Tuesday, September 16, 2008

Fuyunghai

Kemaren pagi, kami menonton acara kuliner ditelevisi. Waktu itu liputannya tentang seafood. Salah satu hidangannya adalah kepiting saos. Masakan paling digemari suami.

" Wuih, buka ( puasa ) itu kayaknya enak deh. " celetuk suami.
" Heh ? " aku pura pura nggombloi...

Meski begitu, aku gak kepikiran mau masak kepiting. Pasalnya tiap kali aku masak kepiting, hasilnya selalu kurang memuaskan. Jadi males.

Siang siang, iseng buka buka tabloid KOKI edisi lalu. Ada liputan kepiting Dandito khas Balikpapan. Hmmm... looks yummy. Baca baca resepnya spertinya gak terlalu sulit ngolahnya. Lima menit setelah itu aku sudah berada diatas mobil siap menuju supermaket terdekat untuk mencari kepiting. Bersemangat sekali waktu itu. Aku sudah membayangkan ada kepiting saos dimeja makan saat buka nanti. Bukan.. bukan. Aku membayangkan ada kepiting saos - buatanku sendiri - diatas meja makan saat buka nanti.

Ternyata belum rejeki bisa buka pake kepiting saos.

" Kepitingnya lagi kosong bu. " Kata pelayan food counter. Yaaaah...... *bayangan kepiting saos buatan sendiri diatas meja makan saat buka pecah berkeping keping*

Daripada pulang tak membawa hasil, jadi aku putuskan untuk berkeliling aja, siapa tahu ada sesuatu yang enak untuk diolah. Lewat dibagian frozen foods, mataku langsung tertuju pada daging kepiting beku. Ting ! Ga dapat kepitingnya, ya dagingnya ajah.

Yup, aku mo bikin fuyunghai ajah. Ini juga salah satu yang gak bakal ditolak suami.

Jadi aku bikin fuyunghai dengan resep dibawah ini . Tapi bila ada yang punya resep fuyunghai yang lebih sip, boleh deh bagi keaku...

Crabstick Omelette with Sour Sauce

Fuyunghai


Isian :

100 gr daging kepiting beku
1 bh bawang bombay, cincang halus
1 bh wortel ukuran sedang, kupas lalu parut kasar ( optional )
garam, merica sesuai selera

2 bh telur
2 sdm tepung tapioka / kanji

Saus :

1/2 bh bawang bombay
1 siung bawang putih
3 sdm saus tomat
green peas atau wortel potong korek api secukupnya / sesuai selera ( optional )
kurleb 100 ml air
1 sdt tepung kanji larutkan dengan sedikit air
garam, gula secukupnya

Cara membuat :

Panaskan minyak untuk menumis. Masukkan bawang bombay, aduk hingga layu dan harum.
Masukkan daging kepiting, aduk aduk hingga daging terurai dan tumis sebentar hingga daging terlihat agak kering ( mawur ). Tambahkan wortel parut. Masak sebentar hingga rata dan kering. Tambahkan garam dan merica sesuai selera, lalu aduk hingga rata. Sisihkan lalu dinginkan. Sampai tahap ini, isian ini bisa disimpan didalam kulkas selama beberapa hari dalam keadaan tertutup rapat.















Menjelang digoreng, tambahkan tepung kanji kedalam tumisan daging kepiting tersebut. Aduk rata ( diurap ) agar tepung kanji tidak menggumpal. Masukkan telur, aduk rata lalu goreng didalam minyak yang agak banyak dan panas. Hidangkan dengan saosnya.

Saus :

Panaskan margarin ( bisa juga pake BOS/ RBS untuk aroma ) lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan air, saos, garam dan gula. Tunggu hingga mendidih lalu masukkan greenpeas. Masak sebentar. Cek rasa. Setelah dirasa pas, tambahkan larutan tepung kanji sedikit demi sedikit hingga kekentalan yang diinginkan. Bila dirasa kurang kental, tambahkan lagi.

IMG_1041a

Oya, bagi yang tidak bisa makan daging kepiting, bisa juga diganti dengan udang yang sudah dihaluskan atau bahkan daging ayam. Variasi keduanya juga sering aku buat dan gak kalah enak kok. Malah aku juga sering mencampurkan tahu. Jadi fuyunghai tahu. Lumayan praktis dan enak.

Semoga berguna !

*nengok kalender* dah jalan minggu ketiga puasa, blom bikin kuker en pe er *gubraks*

9 comments:

Elsye said...

weewwww, gue dikasih juga mau nih :D

mae said...

boleeeeh..... :D

A New Day Has Come said...

Dandito Balikpapan... rasanya emang mak nyus.. terjamin ^^

mae said...

iyaaa makanya dibelain berburu kepiting buat nyoba resepnya... hiks jgn bikin aku tambah 'kemecer' doong... besok harus berburu lagi nih ! *ngiri ama yg udah pernah makan dandito en kenari*

rita bellnad said...

antreeee....
*siap-siap bawa chopstick*

mae said...

hahaha... bisa aja mbak Rita :D

Oke oke, siap siap klo gitu, chopstick nya juga :)

Arfi Binsted said...

perasaan dulu waktu masih jadi mahasiswi, hampir setiap malem makan fuyunghai, gantian sama sate qiqiqiq... sausnya itu loooooooh! sedep kliatane mae. pengen bikin ah buat buka. tp ga punya daging kepiting piye yo?

mae said...

bisa diganti daging ayam or udang mbak. Sama enaknya kok :)

Agnes said...

wuih fotonya cakep Mae, udah kaya yang di majalah-majalah deh :-) ga kaya fotoku yang masih standar, kudu banyak belajar darimu neh.

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers