Sunday, September 21, 2008

Sepenggal Tulisan : A Prologue to KBB #7

8 Februari 2008 *harus ngubek milis buat cari data ini*. Aku masih ingat kira kira delapan bulan yang lalu, saat pertama kali bergabung dalam klub ini. Klub pertama yang ku ikuti sejak mengenal jagad perbakingan maya. Sempat bimbang, ragu dan resah sebelumnya. Pertama karena semua member ditantang harus 'berani' dan yang kedua -seperti nama klubnya- adalah doing 'baking'. Dua hal yang belum ku miliki saat itu. Tapi dengan modal nekat dan rasa inginku yang besar untuk maju membuatku akhirnya memberanikan diri untuk bergabung. Dan sekarang, aku sangat mensyukuri 'kenekatan'ku waktu itu.

Setelah diapprove dikeanggotaan, aku diundang untuk bergabung dimilis. Kesan pertamaku saat itu adalah serem. Aku masih ingat sekali, saat meninggalkan pesan perkenalanku yang pertama disana, dengan menyebutkan embel embel 'first grader'. Lalu dengan sangat tegas dan keras ( rada serem buat aku yang masih jadi anggota baru waktu itu ), mbak Arfi selaku admin menjawab pesanku itu,

"...Eh, ga ada yang 1st grade, 2nd grade atau 3rd grade di sini ya, catat! Yang ada sih sebagian dari kita memang masih baru, sebagian lagi sudah mapan, dan sebagian lagi menguasai sebagian ilmu baking dan.... " Hiiiii.... langsung bayangin mbak Arfi ngelus ngelus jenggot dengan satu tangan dipinggang mirip teko *ampuuuuun buuuuu !!!* . Aduh, ternyata disini tempat orang orang serem rupanya...

Kesan berikutnya adalah semua anggotanya sangat welcome, friendly dan ramah, juga tidak pelit berbagi ilmu. Saling membantu satu sama lain. Yang lebih tahu membantu yang belum tahu. Yang kuat melindungi yang lemah *???* Demikian sebaliknya. Karena masing masing anggota punya pengalaman dan pengetahuan berbeda beda. Aduh, ternyata disini tempat orang orang baik hati dan tidak sombong rupanya...

Setelah itu, apalagi kesan yang kurasakan ? Ya kisah si jenggot tadi. Baru gabung, ada yang menyebut mbak Arfi berjenggot ? *sempet bertanya tanya*, lama kelamaan malah jadi ikutan mengidentikan mbak Arfi 'berjenggot' yang tiap akhir bulan atau tiap kali ada anggotanya yang 'bandel' selalu menggambarkan diri beliau sedang mengelus elus jenggot. Kalau sudah begini, ada saja celetukan anggota lain yang selalu mengundang tawa. Aduh, ternyata disini tempat orang orang berjenggot juga rupanya...

Lalu, selain baking, klub ini juga mengenalkan hal baru yang saat ini sedang kutekuni. Yaitu Food Photography ( yang sekarang diwadahi di Flickr ). Tidak pernah kubayangkan sebelumnya bisa mempelajari cara membuat sebuah foto yang menarik untuk dilihat. Banyak yang memberikan masukan, dukungan dan semangat untuk berusaha lebih maju. Soalnya banyak yang berpengalaman memotret disini. Aduh, ternyata disini tempat fotografer ( rumah tangga ) juga rupanya...

Lalu di sini juga aku menemukan banyak sekali hal baru. Dari baking method sampe blogging method, dari megang panci sampe megang kamera, dari sebelumnya gagap iptek sampe sekarang udah gape iptek *dikiit*, dari gagal bikin macarons sampe gagal lagi, dari mulai masalah perawatan jenggot sampe masalah motong kue pake pedang samurai. Aduh, ternyata disini tempat orang orang berpedang juga rupanya...

Secara keseluruhan, kesan yang sangat mendalam bagiku selama delapan bulan sudah aku bergabung disini adalah rasa nyaman. Nyaman untuk menjadi diriku sendiri. Nyaman untuk belajar. Dan nyaman untuk berbagi. Seperti aku nyaman dalam rumahku sendiri.

*****


Adalah Klub Berani Baking atau KBB, sebuah wadah dimana semua peminat baking yang antusias berkumpul, membahas dan mempraktekan segala hal yang berhubungan tentang baking. Disini kami tidak membedakan status atau kemampuan satu dengan yang lain. Kami sangat menjunjung tinggi persamaan. Karena kami semua sama sama belajar, sama sama berbagi dan sama sama berani. Berani untuk mencoba, berani untuk gagal dan berani untuk maju.

Jumlah kami memang tidak banyak dan terbatas. Tapi kami merasa dekat. Kami berasal dari suku, agama, ras, latar belakang juga karakteristik yang berbeda. Kami juga tinggal dan menetap ditempat yang berbeda. Berbeda bangsa, bahasa dan budaya. Tapi tidak ada yang membedakan kami satu sama lain. Karena kami semua sama. Sama sama sedang belajar.

Dari perbedaan perbedaan itu kami membentuk sebuah kesatuan. Kami bersatu membentuk warna warni indah kebersamaan. Warna warni yang saat ini telah menginjak waktu satu tahun. Inilah KBB dengan warna warninya. And I'm feeling grateful for being a part of its color...

Happy Birthday my dear KBB. May you always be the place where I could find comforts, joys, friends, experiences and a lot of new things over the whole worlds.

*doooh hiperbole banget ya ?* hehehe... tapi tulus kok :)

*****

Dalam rangka merayakan ultah KBB yang pertama, maka para pengurus keanggotaan KBB mengadakan sebuah even lomba baking online. Lomba sendiri dibagi menjadi tiga kategori yang bebas dipilih. Baik salah satunya, salah duanya, atau bahkan ketiganya. Lomba lomba tersebut antara lain adalah Lomba Masak, Lomba Baking dan Lomba Food Photography ( jurinya gak sembarangan loh ).

Surely, aku ikut lomba baking dan foto. Hmmm.... wondering what its will be...?




Coming soon....

2 comments:

Zita said...

Hualah...mae, pake prologue segala...mana dong entryna??? *gaksabar.com* qiqiq... aku bacanya nyengar-nyengir sendiri, gak jauh beda ternyata pengalaman qita ;)

sefa firdaus said...

aku nunggu entry-nya Mae aja deh :D
*aku inget waktu awal KBB dibuka, trus disuruh daftar, aku gak berani secara gak bisa baking, skg pun kalo disuruh ikutan tetep gak berani, hihihihi*

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers