Monday, September 10, 2012

Sushi Experiment Pt. 2

Sebelumnya, jangan diketawain ya. *apa memangnya*

Bagi yang sering berkunjung ke blog saya, terutama duluuuu banget waktu masih awal awal nulis, mungkin pernah baca postingan ndeso saya saat berkunjung ke Sushi Tei. Asli norak banget kalau ingat masa itu. Karena waktu itu, lidah dan perut saya masih merasa sushi itu makanan alien alias asing. Yang bikin muneg muneg dan pengen muntah. Tapi itu dulu yaaa... :D

Sekarang sih teteuuup *ealah kirain* Sushi masih terasa asing dilidah saya. Lha trus ngapain bikin sushi lagi ? Kurang kerjaan ya ? Hehehe.

Saya orangnya mudah penasaran. Apalagi setelah sushi pertama buatan saya gagal masuk perut.

Dan minggu lalu saya terserang wabah penasaran membuat sushi. Bukan tanpa angin, sebelumnya memang karena saya mendengar heboh sushi homemade yang dibuat salah satu kawan saya , Mbak Nana, yang konon katanya *sayangnya belum pernah ngicip langsung* enak. Ternyata kuncinya ada pada nasi. Dan saya juga baru tahu kalo untuk membuat sushi, perlu nasi yang diolah khusus. Dan saya pun mulai penasaran. Eeee... barangkali lidah ini mau nerima kalau sudah tahu cara buatnya yang benar. Masalah citarasa, kan bisa disesuaikan dengan citarasa Indonesia.

Jujur, saya tertarik dengan sushi bukan hanya karena salah satu makanan populer. Lebih dari itu, saya tertarik karena unsur emosionalnya. Seperti yang sering kita lihat di drama Jepang atau Korea *haduh pliss deh*, sushi atau di Korea serupa dengan kimbap adalah makanan yang biasa dibuat dengan penuh cinta *pliiiisss deh*. Oke, cukup deh melankolisnya. Kita balik lagi ke topik. Akhir cerita, saya pun membuat sushi. Lagi.

Bahan yang saya pakai :

- Nasi sushi / sushi rice*
- Timun ( saya pake yang made in dalam negeri alias lokal ), kupas, buang bijinya, iris memanjang.
- Tamagoyaki (dadar gulung ) yang saya iris memanjang
- Crabstick ( saya cincang dan campur mayones )
- Abon ikan cakalang ( jadi pengganti furikake maksudnya )
- Nori

*Making Sushi Rice :
Tidak ada resep khusus. Saya pakai komposisi yang diajarkan mbak Nana, 3 bagian beras putih dan 1 bagian beras ketan ( 3:1 ). Kemarin saya buat :

3/4 cup beras putih
1/4 cup beras ketan

dicuci bersih dan masak dengan rice cooker seperti biasa. Sementara menunggu nasi matang, kita buat larutan :

1 sdm cuka putih / lemon juice
1 sdm gula
1/2 sdt garam

aduk hingga larut.

Begitu nasi matang, pindahkan dalam wadah, tuang larutan tadi, dan aduk panas panas hingga rata. Mengaduknya jangan dengan gerakan menekan ya, tapi aduk dengan gerakan mengiris dan melipat. Sisihkan sambil ditutup serbet agar tidak cepat dingin. Katanya kalau sudah dingin, nasi jadi lengket dan susah dibentuk.

Kali ini saya ingin coba membuat Californian Roll, dimana nasi terletak disini luar dan nori didalam. Now, let's roll !

a). sushi rice, b). abon ikan, c). crabstick cincang, d). tamagoyaki iris, e). makisu, f). nori, g). timun.

- Siapkan semua bahan dan alat . Dan siapkan 1 baskom berisi air matang dan serbet bersih disekitar kita.
- Bungkus makisu ( rolling bamboo mat ) dengan plastik wrap. Ini agar nasi tidak melekat pada makisu. Letakan 1 lembar nori berukuran sedang diatas makisu.
- Basahi/ celupkan tangan pada baskom berisi air tadi, ambil sedikit nasi ( kurang lebih 1 kepalan ) lalu letakkan dan sebarkan diatas nori. Taburkan abon ikan atau wijen putih bila punya/ suka.
- Dengan kedua tangan, balik nori sehingga nasi terletak dibawah nori. Letakkan isian sushi, lalu mulai menggulung dari tepi, remas remas untuk memadatkan, dan lanjutkan menggulung hingga selesai.
- Pindahkan gulungan sushi pada telenan, potong potong sesuai selera. Tata pada piring saji.
- Nikmati dengan saus favorit ( me, pake saus teriyaki saori + mayones wasabi )

Itadakimaaaasu !!!

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers