Sunday, March 2, 2008

Homemades : Cupcake Spectacular 2008



Cupcake Spectacular 2008 adalah sebuah event baking yang diadakan oleh mbak Arfi yang juga adalah Group Admin KBB. Sungguh salut dengan kreativitas mbak Arfi di dunia per-bakingan, ada aja idenya. Tapi berbeda dengan challenge KBB yang hukumnya wajib diikuti oleh para member, event ini bersifat sukarela, dan umum. Artinya semua orang boleh berpartisipasi. Lengkapnya bisa baca disini. Mumpung masih ada waktu sampe batas akhir pengiriman entry, yuk kita ramekan ajang internasional ini, sekalian promosi blog Indonesia - kata mbak Arfi.

cupcake duo

Waktu pertama kali event ini di-announce sama mbak Arfi, dengan mantap pengen ikut padahal belum pernah bikin cupcake, sama sekali. Alhasil mikir tujuh keliling mo didekor seperti apa si kapkek ini, ilmu dekor juga minim banget. Sempet muncul beberapa ide sih, mo dekor pake butter cream scara baru ini doang ilmu dekornya. Tapi semakin deket deadline kok tambah mati ide, belum lagi harus nyelesain pe er Flickr, dan menyusul pe er KBB. Tapi tugas ini harus kelar, karena dari awal udah mantap niatnya pengen ikut. Hehe...

Waktu lagi mati ide ini, aku buka koleksi buku buku resepku, cari inspirasi. Salah satunya buku Yasaboga favoritku. Waktu buka buka ini jadi inget 1 cake yang dulu sering aku bikin, hmmm.. jadi pengen bikin lagi. Tiba tiba terlintas ide untuk menuangkan cake ini sebagai cupcake. Yap! This is the one !

Mulanya pengen bikin cupcake yang lain daripada yang lain, tapi rasanya terlalu muluk. Akhirnya aku mikir, bukan kemenangan yang aku kejar. Aku ingin membuat sesuatu yang sederhana, sangat sederhana. Akhirnya - mbak Arfi - inilah cupcake buatanku yang sangat sederhana, semoga tidak mengurangi ke-spektakuler-annya. Good luck mbak !

cupcake lonely


Blueberry Strussel Cup Cake
( "Blueberry Crumb Cake" , original recipe by YasaBoga )

Bahan :
250 gr butter ( aku pake 125 gr margarin + 125 gr butter,..mae )
225 gr gula kaster / gula semut ( bisa dikurangi bila dirasa terlalu manis,..mae )
200 gr tepung terigu
5 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
1/2 sdt baking powder ( aku pake baking powder double acting,..mae )
1 sdt vanilla extract

Strussel ( aku pake resepku sendiri,..mae ) :
50 gr susu bubuk
50 gr gula halus
50 gr butter dingin / margarin ( kalo pke margarin ga usah yg dingin,..mae )

Taburan :
Blueberry beku ato kalengan secukupnya, tiriskan atau
Selai Blueberry kalo susah nyari bluberi buah
( aku sendiri pake selai bluberi Palletta, gak nemu bluberi beku,..mae )

Cara membuat :

- Strussel : campur semua bahan dan aduk rata sampai berbutir - butir
- Kocok butter dan gula sampe lembut dan pucat, masukkan kuning telur satu per satu sambil terus dikocok. Waktu masukin kuning telurnya ini speednya dikurangi sampe yang terendah, dan masukkinnya harus bertahap jangan langsung semuanya, ini kata bukunya ).
- Setelah itu masukkan terigu sebagian demi sebagian, aduk perlahan dengan spatula sampe terigu tercampur rata. Jangan kaget kalo adonannya jd kayak adonan kukis lembek. Emang gitu kok.
- Cuci bersih dan keringkan ballon whiskmu ( pengocok telur ), lalu kocok putih telur sampe kaku. Oya pastikan tidak ada setitikpun sisa kuning telur di putih telurmu,tidak ada sisa lemak diwhisker ato mangkuk, ato putih telur tidak akan kaku kalo dikocok.
- Campur putih telur kedalam adonan sedikit demi sedikit dan aduk perlahan sampe semua adonan menyatu dan kental. Tuang kedalam baking cup yang udah dilapis paper cup tentunya. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan ( 180 C ) selama 15 menit ( manggangnya ). Keluarkan cupcake dari oven, taburkan sdikit strussel, lalu bluberinya, dan taburi lagi dengan strussel, panggang kembali selama 10 menit.

cupcake

Butter cake ini sama sekali gak seret, malah mnurutku ini empuk dan legit. Aroma vanilla menyatu sama aroma blueberinya, dan strusselnya yang rontok rontok itu, hmmm... i love it ! Susu banget! Pokoknya gak cukup kalo makan satu, rasanya mo nambah lagi, lagi dan lagi...

Buat aku ini udah cukup spektakuler, hihi... Tapi semua penilaian aku serahkan ditangan kalian !


*****

Cupcake Spectacular 2008 is a baking event held by Arfi of Homemades. You can read the fully information here. Because I can't speak English very fluently, so i cannot tell you more about how I made this cupcake. But because this is an international event, so I try to translate the ingredients that i hope you can understand it or that you're able to try this recipe if you interest to. I'm sorry if there any incorrects spell, tenses, or grammar trough this post. I think I have to learn English more intens. So I hope you understand what I'm trying to say here and thanks for visiting my blog.

cupcake in the cup

Blueberry Strussel Cup Cake
( "Blueberry Crumb Cake" , original recipe by YasaBoga - An Indonesian well known Baking Team )

Ingredients :
250 gr butter
225 gr castor sugar ( decrease it if you feel this is too sweet )
200 gr all purpose fluor
5 eggs, separated
1/2 tsp baking powder
1 tsp vanilla extract

Strussels ( I used my own recipe,..mae ) :
50 gr powdered milk
50 gr confectionery sugar
50 gr cold butter

Topping :
Fresh, canned, or frozen blueberries, or
Blueberry jam / gel if you cannot find any blueberries in your town
(I used blueberry jam because it's difficult to find blueberries in my town,..mae )

Steps :

- Strussels : Fold all the ingredients using spatula until it crumby. Set aside.
- Heat your oven to 180 degrees C
- Beat the butter and sugar using an electric mixer until it smooth and pale ( highest speed ) . Add egg's yolk one by one and continue mixing with lower speed until it combined.
- Add the flour gradually ( or you can shift it above your mixing bowl ), fold it until combined. Do not be suprised if your batter looks like drop cookies batter, cause it is.
- Clean and dry your ballon whisk, beat the egg whites until stiff. Fold into the batter and fold it carefully until combine. Using spoon, drop the mixture into the baking cup or muffin baking pan, lined with paper cup.
- Bake for about 15 minutes, then remove the cupcakes out of the oven. Sprinkle a little amount of strussels above the cupcakes then put the blueberries or pipe the blueberry jam using piping bag. Then sprinkle the strussels over the cupcakes again. Bake again for 10 minutes.
I hope you can enjoy this cupcakes.
Thank you very much to Arfi for putting me in on this event.

4 comments:

Arfi Binsted said...

Aku tadi sudah ke sini loh, Mae tapi bloggernya memutuskan untuk mogok mulusin komentarku hehehe...

Lovely entry, Mae. Thank you for participating on Cupcakes Spectacular 2008!

Cheers,
ab

Vin said...

looks yummy!

Ocha said...

Mayy... ughhh enyak nya... liat aja dah ngiler. g nyangka temen ku satu ini hebat banget. nurun dari mama yah jagonya??? soalnya di sorong aq cmn kangen ma RM Mutiara (tempat makan siang quw) hikss.. g nyangka deh.. selain jago gambar, jago jg masak2. two thumbs up for u, empat deh sekalian. asik nih punya tempat nyontek resep nanti, hehehe.
Rock On!!

Elsye said...

maeee..cakep pisan kapkeknya...duhh aku belum bikin euyy...fotonya juga makin ok say..:D

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers