Wednesday, March 18, 2009

Chicken Cordon Bleu, Pizzas, and Kraft Quick Melt

Sabtu kemarin, aku ikutan Latbar Food Monster. Sebuah komunitas pecinta makan dan makanan di Surabaya. Dalam mengikuti latbar, ada adat membawa potluck, atau buah tangan berupa makanan. Nantinya potluck potluck yang dibawa para peserta yang hadir, diletakkan diatas satu meja lalu dinikmati bersama sama.

Ini merupakan latbar pertamaku. Aku belum mengetahui bahwa membawa potluck juga ada ketentuannya. Ada tema yang ditentukan oleh moderator milis juga pembagian tugasnya. Jadi sehari sebelumnya, aku membuat adonan roti untuk dibuat focacia, yang rencananya akan kubawa sebagai potluck. Setelah adonan jadi, lalu kubekukan didalam freezer agar keesokan harinya bisa kubuat fresh from the oven focacia tanpa harus berlama lama membuat adonan.

Malam hari setelah membuat adonan roti, aku bersantai sambil mengecek email yang masuk diinboxku. Saat membuka email baru dari milis, ternyata tema potluck sudah ditentukan dan aku kebagian membawa minuman. Walaaah, batal bikin focacia kalau begitu. Ya sudah, untung adonan roti bisa tahan dalam keadaan beku selama berhari hari. Jadi aman untuk disimpan untuk kira kira satu bulan kedepan.

Tidak perlu menunggu satu bulan, bahkan satu minggu. Kemarin ( 3 hari sejak adonan dibuat dan dibekukan ), adonan ku keluarkan dari freezer. Kurang lebih dua jam, adonan sudah mulai bereaksi, menunjukan tanda tanda kehidupannya. Adonan lunak dan mengembang. Melanjutkan proses proving yang sempat tertidur selama beberapa hari didalam freezer.

Oya adonan ini kubuat dengan resep roti manis. Bukan dengan resep focacia yang pernah aku posting dulu. Maunya sih bikin focacia yang lebih empuk, manis dan gurih, jadi pake resep roti manis.

Tapi, kok jadi urung bikin focacia karena dikulkas sedang banyak bahan meriah. Ada mix vegetables, mayones, sosis, dan keju jenis baru yang udah nongkrong dikulkas selama hampir tiga minggu. Kraft Quick Melt, varian keju baru dari Kraft. Mudah meleleh mirip mozarella. Hmmm... bikin pizza aja kalau begitu. Kalau yang ini gak ada yang bosen en gak ada yang bakal nolak.

Pizzas - Pre Bake

Sebelum dipanggang...
Keju baru kutaburkan beberapa menit sebelum pizza matang dan dikeluarkan dari oven.


Sausage Pizza With Stuffed Bites Crust

Fresh from the oven...

Topping aku bikin dua macam. Satunya topping salad. Mix vegetables dicampur dengan mayones dan sedikit susu kental manis. Dan lainnya aku topping dengan sosis dan saus tomat. Baru kali ini bikin topping pizza dengan salad dan ternyata, enaaaaak...... *lebay*

Pizza With Salad Topping

Bagi yang ingin mencoba, resep roti manis-nya ada disini. Atau kalo mo pake resep kulit pizza ada disini dan disini. Dan step by step cheesy bites ada disini.

Setelah bereksperimen dengan pizza dan keju leleh-nya, esok harinya aku masih dhinggapi rasa penasaran untuk mengexplorasi keju ini. As my mum's request, aku bikin Chicken Cordon Bleu. Salah satu steik kesukaan mama. Hmmm... sarapan pake steik ??? Dasar orang Indonesia... hihihi...

mae-chickencordonbleu

Chicken Cordon Bleu

Steik :

1 potong fillet dada ayam, belah melebar, dimarinade dalam campuran kecap asin, lada bubuk dan saus inggris secukupnya ( saus marinade juga ada yang instan siap pakai )
beberapa lembar daun bayam yang sudah direndam air panas
beberapa potong keju sesuai selera ( or you may use single cheese / keju lembaran ) *aku pake Quick Melt dipotong korek api*
Tepung bumbu / tepung terigu juga boleh
1 butir telur kocok lepas
tepung panir/ tepung roti secukupnya *aku pake tepung panko*

Saus :

1 buah bawang bombay cincang halus
merica bubuk / lada hitam secukupnya
pala bubuk / pala parut secukupnya
1/2 liter ( kira kira ) air kaldu *paling enak kaldu sapi, aku pake kaldu ayam*
4 sdm saus inggris
1 sdm saus tiram/ teriyaki
1 sdm saus tomat
1 sdm maizena / tapioka, larutkan dengan sedikit air
garam, gula secukupnya. Tastenya harus manis. Sesuaikan takaran gulanya.

Direction :

- Steik : ambil satu lembar fillet dada ayam yang sudah dimarinade, letakkan bayam diatasnya, lalu letakkan keju agak ketepi. Gulung rapi. Gulingkan dalam tepung bumbu / terigu ( kalau takut gulungan terlepas, semat dengan tusuk gigi ). Celupkan dalam kocokan telur, dan gulingkan pada tepung panir sambil sedikit ditekan agar tepung menempel sempurna. Goreng dalam minyak panas, api kecil hingga matang kecoklatan.

- Saus : Tumis bawang bombay dengan mentega hingga harum, lalu tuangkan kaldu ayam dan tunggu hingga mendidih. Masukkan saus saus, dan bumbu bumbu, biarkan mendidih lalu cek rasa. Bila dirasa sudah pas, masukkan larutan tepung maizena sesendok demi sesendok sambil diaduk tiap kali menuangkannya. Tambahkan terus hingga kekentalan yang dikehendaki. Yang gak mau ribets, bisa pake saus steik instan, tapi mahaaal....

Aku bener bener gak sabar waktu motret ini. Karena aku sedang lapaaaar, jadi tak mau membuang buang waktu lama untuk foto, segera saja aku, mama dan Tasya melahap steik itu... *papa gak doyan ayam :P*

Kraft Quick Melt

Testimoninya : Keju ini cukup enak dengan harganya yang ekonomis. Rasanya tidak seasin keju cheddar dan texturnya lebih lembut dari mozarella saat sudah meleleh tanpa memberikan efek molor saat ditarik. Dan aromanya, hmmm.... lembuuut banget. Gak kalah sama mozarella...

Semoga bermanfaat !

3 comments:

Arfi Binsted said...

Mae, supaya nempel kulitnya sama ayam, dimasukkin kulkas dulu, kira2 30 menitan. Ini sama kayak bikin fish and chips pake crumbs kyk begini. YUM!

..mamafhia.. said...

chicken cordon bleu bukannya pake saus putih (mayones) gitu bu? CMIIW, soalnya tiap kali makan di resto sausnya slalu pake saus mayones, tapi kl pake saus tomat, tergantung selera kali ya...
(padahal tujuane arep ngintip resep yg pake soas mayones nya)

Septilyta Rachmawaty said...

Aslm Mba... aku sudah nyoba resep pizzanya.. empuk... yum yum..

makasih banyak ya mba...

salam kenal
septi

Recent Post on Mae's Little Kitchen

My photo
Mom of a lil' girl who still longing for her passion. Obsessed to know more, learn more, take more and give more... Here, on her lil' kitchen.
Unless mentioned, described, or linked, all works and photographs are created by May Irianti. Copyright 2007 - 2008. You may copy only the recipes but please do make a link to this blog. DO NOT COPY . Please ask first !

Followers