Monday, March 24, 2008

Tantangan KBB #4 : Chocolate Swirl Meringue


Ini adalah tantangan KBB #4 tapi ini tantangan pertama ku sejak join KBB. Dari 1 bulan waktu yang diberikan untuk mempraktekan, mendokumentasikan dan mempublikasikan diblog, aku malah baru nyelesein di hari2 terakhir menjelang deadline. Maklumlah bulan ini acara padat, dari mulai bantuin kakak nyiapin pernikahan di 21 Maret ini, trus kluarga ditimpa musibah. Kakekku yang tersayang meninggal pada 22 Maret sehari setelah keluarga melangsungkan pernikahan kakakku, setelah sebelumnya dirawat selama 2 minggu dirumah sakit karena penyakit paru paru basah yang tak kunjung membaik. Inna Lilahi wa Inna Illahi Roji'un... semoga semua amal ibadah beliau diterima dan semoga diberikan tempat terbaik disisi Allah SWT, amiien... ( Al-Fatihah untuk kakek ). Masih teringat jelas saat - saat terakhir kakek, dimana aku menyaksikan semua detik - detik saat kakek menghembuskan nafas terakhirnya. Aku merasa beruntung bisa mendampingi kakek di 6 jam terakhir perjuangannya didunia ini *menitikkan airmata* Begitu besar kuasa-Mu ya Allah...!

Selamat Jalan ya kek.... Sekarang tak ada lagi sakit yang kau rasa. Semoga kau damai disisi-Nya...

Sekarang balik lg ke topik ya...

Disela - sela rutinitasku yang padet, kedatangan mamaku dari Papua, hajatan nikah kakakku dan musibah kehilangan kakek, akhirnya peer KBB tertunda sampe pekan terakhir jelang deadline. Meskipun moderator dan host bulan ini sudah berbaik hati memberi ku kelonggaran untuk mendahulukan kepentingan keluarga, tapi sebagian dari diriku merasa sangat bersalah kalo sampe peer ini tidak selesai tepat waktu. Tak apalah menyisihkan waktu 1 hari dari 30 hari bulan ini untuk nyelesaiin tugas pertamaku ini. Juga sebagai penghibur hati...
Sebelum mulai sempet berdoa dulu karena takut nanti prakteknya gagal, secara sudah ga punya waktu buat ngulang seandainya gagal. Juga sedikit pasrah kalo kalo emang gagal...

meringue

English Version
Chocolate Swirl Meringues
Source: Taste. Makes 6.

4 egg whites
225g caster sugar
1 tsps cornflour
1 rounded Tbs cocoa powder
thickened cream to serve

Preheat the oven to 150C fanbake. Line a baking tray with baking paper. Put the egg whites and caster sugar in a large heatproof bowl and sit over a panof simmering water. Don't let the bottom of the bowl touch the water or the egg whites will scramble. Stir with a wooden spoon until the sugar has completely dissolved and the mixture is quite hot to touch, then immediately remove from the heat.

Whisk egg white mixture using a hand-held electric beater for about 10-15 minutes until very thick, white and glossy. Mix in the cornflour. Sieve in the cocoa powder and, using a large metal spoon, very lightly fold into the meringue using 2-3 strokes. Don't mix it thoroughly.
Spoon the mixture (you can pipe it with the piping bag, if you wish-ab) onto the prepared baking sheets in 6 large spoonfuls, making each one as peaky as possible (don't have to do this when you want to make 10 small meringues-ab). Put the baking tray in the oven, reduce the temperature to120C and cook for 1 hour 15 minutes. Turn off the oven and leave the meringues inside until completely cold. Serve with thickened cream.

*****

Versi Bahasa
Chocolate Swirl Meringues
Sumber: Taste. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))

4 putih telur
225g gula kastor ( aku pake 150gr gula biasa yg kublender sendiri,..mae )
1 sdt tepung maizena
1 sdM coklat bubuk
thickened cream untuk sajian

Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja,setting bake). Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yangdiletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkuk menyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal. Aduk pakai sendok kayu hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu angkat dari kompor.

Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit sampai betul2 kental, putih dan mengkilap. Masukkan tepung maizena. Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok metal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.

Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag-ab) ke atas loyang 6 buah. Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buahmeringue kecil-ab). Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C (yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit (tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab). Matikan oven dan tinggalkan meringe di dalamnya sampai betul-betul dingin. Sajikan dengan krim kental.
Karena laporan temen2 dimilis banyak yang mengalami kesulitan dan harus ngulang lagi, aku sampe nerves duluan waktu mo bikin. Rata rata mengalami kesulitan saat melting putih telur dan gula, mixing dan ngoven. Hasilnya sangat bervariasi. Emang bener si meringue ini rada rewel en susah susah gampang. Resiko kegagalannya emang bisa besar bisa kecil. Dan mulailah daku...


Preparing ; ga ada masalah


Melting ; gula dan putih telur diaduk secara au bain marie, sempet degdegan tapi ga ada masalah juga. Warna kecoklatannya karena aku pake gula lokal yang emang gak seputih gula impor.



Mixing ; degdegan lagi, tapi ga ada masalah juga. Aku sampe nge-set timer 10 menit saking takutnya over mixing ( atas ) . Tekstur stiff peak, kaku, putih dan mengkilap ( bawah )



Dropping ; asal ceplok aja, adonan aku bagi 2 sebagian putih sebagian aku campur coklat bubuk itupun ga nyampur banget. Buat antisipasi kalo kalo si coklat bubuk nyampur keadonan putihnya. Jadi sendokan pertama adonan putih, terus adonan coklatnya pake sendok kecil di'tolet-toletin' gitu ( bosone rek ! )

Baking ; ini yang paling aku khawatirin, soalnya suhu minimal ovenku 155 degC. Aku ngovennya cuma 1 jam, 30 menit pertama tiap 5 menit tutup ovennya aku buka selama 10 detik aja. Tapi baru setengah jam kok pinggirnya udah kecoklatan, akhirnya setengah jam berikutnya tutup oven aku buka 5 menit sekali selama 5 menit juga. Hasilnya ? I don't know.... ini gagal apa enggak ya.... hasilnya sama sekali gak crispy, agak agak chewy en lengket gitu. Ya udah pasrah aja deh kalo emang gagal...

Tapi sayang beribu sayang, karena terdesak waktu untuk segera bantu ngurusin tahlilan, stelah si meringue mateng langsung masukin toples trus ditinggal 3 hari ke Gresik. Walhasil waktu pulang, tuh meringue udah dirubung semut, mungkin karena buru2 si toples kurang rapet nutupnya en pnampakan sudah tidak layak untuk difoto *pasrah* bahkan untuk dicicipi aja juga ga sempet, padahal aroma dan tampilannya udah begitu menggoda, yah... lain waktu bisa nyoba lagi kan...

Dan akhirnya selesai juga peer ku round ini... ploong ! Posting ini pun aku cicil dikit dikit tiap jaga warnet dan akhirnya selesai juga. Meski banyak kekurangan disana sini, mohon dimaklumi. Kemampuanku masih sangat terbatas. Hope you enjoy your read ( and looks )...

19 comments:

Arfi Binsted said...

Mae, lovely swirl! Aku ga punya ide buat ditumpuk kayak begitu. Jadinya bener2 marble ya! Sukses! Fotonya tambah keren nih! Hidup Mae!!

Vin said...

meringues nya ok mae! aku juga ga kepikiran buat numpukin antara yang putih polos dan yang marble:d

mae said...

Makasih semua... :) i'd try the best i could do..

Dita said...

gaya ditolet tolet gayanya Mae..hwakakakakakk!! Yoi bosone rek!! Gak kepikir deh Mae pake teknik ditolet tolet gitu. Cakep cakep!

yohana said...

lovely meringue.....
sangat cantik.... efek swirlnya benar2 keluar dan hasil fotonya juga cantik....

mindy said...

bagus idenya, fotonya juga makin wokeh bowkeh Mae

Regina said...

idenya bagus tuh mae :D Foto2nya jg makin ok tuh.

ntar bisa nyoba lagi koq, kalo ada waktu.

Lanny said...

mae..coklat swirl nya menggoda bgt..
idenya buat tolet tolet boleh juga tuh..hasilnya cakeeeep bgt..

Widya Puteri said...

mae.. meringue mu cantik.. walopun lengket tapi gka mimpes kan? hiks hiks hiks.. nah kite? kayak piring terbang meringuenya hiks hiks hiks..

Retno Prihadana said...

Bagus Mae meringuenya, punyaku kecampur coklatnya...jadi bener2 chocolate meringue deh. Bisa crispy..cuman lamaaa ngovennya nyaris angus..qi..qi.

Elsye said...

maeeee makin cakep aja fotonya..;D, bye merengnya cantikkkk benerr....:D warnanya juga sippp..suksess buuu..:D

Widya Hidayat said...

Mae - ternyata dirimu arek Suroboyo toh?? haha - sama dwonk ^_^
Sukses dengan Mereng nya ya Mae ^_^
Salam sesama KBBers

Ayu said...

Mae, turut berduka cita atas kepergian kakek Mae ya. Al-Fatihah untuk Kakek..

Wow, Mae.. Saya terkesima. Kemajuannya pesat sekaliiiy.. Fotonya keren, hasilnya cantik, semangadnya tinggi. Maju terus, Mae! ;)

mae said...

Dita : smoga ga ada yg kliru bacanya jd 'toilet toilet' wakakaka :D

Yohana, Mindy, Regina, Lanny, Widya Putri, Retno, Elsye, Widya Hidayat : Makasih banyak ya...

Ayu : Makasih mbak buat Al-Fatihah utk kakek, I do appreciated it!

Makasih teman2 atas semua dorongan dan dukungan yg bikin aku smangat terus !

vivi said...

alow mba mae.. aku dah blogwalking disini..wah..karyanya mengagumkan..foto2nya jg cantik2..

Sofie said...

mae.. merengnya cuanteeekk deh..
meskipun fotonya di atas loyang, tapi buagus buangetts :D

eliza said...

biarpun mepet2 bikinnya, tapi tetep lolos peer nya :D

~Atiek~ said...

Baru sempet nengokin nih.. cantik banget Mae.. merengnya cantik, fotonya cakep.. Top deh.

mae said...

Vivi, Sofie, Atiek, Eliza : makasih mbak - mbak.... udah mampir dan sudi meninggalkan komennya, berarti banyak buat aku :)

Eliza : Alhamdulillah mbak...

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers