Saturday, May 30, 2009

KBB #11 : Ontbijtkoek

Tanpa terasa, KBB sudah memasuki putaran ke sebelas. Tantangan ke tiga ditahun ketiga. Dan tantangan ke delapan buat aku. Wow. Sudah genap setahun aku gabung di KBB.

Bulan ini, tantangannya begitu mudah. Selain resepnya yang simpel, pembuatannya juga sangat mudah dan cepat. Aku doyaaan banget ama kueh ini. Meski begitu, tetep aja ngerjainnya mepets deadline. Hehe, sudah tradisi kayaknya.

Tak perlu berlama lama ya, berikut ini laporanku.

KBB Challenge # 11 : Ontbijtkoek
KBB #11 : Ontbijtkoek
Onbitjkoek
Sumber: Kue-Kue Indonesia. Yasa Boga-PT Gramedia Jakarta. 2007.

125g gula palem/gula merah
5 kuning telur
3 putih telur
campur rata 125g tepung terigu, 1 sdt peres kayumanis bubuk, ½ sdt pala bubuk, ¼ sdt cengkih bubuk
50g kenari, iris tipis untuk taburan

KBB #11 : Ontbijtkoek

Kocok kuning telur dan putih telur, gula palem sampai kental dan naik. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur, aduk rata. Tuang ke dalam loyang roti (loaf) yang sudah dialas dengan lapisan kertas yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung. Panggang kurang lebih 20 menit (setengah matang). Taburi irisan kenari. Panggang terus sampai matang, angkat. Potong menurut selera.

Semua proses aku ikuti sesuai resep. Karena memang tidak ada yang perlu di modifikasi lagi. Aku buat setengah resep, dan hasilnya lumayan banyak lo. Dapet satu loyang loaf oval. Cukup lah untuk aku sekeluarga. Kalo bikin satu resep takut kalo gak habis.

KBB #11 : Ontbijtkoek

Saatnya mencicipi. Dari segi rasa, rempahnya tajem banget tapi aku suka. Bener bener suka. Dari segi tekstur, agak sedikit lebih seret dari Ontbijtkoek yang biasa aku buat . Hal ini tentu karena pada resep ini tidak menggunakan lemak ( mentega/ margarin ). Tapi masih enak untuk dinikmati bersama secangkir teh hangat. Hmmm.... nyaman sekali.

KBB #11 : Ontbijtkoek

Yeaaah, I'm done !!!


7 comments:

Sofie said...

eehh.. udah boleh tayang toh?
xixixi.. dikirain tgl 31 (di blog kbb ditulis begitu). Waduh, mana belom diberesin lagi itu blog :D

Fotonya keren2 Mae..

Mira Assjarif said...

kue ini emang jadinya cakep yah.. keluar dari loyang pinggirannya mulus banget. Gue suka foto yang sesudah step by step. Onbitjkoek dialas serbet kinclong banget...

rita bellnad said...

takjub ma foto2mu mae...
pingin banget itu loyang oval
ukuran berapa itu mae ?

mae said...

@ Sofie, iya mbak benernya mo ditahan sampe tgl 31, tp akhirnya dipublish tgl 30 sore cos minggunya gak bakal sempet OL, hehehe...

@ Mira, makasih ya saaaay... gw jd pengen lagi nih kue, enak bener...

@ Rita, makasiiiih mbaaak.....
waduh ukuran berapa ya, gak ngerti mbak, pokoknya ini loyang yg biasa pake buat bikin JCC, hmmm mungkin sekitar 20x10 tinggi 8cm, mungkiin...

Ike Hermawan said...

Mae, bagi....:))

MiNDY said...

loyang oval-nya menggiurkan Mae. foto yg ber-serbet-ria endang dilihatnya.

Angela Mulianie / Lia said...

setuju dgn Noe. Foto yg berserbet ria emang keren banget Mae.. ^_^

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers