Friday, February 22, 2008

Orderan : Open House Sekolah Tasya

Hari minggu kemaren ( 17feb08 ) disekolah tasya diadain acara open house. Untuk memeriahkan digelar juga lomba menggambar dan mewarnai. Tapi aku gak akan cerita soal yang itu. Seminggu sebelumnya aku ditunjuk pihak sekolah untuk jadi panitia seksi konsumsi. Tugasnya ya me-manage snack yang akan dibagi kan kepada murid - murid + ortunya, dan peserta lomba dari luar sekolah. Tapi gak hanya itu aku juga dipesenin ( orderan ) untuk menyediakan kue - kue pengisi goodie bag. Nah pesenan yang ini baru dikabari hari rabu ( 13feb08 ) atau 3 hr sebelum hari H. Wah mefets banget bo, tapi namanya rejeki masa mo ditolak. Lagian itung - itung belajar 'mengkaryakan' hobi en belajar 'bisnis' cil kecilan. Jadi total pesenannya 114 bh roti unyil ( isi coklat dan keju ), 60 pizza mini, 60 sus mini, 60 bolu kukus mini, dan 20 nasi kotak ( sampe disini waktu dikasi tau sempet nahan napas ) Bisa gak ya ? sanggup gak ya ?

" Gimana bu, bisa ? " tanya gurunya Tasya

" ( sembari mikir ) i..iya buk, bisa ! "

Sampe dirumah langsung keluar deh tuh kalkulator, itung - itungin modal bahan, modal operasional, sama keuntungan, trus bikin daftar belanja. Karena masih pemula mungkin aku gak begitu ngejar untung banyak - banyak, karena yang pengalaman jauh lebih berharga dari itu. Dan bener ajah, aku belajar banyaaaaak dari proses ini. Habis ngitung semua modal - modalan, mulai deh nyusun jadwal selama 3 hari kedepan. Buat aku jadwal ini sangat penting karena dengan ini aku bisa memperkirakan waktu juga persiapan apa saja yang harus selese hari itu.
And the busy days begin...

Kamis :
- Pagi - pagi abis nganter Tasya sekolah langsung belanja kepasar. Sampe dirumah semua bahan2 dapur ( bawang dll ) dikupasin, dicuci dan dibersihin. Udah tu disimpen dikulkas sampe saat akan dipake.
- Bahan - bahan kue ditimbang - timbang sesuai kebutuhan resep, digrup - grupin sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat. Simpan ditempat yang 'aman'.

preparingingredients2

nimbangin bahan

- Semua kemasan ( kotak dan dus ) yang mo dipake dilipat, disusun dan disiapkan. Termasuk sendok dan tisu. Simpan atau letakkan ditempat yang 'aman'. Maksudnya aman dari tikus, kecoa, dan serangga - serangga lainnya atau aman dari hewan peliharaan yang kapan saja bisa menerjang tumpukan duz - duz itu. Pastikan kemasan yang akan dipakai siap beberapa hari sebelum hari - H, kalo tidak pasti kelabakan karena mempersiapkan kemasan ini butuh banyak waktu, kecuali kalo kamu punya banyak tenaga kerja dan kemasannya cuma plastik doang. Hal ini mengantisipasi kalau - kalau ada kemasan yang kurang ato rusak.
Oya untuk yang baru belajar terima pesanan, harus teliti memilih ukuran kemasan terutama jenis duz atau mika. Sesuaikan dengan isinya. Aku ngalamin ini 2x sampe harus ngeluarin biaya tambahan untuk ngganti kemasan yang kebesaran... ugh* jika ada sisa, simpan baik - baik untuk digunakan dikemudian hari.
- malamnya, bikin sambel bajak untuk nasi kotak dilanjutkan bikin 1 kg biang roti yang dibagi 3. Biang roti ini dibungkus plastik rapat dan dibekukan sampe saat akan dipake.
Keliatannya sedikit ya kerjaannya , tapi buat aku yang sendirian dirumah menyelesaikan jadwal ini makan waktu seharian karena harus disambi ngurus en jaga anak, belum lagi bantu papa jaga warnet. Dinikmati saja.

Jumat :
- Ngeracik bumbu ayam, sekalian bikin ayam ungkep buat lauk nasi kotak, setelah matang dan dingin, masukin kulkas, hari H tinggal digoreng.
- bikin kulit sus, sempet panik karena adonanku tidak bekerja dengan baik. Adonannya mleber waktu dicetak jadi kulit susnya gepeng, untung baru bikin 1/2 resep. Jam 11.30 dinas jaga warnet gantiin papa selagi sholat jumat. Mumpung online, ngadu deh sama temen - temen dimilis KBB, untung responnya cepet jadi aku pulang sudah berbekal ilmu baru ( makasih ya semua, special to mbak widya putri yang pertama reply pertanyaanku )
nyoba bikin kulit sus lagi dan berhasil dengan sukses, sayang gak sempet difoto karena keburu - buru nyelesaiin jadwal selanjutnya. Kulit sus ini aku simpan diwadah tertutup sampe nanti bakal di isi vla dihari H.

sus1

sus before bake

- bikin 1/2 dari roti unyil yang isi coklat. Resepnya nanti aku post-in sendiri ya karena beda sama resep roti unyil yang pernah aku post sebelumnya.

readydough2

roti before bake

freshbake

roti after bake

Sabtu :
- 1 hari sebelum hari H adalah hari - hari paling panik, kadar stres meningkat. Hari ini aku dibantu sama pembantuku yang udah kuboking saat pertama deal sama pemesan, meski hanya 1/2 hari tapi cukup membantu. Aku pake pembantu lepas yang datang 2x seminggu untuk bantu - bantu kerjaan rumah, tapi khusus untuk orderan ini aku minta dia untuk 'lembur'. Yah selain aku dia juga kerja di 2 tempat yang berbeda, jadi harus janjian dulu.
- bikin 1/2 bagian ke 2 roti unyil yang isi keju, selesai itu lanjut lagi bikin bolu kukus ( kalo tenaga dan peralatanmu skala rumah tangga, it takes more times to complete this goal ) setelah roti unyil ini selesai, langsung dikemas dikotak mika. Dan ternyata, mikanya kegedean ! Oh no ! aku harus keluar rumah ( dan budget ) lagi untuk beli mika baru yang lebih kecil, oooh...wasting time !

packaging2


- Selesai bolu kukus lanjut lagi bikin pizza mini, resep ini sama dengan resep roti unyil yang aku pake untuk orderan ini. I'll post it later.
- malam : ngaru nasi ( bikin nasi aron ) , ngerebus mie buat mie goreng. Sisihkan keduanya untuk diselesaikan esok hari ( hari H ). Pastikan taruh ditempat aman, bebas semut, kecoa, tikus dan jangkauan anak - anak.
- goal terakhir untuk hari ini, adalah masak tumis sayur. Akhirnya aku selesai jam 11 malam dan baru tidur 11.30 pm setelah berkeluh kesah sejenak sama papa, sekedar melepas ketegangan. Siap untuk hari besarku...

Minggu - The Final Day :
- 02.00 am : bangun, aku cuma tidur 2 jam, mulai ngukus nasi, nge goreng mie yang udah direbus night before. Check !
- 02.30 am : bikin custard-nya sus, sekalian diisikan kekulit susnya. Check!
- 03.00 am: masukin sus kekotaknya. Bolu kukusnya dan pizzanya udah kumasukin duluan kemaren, save time. Check !
- 04.00 am : goreng ayam. Ternyata baru sadar kalo ayamnya kurang *OMG* ini fatal sekali! Gimana sih, kurang perhitungan banget ! Pembantuku yang datang jam 04.30 pagi langsung kusuruh kepasar beli ayam lagi, tapi keburu gak ya, mana belum diungkep. Sampe detik ini aku panik banget ! Tapi gak buang - buang waktu, sambil nunggu Mun ( my maid ) kembali aku manasin sisa bumbu ayam yang kemaren pake panci presto. Jadi begitu ayamnya datang langsung cemplung. Sela - sela waktu seperti ini juga aku manfaatin buat ngisi nasi kotak dengan bahan - bahan yang sudah siap. Akhirnya Mun dateng, langsung si ayam dicemplungin ke panci ( setelah dicuci dulu dong ), dimasak 5 menit, cukuplah buat panci presto melunakkan dagingnya. Gak terasa jam 05.15 semua persiapan hampir siap tinggal nggoreng si ayam kesiangan ini, tapi aku diemin bentar biar bumbunya sempet meresap. Check!
- 06.30 am : ALL SET ! leganya.... selesai 30 menit lebih awal dari targetku ( jam 07.00 ). Ngantuk pun menyerang, dan baru sadar kalo belum makan dari tadi malam. Laper....
- 08.00 am : Pergi kelokasi tepat jam 8 seperti yang diminta sekolah, hehe emang niat gak mo ngulangin ksalahan orderan yang lalu, telat 1 1/2 jam tiba dilokasi.
Hari ini sangat panjang rasanya, setelah bertempur didapur masih harus menyelesaikan tugas ke-panitia-an. Tapi senang kok, meski agak pusing dikit karena belum tidur dari jam 2 pagi dan hanya tidur 2 jam. Acara baru selesai jam 12.30 pm.

Sampe dirumah yang terbayang hanya kasur dan bantal. Siang ini aku tidur nyenyaaaak sekali ( seperti yang tidak pernah kulakukan sehari - hari ) sambil memeluk Tasya-ku yang mungil...
Panjang banget ya postingnya, tapi smoga yang baca ga bosen ya... Harapan ku smoga pengalamanku ini bermanfaat bagi sesama pemula 'bisnis' trima pesenan, agar tidak melakukan kesalahan seperti yang kulakukan. So, it'll be my pleasure to share my stories with you !

4 comments:

Andrie Anne said...

Wuiihhhh..mantafffff...maju terus Mae..!!

Ayu said...

Kuuuwwll, Maee! HebaD banged! Sukses terus yah menerima pesanan ;D

mae said...

makasiiih.... jadi tambah smangat !!!

Ine Sena said...

say... daku curiga di postingan ini biang kerok sidebarnya turun. nggak jelas jg penyebabnya apa. soalnya pas ngeklik postingan ini doang yg sidebarnya turun. yg lainnya aman. kalu mau coba diposting ulang... gutlak... hehehe... kabuuur....

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers