jadinya kental sekali seperti susu kental manis yg kalengan itu.. Pas itu aku pake coklat putih compound merk Alfa

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers