Monday, September 22, 2008

KBB #7 : Ultah KBB Warna Warni ( Baking Entry ) - Double Chocolate Mousse Cake



Akhirnya, selesai juga peer utamaku bulan ini. Inilah challenge of the month, KBB #7 : Ultah KBB Warna Warni. Putaran ini, tidak ada resep tertentu yang harus dipraktekan, melainkan semua anggota bebas menentukan apa yang mau dibuat. Mudah bukan ? Oh, tentu tidak karena tetep aja bingung mau bikin apa. Selain itu, putaran kali ini sedikit berbeda karena tantangannya juga dilombakan. Ini untuk memeriahkan ultah KBB yang pertama. Ada lomba cooking, baking, and food photography-ing. So, I decided to put my entries to baking and food photography contest.

Ditengah kebingunganku *karena ingin membuat sesuatu yang spesial* aku teringat sebuah resep yang sudah sejak lama ingin kupraktekan. Resep itu adalah Chocolate Mousse Cake, tantangan KBB #2, dimana saat itu aku belum menjadi anggotanya. Dengan alasan ingin ikut mengamalkan salah satu resep tantangan KBB, akhirnya kuputuskan untuk membuat resep ini.

Namun dipertengahan, aku mengalami kebimbangan lagi - tepatnya tergoda - setelah melihat Chocolate Coffee Mousse Cake milik mbak Ine yang dipraktekan mbak Arfi. Yang membuat siapa saja yang melihatnya pasti akan meneteskan air liur dan tidak bisa berkata kata ( ini adalah pengalaman orang orang yang sudah mencobanya, oh really ? )

Jadi mana yang harus kucoba ?

Kuputuskan, dua duanya !

Sebenarnya bukan keduanya, tapi aku menggabungkan keduanya dalam satu resep. Cake coklat pake resep mbak Ine, dan mousse coklatnya pake punya KBB. Sebenernya pengen nyoba punya mbak Ine semua, tapi agak sedikit ragu ragu dengan penggunaan gelatin, meski pun bisa disubtitusi dengan jelly. Jadilah ini kusebut Double Chocolate Mousse Cake, yang kupersembahkan khusus untuk ultah KBB yang pertama.

Double Chocolate Mousse Cake

Double Chocolate Mousse Cake
Source : Gabungan antara resep mbak Ine dan arsip KBB #2

Bahasa version :

Chocolate sponge cake:
Versi mbak Ine

5 Kuning telur
2 putih telur
40 gr gula
30 gr terigu
10 gr maizena
15 gr coklat bubuk
65 gr margarine
1/4 sdt baking powder

loyang 20X20X4 cm

Kocok gula dan telur hingga mengembang dan mengental. Campur jadi satu, tepung terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powder, ayak. Masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan spatula. Masukkan margarine yang sudah di cairkan, aduk rata. Tuang dalam loyang ukuran 20X20X4 cm yang sudah di alasi kertas roti, panggang dalam suhu 200 derajat selama 15 menit. Belah cake menjadi dua, sisihkan.

Mousse :
Versi KBB

250g dark cooking chocolate,
6 kuning telur,
250g mentega suhu ruang,
6 putih telur ( bisa diganti 250 gr thickened cream, kocok kaku )
*aku tambahin sedikit esens kopi mocca,... mae*


Tim coklat hingga leleh. Kocok kuning telur lalu campurkan dengan coklat, aduk rata. Tambahkan mentega sambil dikocok. Kocok putih telur hingga kaku. Masukkan adonan putih telur ke dalam adonan coklat. Tuang adonan ini ke atas cake. Tutup dan dinginkan selama 4 jam atau semalaman.

(Jika menggunakan thickened cream, pakai 250g lalu kocok dan campurkan ke dalam adonan coklat).

English Version :

Chocolate sponge cake :

5 egg yolks
2 egg whites
40 gr sugar
30 gr plain flour
10 gr corn flour
15 gr cocoa powder
65 gr margarine, melted
1/4 tsp baking powder

20X20X4 cm square cake tin

Beat the eggs and sugar until fluffy and thick. Sift together flour, cornflour, milk powder, cocoa powder and baking powder. Fold into the eggs mixture. Add in the melted margarine, mix gently. Pour into the prepared cake tin and bake on a preheated oven 200C for 15 minutes. Split the cake and set aside.

Chocolate Mousse:

250g cooking chocolate,
6 egg yolks,
250g soft butter,
6 egg whites
*I added few drops of coffe mocca flavouring essence,...mae*

Melt the chocolate over hot water. Beat the egg yolks and blend with the chocolate to mix well.
Beat in the softened butter. Beat the eggwhites stiff to the stiff peak stage.
Fold the stiffly beaten eggwhites into the chocolate mixture. Pour the chocolate mixture over thecake. Cover and refrigerate for 4 hours or overnight.

Waktu bikin sponge cakenya sih ga ada masalah. Begitu bikin mousse-nya baru deh bingung. Belum pernah bikin en ini baru pertama kalinya. Bisa dilihat kan texturnya kasar sekali. Mousse mulai bergerindil saat campuran coklat leleh dituang kedalam putih telur. Putih telurnya pecah pecah. Apa mungkin karena terlalu kaku dikocok. Aku cuma ikutin resep yang disebutkan bahwa puith telur dikocok hingga kaku.

Tapi rasanya, huenaaak ~~~~~~ Sponge cakenya lembyuut banget. Moussenya legit en nyoklat banget. Cuma sayang ga tahan udara panas. Jadi harus bolak balik masuk kulkas waktu mo difoto.

Double Chocolate Mousse Cake

Mousse-nya berasa es krim kalo masih dingin. Kalau gak di KBB, ga kebayang deh bakal nyoba bikin yang kayak ginian... Tapi penampakan sungguh jauh dari sempurna, belepotan.

Hmmm... tinggal ngurusin lomba foto... *huaaaaa*

Happy Birthday My Dearest KBB ! It's party tiiimeee... !

11 comments:

Arfi Binsted said...

huebaaaaaaattt!! fotonya makin bagus, mae. sudah berani ngambil overall dari atas. great job!

Ema said...

mae...mau donk....:) cakep photonya...

sefa firdaus said...

aku suka foto yg atas Mae, cantik

btw, itu cake gembul amat yak... jadi pengen :)

gutlak ya Mae

Sheila said...

Presentasinya cakep, Mae. Semakin hari foto2mu tambah banyak kemajuannya. Salut!

mae said...

@Arfi Binsted, makasiiih mbaak... klo lg mati ide suka liat2 foto mbak Arfi :)

@Ema, ayo boleh, udah kusiapin buat rame rame ini :D makasih ya :)

@Sefa, ha ha ha gembul gimana ? silahkan klo mau, thanks ya...

@Sheila, makasih banyak mbak Sheila... :) Iya banyak yg bantuin soalnya...

Elsye said...

cakepppp...jadi pengen nyomot :D

Retno Prihadana said...

Mae, keliatan empyuuuk banget..jadi pengen sepotong :)

MiNDY said...

uhuuuyy.. kue n fotonya cakep Mae. kliatan empuk bener cake-nya

mae said...

@ Elsye, monggo mbak dicomot :)

@ Retno, iya mbak empuuuk banget. Gak enek kok !

@ Mindy, ho oh.. makasih ya semuaaa :D

Efi said...

Mae, fotonya keren banget, semakin meriah deh hut KBB

Rita said...

Yummy.... bikin ngiler!!

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers