Friday, September 19, 2008

Bumbu Merah a la Kepiting Dandito

Masih berbau seafood. Setelah kemaren secara tidak sengaja bikin fuyunghai kepiting hanya karena tidak menemukan kepiting segar untuk dimasak ala Kepiting Dandito - Balikpapan. Jadi hari ini, karena masih diliputi rasa penasaran, aku memutuskan untuk mencoba resep tersebut. Tapi tidak dengan kepiting, melainkan dengan udang dan pindang tongkol *yang ini apa termasuk seafood ya ?*. Gak masalah lah, niatnya emang cuma pengen nyoba bumbunya.

Bumbu Merah a la Dandito

Bumbu Merah a la Kepiting Dandito ( Balikpapan )
Source : Tabloid Koki edisi 129/ Agustus 2008 hal. 19 

Bahan :

4 siung bawang putih, iris
4 siung bawang merah, iris
1 buah bawang bombay, iris
2 buah cabe merah besar, buang isinya lalu iris
5 buah cabe merah keriting, iris *gak punya, jadi aku ganti cabe merah besar 3 buah, jadi total 5 buah,...mae*
1 ruas jahe merah, kupas lalu parut *aku pake jahe biasa,...mae*
3 lembar daun jeruk, iris halus
4 batang serai, memarkan
100 - 200 gr gula merah
1 sdt angciu / arak merah *gak pake,...mae*
garam, gula dan penyedap secukupnya

Cara membuat :

Panaskan beberapa sendok makan minyak goreng, lalu tumis semua bawang bawangan dan cabe hingga harum dan layu. Masukkan bahan bahan lain ( kecuali gula merah dan angciu ), lalu tumis sebentar hingga semua bumbu benar benar layu. Angkat dan sisihkan serainya. Haluskan bumbu dengan blender.

Panaskan wajan, lalu tuang angciu hingga aroma menguap. Tumis kembali bumbu yang telah dihaluskan ( serehnya aku masukin lagi ), tambahkan sedikit air lalu masukkan gula merah. Aduk hingga gula merah mencair , tercampur rata dan bumbu kesat/ mengental. Bumbu siap digunakan.


Udang dan Suwir Pindang Tongkol bumbu merah a la Dandito *maksa dot com*

Aromanya, nendang banget. Wangi daun jeruk, jahe dan sereh yang dominan khas banget sama olahan seafood. Enaaaak deh ! Tapi aku yakin yang asli pasti jauuuuh lebih enak dan jauuuh lebih khas. Karena sebagian bahannya ( seperti cabe keriting dan jahe merah ) mungkin lebih mudah diperoleh disana.

Pokoknya cocok deh ! Cuma ada satu yang kurang sreg ... gak ada kepitingnya !

7 comments:

Vania said...

Mae, sebenarnya di Bppn itu paling top Kepiting Kenari. Kepiting lada hitam.... uahhh enak bgt.
Anyway, thx for sharing this recipe... ntar kalo nemu udang yg bagus pasti ta cuba. Enggak kepiting lah, repot ngurusnya.
Met puasa Mae.

Vania said...

Mae, gw lagih,
nanya jahe merah itu apa yah? lengkuas gitu? kog gak pernah tau yah?

MiNDY said...

kebayang pedes-nya Mae, merah merona gitu. pengen nyoba juga ah nanti tapi sama kaya Vania, ganti udang aja. kepiting ribet suribets. foto pertama tuh cakep Mae.

mae said...

@Vania, iya emang mbak, tp lagi pengen nyoba yg ini. Kapan2 jg pengen nyoba yg a la kenari, wuiih...

Jahe merah disini gak ada, aku pake jahe biasa. Bukan lengkuas ya... ya jahe mbak, ginger root itu.

Gak pedes kok klo nurut aku, masih wajar wajar aja. Iya apalgi udangnya yg gede wah uenak itu :)

makasiiih....

eliza said...

enak nih keliatannya Mae, cuma aku masak gak bisa pedes2, si kecil gak bisa icip2 kalo gak.

mae said...

iya ya, kali cabenya bisa diganti sama tomat, tp mungkin agak beda ya rasanya :)

sefa firdaus said...

Maeeeeeeee.. ngilerrrrrrrrrr

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers