Monday, February 18, 2008

Pizza KBB #3

After Bake Pizza

Ready to Bake Pizza


It's Valentine's Day...

Tiap taon emang ga pernah ngerayain valentine karena emang dari papa dari dulu ga begitu sentimentil sama valentine, sedang aku dari sma tiap valentine selalu ngerayain ( baca : tukeran kado ) sama temen- temen. Tapi taon - taon itu udah lewat lamaaaa.... Dan taon ini sepertinya akan berlalu sama seperti taon2 sebelumnya. Tapi tiba - tiba seorang sahabat lama ku sejak SD( i love you Dhien...) mengirimkan SMS Valentine yang bikin aku terkenang kenang. Udah 2 taon ga ketemu sama dia, en kita saling kangen banget... Waktu itu jam 4 sore dan aku mutusin pengen bikinin sesuatu buat papa meski dia ga begitu attens sama hari kasih sayang ini. 2 hari yang lalu bikin adonan pizza punya KBB sekalian ngamalin KBB challenge yang udah lewat.

Bagi yang belum tahu apa itu KBB, sedikit aku jelasin yah. KBB adalah singkatan dari Klub Berani Baking, sebuah komunitas pecinta baking yang di moderasi oleh mba Arfi . Tiap 2 bulan sekali kami para member harus berani menerima tantangan berupa sebuah resep tanpa foto yang harus dipraktekan dan dipublikasikan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Tidak ada tujuan komersil, apalagi aroma persaingan. Kta berkumpul, berbagi tips satu sama lain, berdiskusi, dan bercanda. Dan yang paling aku banggakan dari KBB ini adalah adanya rasa persamaan, tidak ada yang merasa lebih pintar, lebih pengalaman, semua sama. Sama- sama pemula, sama - sama belajar, sama - sama baking, dan yang pasti sama - sama berani. Berani mencoba, berani gagal, berani berhasil, dan berani berbagi.

Kembali ketopik,karena waktu itu ndadak ada acara jd adonannya kusimpan difreezer. Sebelum dipake dikeluarin dulu sekitar 2jam ato sampe adonan ada tanda2 'aktif' kembali.Trus karena tergoda sama pizza-nya mba Ellen yang cheesy bites itu, jadi pengen nyoba. Tapi karena gak ada step by step nya akhirnya aku mikir keras gimana caranya. Alhamdulillah jadi mesti masih berantakan disana sini. Ditambah dengan bahan2 yang minim banget. Namanya juga dadakan....

Tantangan KBB#3: Pizza
Source: The Perfect Cookbook. David Herbert. Viking. Victoria,
Australia. 2003



Pizza base:

1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 tsp) dry yeast
1 tsp sugar
2 ½ cups bread flour (high-grade flour, tepung cakra kembar)
salt
2 Tbs olive oil

Dissolve the yeast and sugar in a small bowl with 200ml (6 ½ fl oz) of tepid water. Stir well and set aside for 10 minutes, or until the mixture froths.

Place the flour and a pinch of salt in a large mixing bowl. Make a well in the centre and add the yeast mixture and olive oil. Mix until a firm dough forms.

Knead on a lightly floured surface for 5-7 minutes, or until smooth and elastic. Place in a clean, lightly oiled bowl, cover with a cloth or plastic wrap and leave in a warm place for 1-1 ½ hours, or until the dough has doubled in size.

Preheat the oven to 210C (415F, Gas Mark 6-7).

Punch down the dough with your fist to release the air. Divide into two or three equal portions and roll out or press to a thickness of 4-5mm (¼ in). Transfer to lightly oiled pizza trays.

Top with your choice of toppings and cook for 15 minutes. Then slide the pizza off the tray onto the oven shelf and cook for a further 3-4 minutes, to crisp up the base.
----------------------------------------------------------

Versi Bahasa Indonesia:

Untuk adonan dasar Pizza:

1 sachet (@ 7g = 1/4 oz = 2 sdt) ragi (Misalnya: Fermipan atau merek lainnya)
1 sdt gula pasir
2 ½ cups tepung protein tinggi (tepung cakra kembar) (kurang lebih 350 gr)
garam
2 sdm minyak zaitun

Cara mengolahnya:

Larutkan ragi dan gula di mangkuk kecil dengan 200ml air hangat. Aduk rata dan sisihkan selama 10 menit, atau hingga campuran raginya berbuih.

Campur tepung dan sejumput garam di mangkuk besar. Buatlah lubang di tengah2 campuran tepung dan masukkan ragi dan olive oil. Campur hingga menjadi adonan.

Taburi meja kerja dengan sedikit tepung, lalu uleni adonan selama 5-7 menit, atau hingga lembut dan elastic (ciri-cirinya di tangan dan di meja kerja ga lengket lagi dan adonan kelihatan mengkilat ”arfi) .
Tempatkan adonan di dalam mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak, tutup dengan serbet lembab atau plastik dan biarkan di tempat yang hangat selama 1 - 1 ½ jam, atau hingga adonannya membengkak berlipat ganda.

Panaskan oven suhu 210C (415F, Gas Mark 6-7).

Tinju adonan untuk mengeluarkan gelembung udara. Bagi adonan menjadi 2-3 bagian yang sama dan gilas atau tekan-tekan seukuran 4-5mm (¼ inci). Pindahkan ke loyang pizza (kalau ada). (Alternatif lain menggunakan loyang biskuit dan adonannya dibentuk bulatan lalu gilas ”arfi).

Tutup dengan pilihan topping kesukaan masing-masing dan panggang selama 15 menit. Lalu pindahkan pizza ke atas rak oven dan panggang lagi selama 3-4 menit, hingga lebih garing di bagian bawahnya.

Aku sertakan step by step cheesy bites-nya ya! Sayang lagi ga punya mozarella jadi pake cheddar parut. Toppingnya standar, sosis, saus tomat, oregano, keju parut, hihi... minimalis abis !

1. setelah ditipiskan, pindahkan keatas loyang. Letakkan isian yang kamu suka didekat tepian pizza crust-nya, bisa mozarella, cheddar, sosis, ato apapun yang kamu suka, mungkin yang mo bikin pizza manis bisa naruh coklat blok disitu. Lipat kedalam dan beri tekanan agar tepiannya melekat dengan dasar pizza crust-nya, ngelipetnya sama agak didorong kedalam dikit isiannya biar padat dan gak mleber keluar. Rapikan bentuk.

2. Sayat tepiannya secara simetris, mudahnya potong arah jam 12, 3, 6,dan 9. Dari 4 bagian itu sayat lagi masing2 2 sayatan sama rata. Jadi arah jam lengkap jam 12 - jam 24.

3. Angkat salah satu potongan bites-nya, putar lalu balik kearah dalam ( kearah kita ), lakukan hal yang sama pada semua bites. Setelah semua bites selesai rapatkan bagian dalam agar isian tidah mudah keluar. Diamkan sampe adonan bengkak, taburi topping. Panggang dalam oven panas dengan suhu k/l 250 d C selama 5 - 10 menit tergantung ukuran pizzamu, atau sampe permukaannya coklat ( bukan gosong ya... ) yang punya oven api atas boleh dinyalain selama 3 menit pertama, yang pake oven konvensional bisa memindah2kan loyang dari rak tengah keatas atau kebawah tergantung bagian mana yang ingin kamu "garing'kan.
Semoga bermanfaat !

Rasanya ( kali ini aku fokus ke pizza crust-nya ) enaaaak, guriiih, empuuuk gak kayak pizza yang pernah aku buat sebelumnya, yang itu masih ada keras2nya, kalo yang ini empuuuuk...!!!
Oya ngomong2 soal pizza aku banyak dapat masukan waktu mampir ke blog jeng Heidi, komen2 nya juga sangat informatif. Aku rangkumin aja yah yang aku tangkep dari teknik pizza nya 101cookbooks ini.

1. pizza yang baik dan enak adalah pizza yang di'melar'kan bukan ditipiskan dengan rolling pin. Caranya bisa seperti orang bikin kulit martabak, atau diputar diatas kepalan tangan ( aku nyoba teknik ini, agak susah sih tapi kudu dicoba )

2. pizza akan lebih enak bila dipanggang diatas baking stone, aku gak tau pasti bentuknya mungkin mirip grill stone-nya resto Grill Stone yg di Jkt itu ya ( tau dari wisata kuliner ). Tapi kata Heidi bila gak punya baking stone bisa pake punggung-nya baking sheet. Jadi dibalik gitu, ini juga aku coba.

3. gunakan suhu yang sangat panas saat memanggang pizza, tapi jangan terlalu lama manggangnya ( k/l 5 - 10 menit tergantung besar pizzamu ), kalo pake baking stone harus dipanaskan lebih dulu oven dengan baking stone dirak paling bawah, tapi kalo pake baking sheet, ovennya tetep dipanasin tapi baking sheet-nya ga usah.

4. kalo ini tips dari aku, hehe... kalo mo bikin cheesy bites, sebaiknya ' cheesy bites' nya dibentuk waktu crust-nya udah ditaruh diatas baking sheet-nya. Kalo bikinnya masih diatas meja kerja, waktu mindahin ke loyangnya, cheesy bitesnya pasti berantakan lagi.
Aduh kayaknya postingannya panjang banget deh! Yang baca jadi bosan yah ? Tapi semoga yang kusampein disini berguna yah !

3 comments:

Arfi Binsted said...

itu udah cantik kok, mae. hehehe kemaren aku tuh udah lihat foto2mu di flickr aku pikir wah itu pizza ya? seeeipppp!! good job dah ah!

Regina said...

sip deh mae :D

Ayu said...

Waooww, cantik pizzanya, Mae :))
Saya penasaran dari dulu gimana cara bikin cheesybites, oohh ternyata begitu toohh.. Makasi berad ya, Mae, udah ditunjukin step step pembuatannya ;) Jadi pengen bikin pizza lagiii :D

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers