Wednesday, September 26, 2007

BrowKus Lagi...


Memenuhi permintaan mbakku yang cuantek dipekanbaru, ini aku postingin bronis kukus, yang pasti gak perlu oven...

Brownies Kukus Cokelat

Bahan :

( A )
15 butir kuning telur
10 butir putih telur
500 gr gula pasir
1 sdt garam
20 gr SP ( starkies, ryoto ) / kl 1 sdm penuh
1 sdm rhum bakar ( toffieco)
240 gr terigu ( segitiga/ g.bromo)
20 gr maizena
1 sdt baking powder

( B )
100 gr coklat bubuk ( bensdrop )
( C )
200 gr margarine
150 gr butter
200 gr dark cooking chocolate, potong dadu kecil
( D )
200 gr meisjes
almond slice secukupnya bila suka
Cara membuat :
1. kocok bahan A sampai mengembang
2. lelehkan bahan C tidak sampai mendidih, cukup leleh aja
3. masukkan bahan B yang telah diayak kedalam bahan A, aduk rata
4. tambahkan bahan C aduk hingga rata, bagi 2 bagian sama rata
5. masukkan setengah bagian pertama kedalam loyang, kukus k/l 10 menit lalu taburkan meisjes diatasnya, tuang setengah bagian terakhir kukus lagi k/l 20 menit atau sampai matang.
6. hias sesuai selera, boleh ditaburi almond atau keju parut, atau DCC cair...
Klo 1 resep dianggap kebanyakan bikin separo resep aja yah, 1 resep cukup untuk loyang 30x30x7 klo setengah resep cukup untuk loyang 22x22x7, aku biasanya gak bikin gede gede ( karena dandangnya kecil ) jadi pake loyang 14x14 tapi jadi 2 loyang, ato nggak dibikin cup cup kecil kayak muffin, sama aja yang penting enak..:q oya komposisi margarin dan butternya bisa dituker, misalnya kalo pengen rasa butternya 'kenceng' ya dibalik butternya yang 200 gr margarinnya 150 gr, sesuai selera deh... ohya kalo mesesnya diganti sama selai bluberi jg enak loh ( menurut pengakuan cista yang pernah mencoba ) okeh..okeh met mencoba ya...-_^
Ntar aku cariin lagi resep resep non oven lainnya...
Salam buat Abang yah, ditunggu kemunculannya di Surabaya... :D

5 comments:

mb.O geulis said...

kalo pake loyang dioles mentega n dialas kertas roti yah...? hehe recek aja.. maklum dah lama ga bikin bronis. resep laennya? yang pasti enak yah... ssst... lebaran aku bakal kedatangan ni nel beserta keluarga sementara abg lg di siak.bingung mo nyuguhi apa.. wah enake ngene iki ngundang awakmu mae :P

mae said...

ya..ya boleh.. lo ni nel udah balik dari aussie? kalo gak ada oven alternatifnya ya puding ato goreng2, aku punya resep makaroni goreng, abis ini tak postingin... kalo puding...ntar ya tak buka2 dulu buku resepku, jarang bikin puding sih...

mb.O geulis said...

udah balik dari bln juli yg lalu. puding wes ok... dah dapet resep dr niyen n udah aku coba hasilnya ok.coklat bubuknya merk van houten bole ndak?SP selain starkies/ryoto? merkmu kok aneh2 se? yawes ndang yaa... taktunggu lho makaroni panggange

mae said...

ya sembarang,pake yang ada disitu aja deh...paling gak pengaruh banyak sama rasanya. lo kok minta resep makaroni panggang, ktanya blm pny oven, makaroni goreng ta? sebenarnya yg tak maksud makaroni goreng ya chicken bread crumb itu, tapi komposisi roti tawarnya diganti makaroni ( rebus )kurang memenuhi harapan ya?

mb.O geulis said...

ok deh gpp .. kebetulan anak2e ninel doyan banget ama ayam. moga2 suka. tengkiyu yaaa

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers