Tuesday, October 23, 2007

Birthday Pizza



21 Oktober kemaren adalah ultah yayangku, tapi sedih sekali karena ga bisa beliin kado ( uang belanja menipis buat kebutuhan lebaran he..he..) lagian nyari kado buat papa tu susyah banget, orangnya seleranya agak gak umum, jadi kalo mo beliin apa apa kudu bawa orangnya sendiri, karena kalo dibeliin banyak gak cocoknya timbang cocoknya... eh kok malah jadi ngerasanin suami, ( sorry hunee.. ) ya sutralah, dibikinnya kueh aja deh. Tapi belio nya gak begitu suka cake, tart dan sebangsanya lah, sukanya yang gurih gurih gitu, jadi ya dibuatin pizza aja deh mengingat dia doyan banget sama panganan satu ini.

Idenya dapet dari mba Ritha yang membuatkan mini pizza bentuk hati dengan penuh cinta buat mas Deny nya ( mbak nama suami kita sama, kesukaannya juga sama ya... ) sama seperti mba Ritha, pizza ini juga kubuat dengan penuh cinta untuk mas Denyku...

Happy Birthday Honey...!

Pizza
Resep : Bara Pattinaradjawane

Kulit
:

300 gr tepung terigu kuat ( Cakra )

1 sdt ragi instan

1/2 sdt garam halus

k/l 175 - 200 ml air

3 sdm olive oil ( kalo gak ada bisa pake minyak goreng biasa )

Cara : campur terigu dan ragi instan, aduk rata. Campur air, minyak dan garam, aduk rata. Buat kawah ditengah tengah tepung ( pernah liat orang ngaduk semen ? ) tuang air ditengah tengah kawah lalu aduk pelan pelan dari tengah keluar ( biar adonan mudah kalis ) campur dan uleni hingga kalis. Tapi kalo pake mesin langsung dimasukkin semua bahannya, dimix sampe kalis.
Sebelum istirahat 1 jam
Bulatkan adonan dan istirahatkan k/l 1 jam ( ato sampe ngembang 2x lipatnya ).

Udah istirahat 1 jam

Kempiskan adonan timbang / bagi adonan menjadi ukuran yang dikehendaki ( kemaren aku bagi 2 aja ). Diamkan lagi 15 menit aja. Lalu gilas / tipiskan adonan, bentuk sesuai selera, diamkan sampe adonan mengembang lagi, k/l 30 menit ato lebih gitu ( kalo cuaca sepanas sekarang ini ).

Karena pengen bikin pizza gede biar semua orang bisa ikut makan, jadi agak bingung waktu mo bikin bentuk hati, mana ada cetakannya ? jadi aku pake trik ini :

1. Setelah adonan digiling, potong sedikit tepi adonan

2. tarik / pisahkan kedua sisi berlawanan arah

3. tarik bagian bawah, rapikan bentuk

4. tipiskan tepi lalu gulung kearah dalam, kalo mo tepian yang ada isinya keju / sosis, tinggal dimasukkin aja kedalam gulungan tepinya. Taburkan tepung agar adonan mudah dibentuk dan tidak melekat dipermukaan alas yang kita pake.

5. satu resep ini bisa jadi 2 buah pizza yang diameternya k/l 35 ( aku make alas cake uk. 35 untuk ngalasin pizza ini waktu udah jadi dan ngepres banget sama alasnya

Topping : sesuai selera, kemaren ini aku topping dengan daging giling yang ditumis, sosis iris, dan rolade sapi ( siap santap ) yang dipotong korek api. Perlu ditulis resepnya ?

100 gr daging giling, bisa ditambah sesuai selera

1 bh bawang bombay, cincang halus

1 bh tomat buah, potong dadu kecil

3 sdm saus tomat

garam, gula, merica, oregano secukupnya ( semua kira kira tergantung selera )

4 buah sosis, iris bulat

1 buah rolade daging siap santap ( Rolado ) potong kotak panjang

100 gr keju mozarella dingin, parut

Cara : tumis bawang bombay sampe harum, masukkan daging giling aduk sampe berubah warna, tambahkan sedikit air masak sampe daging lunak. Tambahkan tomat, saus tomat, garam, gula, merica dan oregano. Cek rasa. Dinginkan

Finishing : Oleskan saus tomat dipermukaan kulit pizza yang sudah siap, taburkan keju mozarella, ratakan. Tuang tumisan daging, ratakan. Diwadah lain campurkan sosis iris, rolade daging dan keju mozarella parut ( bila suka boleh tambahkan bahan lain spt jamur, nanas, paprika, etc ) aduk rata lalu taburkan diatas pizza tadi. Panggang suhu 200 C selama 10 menit.

1 comment:

Andrie Anne said...

Ooo bgono bikinnya..td ngkirain pake loyang beberbentuk hati..cakep euy..

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers