Tuesday, February 5, 2008

Pancake Jeruk



Ada temen Tasya ultah, digoodie bagnya ada susu cair kemasan rasa jeruk, oh Tasya ga boleh minum itu, alergi berat dan bisa batuk berhari2. Jadi aku 'amankan', hehe dasar ga mo rugi. Jadi susunya aku pake bikin p-cake, dicampur susu cair karena susu jeruknya cuma 100ml. Resepnya masih pake resep pancake ini. Buttermilk/ yoghurtnya aku ganti susu jeruk ini. Oya ada lagi yang aku revisi, yaitu putih telurnya aku pisahin, trus dikocok sampe softpeak baru dicampur keadonannya. Hasilnya lebih light n fluffy, tebel tapi ga padet, empuk empuk enak. Jeruknya terasa kok. Kalo mo lebih kuat aromanya mungkin bisa ditambahin esens jeruk ato nutrisari kali ya. Yang ini juga aku simpen dikulkas biar ga ribet waktu nyiapin bento.



mix it, drop it, flip it

Pancake ( Jeruk ) a la Santap
Sumber: Mba Ritha (Santap edisi Mei-Juni 2003 )

Campur:
250 ml susu cair rasa jeruk
2 sdm mentega cair, aku pake 1 sdm margarin + 1 sdm butter
1 btr kuning telur

1 putih telur, kocok sampe softpeak

Dalam mangkuk lain campur:
165 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla extract, ini aku tambahin..., mae

Masukkan bahan cair kedalam bahan kering, aduk rata. Tambahkan putih telur kocok, aduk rata. Diamkan 15 menit.
Panaskan pan or skillet or gridlle. Panaskan dengan api besar sampe bener2 panas ( tapi ga sampe berasap ya ). Tuang 1 sendok sayur adonan, kecilkan api. Kalo permukaan sudah berlubang dan kering, balik. Bisa dihidangkan dengan sirup jeruk ato gula halus juga enak.

1 comment:

Ayu said...

Mae, pancake jeruknya looks yummyyy! Yum-yuuumm! :9

Mae rajin ya, selalu menyiapkan bento untuk suami.. Salut deh! :))

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers