Saturday, September 29, 2007

Cheesy Ham Quiche


Waktu ultah mei kemaren aku dikado VCD cooking Agnes Chang ( selengkapnya ttg Agnes Chang aku posting sendiri ) sama suami, gak mahal tapi seneng banget karena suami perhatian sama minatku... ( please dehhh !!! ) secara suami orangnya cuek banget... Manfaat banget karena resep resep n 'tutorial'nya ok dan mudah dimengerti, yah kayak Sisca Soewitomo nya sini deh ! Salah satu resep yang udah pernah dipraktekin adalah Cheesy Ham Quiche. Snack gurih yang termasuk dalam keluarga Pastry ini nambah daftar pujian dari suami he..he..( ya dong udah dikado vcd cooking ya harus dibuatin ) ^_^

Cheesy Ham Quiche
Resep : Agnes Chang

Bahan :
Adonan kulit ( soft crust pastry ) :
180 gr tepung terigu
1/4 sdt garam
90 gr mentega dingin
k/l 3 sdm air ( 50 ml )

Isi :
minyak / margarin untuk menumis
1 bh bawang bombay besar, cincang
2 lbr ham / smokebeef , iris dadu kecil ( ham bs diganti sosis bila suka )
3 butir telur kocok lepas, campurkan ke
150 ml susu cair
lada, pala, garam secukupnya
60 gr keju parut untuk taburan

Cara membuat :
1. Kulit : campur garam dan tepung, aduk rata, tambahkan mentega dan campur dengan teknik chopping ( mentega dipotong kecil kecil dengan spatula ), setelah agak tercampur gunakan tangan, remas ringan sampe adonan berbutir butir , tambahkan air sedikit demi sedikit sampe adonan lemas dan menyatu. Istirahatkan 15 - 20 menit.
2. Isi : panaskan minyak/ margari, tumis bawang bombay hingga layu dan wangi, masukkan ham, lada, pala, merica, garam, kaldu blok ( bila suka ). Masak hingga merata dan matang.
3. masukkan tumisan kedalam kocokan telur yang sudah dicampur susu cair. Sisihkan
4. siapkan loyang pie ( besar ato kecil ) olesi mentega dan taburi tepung. Giling adonan sampai ketebalan 3 - 5 mm, letakkan diatas loyang, rapikan sisi sisinya, rapatkan tengahnya lalu tusuk tusuk dasar kulit dengan garpu agar udara keluar, tuangkan isi taburi keju parut, panggang dalam oven panas suhu 180 C selama 25 - 30 menit atau hingga matang ( indikasi: isian padat, tidak cair/ basah )

Tips : untuk kulit sebaiknya menguleni jangan terlalu keras karena adonan kulit jadi bantat ( keras ) cukup gunakan jemari ( bukan telapak tangan ) uleni dengan ringan tanpa tekanan berarti.

2 comments:

Andrie Anne said...

Asyiknya dibeliin vcd ama hubby yaa..suamiku juga suka gitu deh, beliin buku2 masakan..senang yaa..

mae said...

he eh..he eh.. iya seneeeng banget..

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers