Monday, October 22, 2007

Egg Tart Vs Strawberry Pie

tanpa topping jadi egg tart

dengan topping jadi fruit pie, topping bisa divariasikan sesuai selera

Di Sorong tempat aku dibesarkan, orang biasa menyebutnya dengan Kue Lontar (Egg Tart), entah darimana asalnya sampai bisa masuk Papua, tapi disana kue ini sangat familiar sampe hampir banyak orang disana bisa membuatnya. Dibakery bakery yang ada di Sorong juga hampir semua menyediakannya. Apapun namanya dan darimana dia berasal, yang jelas aku syukaaa kue ini... :q

Egg Tart
Resep : Dari Kakak Kelasku waktu SMA

Bahan :
Kulit :
100 gr tepung terigu
50 gr margarin / mentega
1/4 sdt garam halus
3 sdm air es

Isi :
200 ml susu cair ( 25 ml skm yang dicairkan sampe jd 200ml susu ) kalo mo pake susu cair tambahkan gula 25 gr ato sesuai selera
2 butir kuning telur, kocok lepas
rhum / vanilli secukupnya

Cara membuat :
Kulit :
1. campur terigu dan garam aduk rata, masukkan margarin aduk dengan spatula dengan teknik chopping ( mentega dicacah didalam mangkuk sambil dicampur dengan terigunya ), kalo udah gak bisa dicacah lagi ato margarinnya udah gak kliatan, gunakan tangan aduk ringan dengan jari ( jangan dengan telapak ) seperti menabur, sampe adonan jadi seperti pasir.
2. tambahkan air sedikit sedikit lalu aduk sampe adonan menyatu, ngulenin nya jangan keras keras apalagi sampe dibanting banting, cukup diuleni dengan jemari sampe adonan menyatu. Istirahatkan 15 menit. Tipiskan adonan, jika menggunakan loyang pie besar langsung aja diletakkan diloyang yang sudah beroles margarin/ minyak. Jika menggunakan loyang pie mini cetak dahulu dengan ring cutter yang ukurannya lebih besar dari diameter loyang, baru diletakkan di loyang, tekan tekan dan rapikan tepinya. Sebaiknya tepian adonan lebih tinggi dari tepi loyang, karena adonan akan menyusut sedikit setelah dipanggang. Tusuk tusuk dasar adonan dengan garpu agar udara bisa keluar.
Isi : campur semua bahan, saring lalu tuang diatas kulit pie yang sudah siap. Panggang dalam oven panas 180 C, k/l 20 menit ato sampe kue matang ( kulit kecoklatan dan isi sudah tidak cair )

Ini step stepnya, semoga berguna.. sori gambarnya sederhana banget... kulitnya jangan tebel tebel ya... ohya buah untuk topping sebaiknya diicip dulu, sayang kan pienya udah manis jadi gak bisa dimakan karena buahnya kecut. Ini kemaren aku bikin buat cemil cemil ternyata strawberrynya kecuuuut banget, jadi akhirnya gak bisa dimakan.. hiks agak kecewa..

1. habis diroll dicetak dulu, aku pake loyang diameter 10, ring cutternya diameter 12

2. letakkan adonan kulit ke loyang

3. tekan tekan dengan ibu jari, terutama bagian tepi dilebihkan sedikit dari tepi loyang

5. tuang isi nya...

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers