Tuesday, February 5, 2008

Yoghurt Pancake


Maksudnya mo difoto dengan BC diatas pancakenya, tapi karena masih panas BC nya melorot, semprot BC lagi eh melorot lagi, ya sutralah...


Masih penasaran bikin pancake yang lebih enak dari yang kemaren2, dan masih dengan resep pancake mb. Ritha yang juga pernah aku posting, secara aku masih penasaran gimana bikin pancake yang kayak punya mb. Ritha. It looks soooo yummy!
Dari resep yang sama, tapi buttermilknya aku ganti sama yoghurt, sempet baca di about.com kalo subtitute paling mendekati untuk buttermilk adalah yoghurt. Nah waktu belanja, kan aku ga hafal sama resep pancakenya, jadi aku ambil yoghurt drink kemasan 150ml rasa plain ( bukan yoghurt cup yang kentel itu ) ternyata sampe dirumah diresepnya pake 250ml buttermilk, akhirnya aku tambahin 100ml susu cair biasa. Dicampur jadi satu, masukkin kebotol trus dikocok ( shake ) 1 menit ato sampe tangannya pegel, he..he.. abis tu diemin 30 menit. Ide ini dapat dari program fun science diTVRI, waktu itu dipraktekin gimana cara bikin butter sendiri ( ini program luar, buatan luar negeri maksudnya ) si anak masukin fresh cream kedalam botol, trus botolnya dikocok2 sampe tangannya pegel ( beneran loh! ), habis tu dimasukin kulkas dan dibiarin semalaman. Besoknya susunya udah menggumpal, terpisah antara lemak dan cairan. Lemaknya jadi butter, cairannya jadi buttermilk.

Yang besar buat papa, yang kecil buat Tasya, buat aku ? Buanyak !

Pancake a la Santap
Sumber: Mba Ritha (Santap edisi Mei-Juni 2003 )

Campur:
250 ml yoghurt cair rasa plain, or
150 ml yoghurt + 100 ml susu cair, campur dan diamkan 30 menit

Tambahkan:
2 sdm mentega cair, aku pake 1 sdm margarin + 1 sdm butter
1 btr telur, kocok

Dalam mangkuk lain campur:
165 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula pasir
2 sdt baking powder
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilla extract, ini aku tambahin..., mae

Masukkan bahan cair kedalam bahan kering, aduk rata. Diamkan 15 menit.
Panaskan pan or skillet or gridlle. Panaskan dengan api besar sampe bener2 panas ( tapi ga sampe berasap ya ). Tuang 1 sendok sayur adonan, kecilkan api. Kalo permukaan sudah berlubang lubang dan kering, balik. Pancake ini aku sajikan dengan strawberry cream ( BC + selai stroberi, dikocok ).
Rasanya ?
Mak Nyuss, Endang Bambang Gulindang, Huenak Tenan... rasanya jauh lebih enak dari pancake yang aku buat sebelumnya, sejauh aku membuat pancake aku rasa ini yang paling sip, tapi ga nutup kemungkinan masih ada yang lebih enak lagi, secara ada jutaan ribu resep pancake didunia ini. Tasya sukaaa sekali.... Pancake ini ga kuabisin sekaligus, sebagian aku masukin tepak trus masukin kulkas, buat bento papa besok hari. Kalo mo dihidangkan tinggal dipanasin aja diatas pan, tetep enak kok. Buat bento papa aku filling pake coklat meisjes, keju parut sama susu kental manis kya martabak manis gitu.

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers