Friday, October 19, 2007

Pukis

gak punya cetakan aslinya, jadi pake cetakan wafel pun jadilah...
"cess..." waktu nuangin adonan harus bunyi yah..
pukis baru matang

tumpukan pukis, siap disantap

Pukis untuk pesenan takjilan Ramadhan kemaren, yang dipesen sama Mba Rina, baru sempet posting sekarang. Resep turunan dari nenek, aku suka banget. Semua orang dirumah juga suka... Empuk... Wangi...

Pukis
Resep : Mbah buyutnya Tasya

Bahan :
250 gr tepung terigu
200 gr gula pasir
3 butir telur utuh
1 sdt ragi instan larutkan dengan 2 sdm air hangat
400 ml santan sedang / 200ml KARA cairkan dengan 200ml air hangat
75 gr margarin cair
vanilli bubuk secukupnya

Cara membuat :
  1. kocok telur dan gula sampe ngembang, masukkan setengah bagian tepung, aduk rata, tambahkan setengah bagian santan, aduk lagi hingga rata, ulangi hingga tepung dan santan habis, masukkan ragi instan dan vanilli bubuk, aduk kembali sampai rata. Diamkan selama k/l 1 jam.
  2. masukkan margarin cair sedikit demi sedikit sambil diaduk agar cepat rata dan margarin tidak sempat mengendap, adonan siap dicetak.
  3. untuk pemakaian cetakan tradisional, panaskan dulu cetakan k/l 15 menit, oles dulu dengan margarin kalo sudah bunyi "cess" brarti cetakan siap digunakan. Tuang adonan sampai 3/4 cetakan, tutup dan biarkan sampe matang ( pake api sedang aja yah ).
  4. untuk pemakaian cetakan variasi ( wajan dengan coating anti lengket ) pake cetakan pancake juga bisa, cukup panaskan wajan sampe panas, khusus untuk wajan anti lengket sebaiknya tidak perlu diolesi margarin lagi karena permukaan pukisnya jadi belang belang n tidak muluz ( berlaku juga untuk pancake ). Untuk wajan jenis ini yang harus diperhatikan adalah pemakaian apinya, karena lapisannya tipis jadi kalo apinya kebesaran dikit aja, pasti cepet gosong dan adonan tidak sempet ngembang, tipsnya : panaskan cetakan / wajan dengan api sedang sampe benar benar panas ( kalo adonan dituang bunyi cess ), tuang adonan kecilkan apinya sampe smilir smilir ( samar samar,..mae ) tutup dan biarkan hingga matang. Memang agak lama tapi hasilnya gak kalah sama yang pake cetakan asli. Buat yang suka jajanan tradisional silahkan dicoba !

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers