Wednesday, August 27, 2008

Dadar Jagung Ver. 2

Kami sekeluarga adalah penggemar berat dadar / bakwan jagung. Terutama suamiku yang menggila bila dimasakin ini. Meski begitu, aku ga begitu sering bikin. Muales en ruibet.

Tadi pagi waktu sweeping isi kulkas, aku baru inget kalo nyimpen jagung manis yang aku beli beberapa hari lalu. Mo dibikin sup ato steam corn kayaknya lagi ga selera ( ga kepikiran mo bikin dadar soalnya kan jagung manis, biasanya dadar jagung yang sering aku buat selalu pake jagung jawa ). Namun, tiba tiba teringat resep dadar jagung Mbak Ienas yang udah lama pengen aku coba. Diresep tersebut sepertinya tidak menyebutkan jenis jagung tertentu alias semua jenis jagung boleh. Asal bukan jagung buat pakan ayam ato jagung berondong *ga lucu ih...*.

Biasanya kan liat resep dulu baru belanja. Yang aku lakukan belanja dulu baru liat resep. Tadi pagi cuma beli wortel ama daun bawang buat campurannya. Begitu liat resep, owiyah udangnya lupa. Lari lari kedepan rumah eh bakul sayurnya udah pegi. Huwaaaa....

Ya sut. Show must go on....

Dadar Jagung Ver.2
Resep original milik Mbak Ienas

Ingredients :

3-4 jagung, sisir. Aku pake jagung manis,...mae
1 buah wortel, kupas, parut kasar
1 ikat daun bawang, cincang kasar
1 kaleng kecil udang imut (tiny shrimp). Lupa pake,..mae
1 cup tepung terigu all purpose. Aku pake cuma 2 sdm,..mae
2-3 sdm tepung beras. Yang ini cuma pake 1 sdm,..mae
1 butir telur
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :

2 bawang merah
3 bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt ketumbar
garam secukupnya. Aku tambahin gula dikit,..mae

Directions :

1. Tumbuk jagung hingga keluar airnya.
2. Campurkan dengan bahan-bahan yang lain, aduk rata
3. Boleh ditambah sedikit air jika dirasa terlalu kental adonannya
4. Goreng dalam minyak panas
5. Sajikan dengan cabe rawit atau sambel botolan. Aku makannya pake sayur bayam en sambel tomat yang puedes,...mae

Gara gara ga baca resep baik baik ( bagian Directions : 1. Tumbuk jagung hingga.... ), jadi tu jagung aku biarin utuh, wungkul wungkul, melok melok, miji miji, mana pas jagungnya besar besar lagi. Sempet ragu mo ditumbuk ajah, tapi dengan yakinnya mikir, 'ah diresep kan cuma ditulis jagung, disisir' ( baca dong bu.. baca ). Jadi teteup aja tu jagung aku goreng bulet bulet..

Penampakan sebelum digoreng...
Dadar Jagung ( The Batter )

Beneran deh, Tasya ga bisa makan. Katanya,
" Ma, ada keras kerasnya..." :D :D :D *dasar emaknya geblek*

Untung aja yang dimakan Tasya baru trialnya ( kesian bener Tasya dibikin percubaan ), or cuma dikit yang digoreng. Akhirnya sisa adonan kumasukin food processor en di chopped lagi. Nah, ini baru bener....

Aku goreng lagi beberapa untuk kumasukkan di lunchbox suami. Karena ga sabar nunggu beliau pulang untuk nanya gimana rasanya ( belio jadi Pak Cipto-nya soalnya ), siangnya aku nanyain lewat pesan singkat,

" Pa, dadar jagungnya gimana rasanya ? "
" Sip " singkat, padat dan jelas.
Hehe, dah di-acc rupanya...

Sori, gorengannya kurang bagus jadi rada 'nyoklat'
Bento Dadar Jagung

Trus, nurut aku gimana ? Huenak... endang bambang bener. Ga pake udang aja dah enak, apalagi pake ya ? Lain kali mo bikin lagi tapi ga pake lupa udangnya deh... Makasih ya mbak Ien...

Related Post : Dadar Jagung mbak Elsye ( dengan resep ini )

No comments:

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers